Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  

Nyaris kalah atas Borneo FC   

Malang, IDN Times - PSM Makassar sukses mengamankan satu tiket babak delapan besar Piala Menpora 2021. Hasil tersebut dipastikan usai tim Juku Eja bermain imbang kontra Borneo FC dengan skor 2-2 di Stadion Kanjuruhan, Rabu (31/3/2021).

PSM unggul dua gol terlebih dahulu melalui Saldi menit 19' dan Zulham Zamrun menit 23'. Borneo FC membalas melalui penalti Guy Junior menit 29' dan Rifal Lastori menit 64'. Meski gagal menang, PSM Makassar tetap berhak atas satu tiket babak 8 besar setelah mengemas 5 poin dari tiga laga. 

1. Lengah saat sudah unggul

Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  Pemain PSM Makassar berebut bola dengan pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pelatih PSM Makassar, Sayamsudin Batolla mengakui bahwa seharusnya anak asuhnya bisa meraih kemenangan andai lebih tenang. Setelah berhasil unggul dua gol, tim Juku Eja justru terlihat tak bisa lepas dalam bermain. Beberapa kali pemain melakukan kesalahan sendiri yang akhirnya menjadi keuntungan bagi tim lawan. Hasilnya, Borneo FC bisa memanfaatkan kesalahan PSM Makassar dan melesakkan dua gol balasan. 

"Pemain kami justru tidak tenang saat sudah unggul dua gol. Mereka lengah daan akhirrnya lawan bisa membalas dua gol," terangnya usai pertandingan. 

2. Evaluasi fokus dalam pertandingan

Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  Bek Borneo FC, Javlon Guseynov menghalau serangan PSM Makassar. IDN Times/Alfi Ramadana

Guna menyambut laga berikutnya, Syamsudin mengakui bakal mengevaluasi kelemahan tim yang muncul selama babak penyisihan. Beberapa kali dalam situasi kritis pemain PSM Makassar justru kehilangan fokus permainan. Hal itu kemudian bisa dimanfaatkan lawan untuk mengancam gawang PSM atau bahkan mencetak gol. 

"Kami selalu sampaikan kepada pemain untuk selalu fokus dalam permainan. Karena setiap pertandingan penting dan semua lawan berat. Jadi fokus pertandinhan harus penuh selama 90 menit," tambahnya. 

3. Borneo FC mulai menemukan permainan

Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  Pelatih Borneo FC, Mario Gomes bersama stoper Javlon Gusyenov saat sesi preskon sebelum laga Borneo FC kontra Bhayangkara FC. Dok/LIB

Sementara itu, pelatih Borneo FC, Mario Gomez mengakui bahwa pada laga kali ini tim asuhannya mulai bisa menemukan bentuk permainan terbaiknya. Meski pada babak pertama sempat melakukan dua kesalahan yang membuat PSM Makassar unggul. Tetapi setelah itu tim Pesut Etam bisa bangkit dan membalas dua gol lawan. 

"Saya kira kami bermain sangat baik, dan memiliki stamina yang baik. Pada babak pertama kami memang bermain kurang bagus, tetapi bisa diperbaiki pada babak kedua," katanya. 

Baca Juga: [BREAKING] PSM Lolos ke Perempat Final Piala Menpora 2021

4. Harusnya bisa cetak lebih dari dua gol

Imbangi Borneo FC, PSM Makassar Pastikan Tiket Delapan Besar  Marko Simic berduel dengan pemain Borneo FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Pelatih asal Argentina itu menilai bahwa harusnya Borneo FC bisa mencetak lebih dari dua gol. Pasalnya pada babak kedua ada Bornek FC tampil lebih dominan. Namun demikian, ia tetap puas meski hanya meraih hasil imbang. Terlebih dalam tiga laga babak penyisihan progres penampilan Borneo FC cukup memuaskan. 

"Hampir satu tahun tidak ada pertandingan tentu para pemain membutuhkan waktu lebih untuk mengembalikan kondisi fisik. Hari ini kami bermain baik, terutama pada babak kedua," tandasnya. 

Baca Juga: Borneo FC Vs PSM Makassar 2-2, Juku Eja Lolos ke Perempat Final

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya