Comscore Tracker

Tenis hingga Pelihara Burung, Cara Aji Santoso Isi Kekosongan Liga

Ia memilih pulang kampung ke Malang

Malang, IDN Times - Mandeknya kompetisi Liga 1 memang membuat para pelaku sepak bola untuk sementara waktu harus mencari kesibukan lain. Tak sedikit dari mereka yang memilih untuk menyalurkan hobinya sembari menunggu kepastian kompetisi.

Salah satunya seperti yang dilakukan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Selama masa libur kompetisi Liga 1, pelatih asal Kepanjen itu memilih pulang ke Malang. Untuk mengusir kejenuhan, manatan kapten timnas Indonesia itu memilih untuk menyalurkan hobinya. 

1. Pilih main tenis lapangan 

Tenis hingga Pelihara Burung, Cara Aji Santoso Isi Kekosongan LigaIsi kekosongan kompetisi, Aji Santoso juga hobi bermain tenis lapangan dan memlihara burung berkicau. Dok/istimewa

Mungkin tak banyak yang tahu jika selain sepak bola, sosok Aji Santoso juga menyukai olahraga tenis lapangan. Bahkan disela kesibukannya sebagai pelatih, Aji masih menyempatkan diri untuk menyalurkan hobinya tersebut. Hal itu pulalah yang ia lakukan disela pandemik COVID-19 ini untuk mengusir kejenuhan. Menurutnya, bermain tenis selain untuk menghilangkan kejenuhan, juga untuk menjaga fisik agar tetap fit saat pandemik seperti saat ini. 

"Walaupaun menyalurkan hobi, saya juga berhati-hati. Karena virus corona ini belum hilang," katanya Sabtu (27/6/2020). 

2. Peliharan burung berkicau

Tenis hingga Pelihara Burung, Cara Aji Santoso Isi Kekosongan LigaAji Santoso juga hobi memelihara burung berkicau. Dok/istimewa

Selain menyalurkan hobi bermain tenis, mantan pelatih Arema FC itu juga memiliki hobi lain. Hobi tersebut yaitu memelihara burung berkicau di rumahnya kawasan Sulfat, Kota Malang. Kicau burung yang merdu bisa memberikan relaksasi tersendiri di tengah situasi saat ini yang belum sepenuhnya kondusif. 


"Memelihara burung berkicau masih tetap saya lakukan sampai saat ini," tambahnya. 

3. Reuni dengan sejumlah mantan pesepakbola

Tenis hingga Pelihara Burung, Cara Aji Santoso Isi Kekosongan LigaAji Santoso mengikuti laga eksebisi kontra Jurnalis Malang Raya. Dok/Istimewa

Setelah pemerintah mulai memberlakukan transisi new normal, pelatih berusia 50 tahun tersebut juga mulai melakukan aktifitas lain. Seperti mengikuti pertandingan eksebisi antara mantan pemain sepak bola professional berhadapan dengan jurnalis Malang Raya. Menurutnya hal itu untuk mempererat tali silaturrahmi sekaligus bereuni dengan rekan-rekan mantan pemain. Baginya bisa berkumpul dan bertemu sejawat lama merupakan hal positif. 

"Karena sudah diperbolehkan main bola jadi saya ikut dengan kawan-kawan eks Gajayana FC ini," sambungnya. 

Baca Juga: Ini Kata Aji Santoso Soal Isu Makan Konate ke Persebaya

4. Senang kompetisi akan bergulir kembali

Sementara itu, Aji Santoso juga menyambut positif bakal kembali bergulirnya kompetisi Liga 1. Meskipun hingga saat ini Aji mengakui masih menunggu informasi resmi kapan tepatnya kick off lanjutan kompetisi Liga 1 balak kembali digulirkan. Ia mengakui sudah berkomunikasi dengan manajemen Persebaya, namun memang untuk jadwal resmi masih belum didapat. Namun, untuk hal-hal lain seperti negosiasi ulang soal gaji baginya tidak menjadi masalah. 


"Bagi saya pribadi tidak ada masalah jika memang nantinya ada pengurangan gaji. Karena memang situasinya tidak normal. Tetapi saya pribadi berharap penerapan protokol kesehatan jika kompetisi resmi kembali bergulir harus benar-benar diperketat semaksimal mungkin," tandasnya. 

Baca Juga: Persebaya Dipermalukan Persipura, Aji Santoso: Tak Masalah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Isi Kekosongan Kompetisi, Aji Santoso Pilih Salurkan Hobi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya