Gantikan Joko Susilo, Budi Sudarsono Resmi Latih Persik Kediri

Sudah bergabung dalam latihan perdana

Kediri, IDN Times- Teka teki kehadiran mantan striker Timnas Indonesia, Budi Sudarsono dalam sesi latihan Persik Kediri terjawab sudah. Manajemen tim berjuluk macan putih resmi mengangkatnya sebagai pelatih, menggantikan Joko Susilo.

Pelatih yang akrab dipanggil getuk tersebut, mendapatkan jabatan baru sebagai Direktur Teknik Persik Kediri. Budi sendiri sudah bergabung dengan tim sejak beberapa hari lalu. Saat pemain mengikuti pelaksanaan rapid test, Budi juga tampak ikut. Pelatih yang dulu berjuluk ular Phyton ini ikut dalam latihan perdana Persik Kediri.

1. Alasan pengangkatan Budi Sudarsono

Gantikan Joko Susilo, Budi Sudarsono Resmi Latih Persik KediriBudi Sudarsono dan Joko Susilo saat mengikuti latihan Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Presiden Klub Persik Kediri, Abdul Hakim Bafagih mengatakan, perubahan posisi itu sudah dibicarakan dengan pelatih tersebut. Salah satu pertimbangan penunjukan Budi Sudarsono adalah pengalamannya yang luar biasa sebagai pemain.

Selain langganan Timnas, pria kelahiran Ngino, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri itu juga pernah merasakan pengalaman bermain di luar negeri. Terlebih saat berseragam Persik, Budi ikut membawa macan putih menjuarai Liga Indonesia musim 2006. "Kami membutuhkan sosok seperti coach Budi di sini. Dia akan memberikan contoh baik kepada pemain-pemain Persik," ujarnya, Kamis (13/8/2020).

2. Berlisensi pelatih A AFC

Gantikan Joko Susilo, Budi Sudarsono Resmi Latih Persik KediriBudi Sudarsono dan Joko Susilo saat mengikuti latihan Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Dari sisi kepelatihan, Hakim mengungkapkan, Budi sudah memenuhi kualifikasi melatih klub Liga 1. Saat ini, Budi sudah berlisensi A AFC. Dia juga berpengalaman melatih beberapa klub Liga Indonesia. "Kami ingin ilmu kepelatihannya bisa diterapkan di Persik. Dan nantinya coach Budi akan berkolaborasi dengan coach Joko," tuturnya.

3. Harap bisa membawa perubahan

Gantikan Joko Susilo, Budi Sudarsono Resmi Latih Persik KediriBudi Sudarsono dan Joko Susilo saat mengikuti latihan Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Menurut Hakim, klub memang sedang membutuhkan seorang Direktur Teknik Tugas Joko Susilo tidak bisa dianggat enteng. Mantan pelatih Arema ini akan membantu Persik dalam memimpin program pengembangan teknik. Dalam hal ini, tugas Joko berkaitan dengan pengembangan teknik, kontrol, pemantauan dan penilaian. Diharapkan perubahan ini akan membawa Persik lebih baik ke depan. Bukan saja di tim senior, tetapi juga pengembangan tim akademi dalam beberapa tahun mendatang. "Coach Joko akan memberikan banyak masukan soal pengembangan teknik sepak bola di Persik," pungkasnya.

 

Baca Juga: Libur Pandemik, Pelatih Persik Sebut Fisik Pemainnya Masih Terjaga

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya