Comscore Tracker

Lolos ke Delapan Besar, PSM Sayangkan Kelengahan Pemain

Sempat unggul 2-0 sebelum diimbangi dengan dua gol balasan

Malang, IDN Times - PSM Makassar sukses mengamankan satu tiket babak delapan besar Piala Menpora 2021. Hasil tersebut dipastikan usai tim Juku Eja bermain imbang kontra Borneo FC dengan skor 2-2 di Stadion Kanjuruhan, Rabu (31/3/2021).

PSM unggul dua gol terlebih dahulu melalui Saldi menit 19' dan Zulham Zamrun menit 23'. Borneo FC membalas melalui penalti Guy Junior menit 29' dan Rifal Lastori menit 64'. Meski gagal menang, PSM Makassar tetap berhak atas satu tiket babak 8 besar setelah mengemas 5 poin dari tiga laga. Meski begitu, tim pelatih menyesalkan kelengahan para pemain yang sempat unggul dua gol.

1. Sayangkan kelengahan para pemain

Lolos ke Delapan Besar, PSM Sayangkan Kelengahan PemainPemain PSM Makassar berebut bola dengan pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pelatih PSM Makassar, Sayamsudin Batolla mengakui bahwa seharusnya anak asuhnya bisa meraih kemenangan andai lebih tenang. Setelah berhasil unggul dua gol, tim Juku Eja justru terlihat tak bisa lepas dalam bermain. Beberapa kali pemain melakukan kesalahan sendiri yang akhirnya menjadi keuntungan bagi tim lawan. Hasilnya, Borneo FC bisa memanfaatkan kesalahan PSM Makassar dan melesatkan dua gol balasan. 

"Pemain kami justru tidak tenang saat sudah unggul dua gol. Mereka lengah dan akhirrnya lawan bisa membalas dua gol," terangnya usai pertandingan. 

2. Minta pemain fokus penuh selama 90 menit

Lolos ke Delapan Besar, PSM Sayangkan Kelengahan PemainBek Borneo FC, Javlon Guseynov menghalau serangan PSM Makassar. IDN Times/Alfi Ramadana

Guna menyambut laga berikutnya, Syamsudin mengakui bakal mengevaluasi kelemahan tim yang muncul selama babak penyisihan. Beberapa kali dalam situasi kritis pemain PSM Makassar justru kehilangan fokus permainan. Hal itu kemudian bisa dimanfaatkan lawan untuk mengancam gawang PSM atau bahkan mencetak gol. 

"Kami selalu sampaikan kepada pemain untuk selalu fokus dalam permainan. Karena setiap pertandingan penting dan semua lawan berat. Jadi fokus pertandingan harus penuh selama 90 menit," tambahnya. 

3. Borneo FC mulai menemukan permainan

Lolos ke Delapan Besar, PSM Sayangkan Kelengahan PemainPelatih Borneo FC, Mario Gomes bersama stoper Javlon Gusyenov saat sesi preskon sebelum laga Borneo FC kontra Bhayangkara FC. Dok/LIB

Sementara itu, pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengakui bahwa pada laga kali ini tim asuhannya mulai bisa menemukan bentuk permainan terbaiknya. Meski pada babak pertama sempat melakukan dua kesalahan yang membuat PSM Makassar unggul. Tetapi setelah itu tim Pesut Etam bisa bangkit dan membalas dua gol lawan. 

"Saya kira kami bermain sangat baik, dan memiliki stamina yang baik. Pada babak pertama kami memang bermain kurang bagus, tetapi bisa diperbaiki pada babak kedua," katanya. 

Baca Juga: [BREAKING] PSM Lolos ke Perempat Final Piala Menpora 2021

4. Harusnya bisa cetak lebih dari dua gol

Lolos ke Delapan Besar, PSM Sayangkan Kelengahan PemainMarko Simic berduel dengan pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pelatih asal Argentina itu menilai bahwa harusnya Borneo FC bisa mencetak lebih dari dua gol. Pasalnya pada babak kedua ada Bornek FC tampil lebih dominan. Namun demikian, ia tetap puas meski hanya meraih hasil imbang. Terlebih dalam tiga laga babak penyisihan progres penampilan Borneo FC cukup memuaskan. 

"Hampir satu tahun tidak ada pertandingan tentu para pemain membutuhkan waktu lebih untuk mengembalikan kondisi fisik. Hari ini kami bermain baik, terutama pada babak kedua," tandasnya. 

Baca Juga: Borneo FC Vs PSM Makassar 2-2, Juku Eja Lolos ke Perempat Final

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya