Comscore Tracker

Pelatih Arema FC Yakin Negaranya Biasa Juarai Piala Eropa

Portugal tergabung di grup neraka

Malang, IDN Times - Turnamen akbar Piala Eropa 2020 resmi bergulir. Laga Turki menghadapi Italia menjadi pembuka pesta akbar turnamen antar negara di benua biru itu. Sejumlah negara raksasa sepak bola macam Italia, Spanyol, Jerman, Portugal, Inggris hingga Perancis akan ambil bagian dalam turnamen ini. Euforia tersebut turut dirasakan hingga tanah air. Prediksi demi prediksi bermunculan mengenai negara mana yang bakal menjadi kampiun.

Salah satunya datang dari pelatih Arema FC, Eduardo Almeida. Pelatih asal Portugal itu menjagokan negeranya bakal mampu mempertahankan gelar pada turnamen yang perhelatannya sempat tertunda satu tahun karena COVID-19 tersebut. 

1. Tak ada negara lain selain Portugal

Pelatih Arema FC Yakin Negaranya Biasa Juarai Piala EropaEduardo Almeida saat memimpin latihan perdana Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Sebagai warga Portugal, Eduardo mengakui bahwa baginya tak ada calon lain yang lebih layak mendapatkan gelar Piala Eropa 2020 selain negaranya. Banyak hal yang membuat dirinya yakin Portugal akan mampu mempertahankan gelar.

Hasil kualifikasi yang cukup menjanjikan serta uji coba yang cukup bagus membuat dirinya percaya tim berjuluk Seleccao Das Quinas itu mampu berbicara banyak pada Euro kali ini. Terlebih Portugal juga masih diperkuat megabintang Cristiano Ronaldo yang merupakan pilar penting. 

"Saya berasal dari Portugal. Saya tidak berfikir akan ada negara lain yang memenangkan Euro 2020 selain Portugal," urainya Sabtu (12/6/2021). 

2. Punya komposisi pemain yang komplet

Pelatih Arema FC Yakin Negaranya Biasa Juarai Piala EropaArema FC resmi perkenalkan Eduardo Almeida sebagai pelatih baru. Dok/Arema FC

Lebih jauh, keyakinan Eduardo bukanlah tanpa alasan. Saat ini Portugal diperkuat oleh kombinasi pemain muda dan senior. Untuk lini belakang masih ada nama stoper senior Pepe yang menjadi andalan bersama pemain muda pada diri Ruben Dias. Lini tengah juga masih bercokol nama-nama macam Joao Moutinho yang merupakan tulang punggung Seleccao Dan Quinas selama beberapa tahun terakhir.

Untuk urusan juru gedor, nama Cristiano Ronaldo masih menjadi andalan bersama sejumlah penyerang muda macam Andre Silva hingga Joao Felix. Kombinasi senior junior tersebut dinilai bakal menjadi kekuatan utama Portugal dalam kampanye mempertahankan gelar pada Euro 2020 ini. 

"Portugal memang berada di grup sulit. Tetapi mereka adalah juara bertahan. Kami harus percaya bahwa Portugal bisa menjadi juara," tambahnya. 

3. Sepak bola eropa sangat merata

Pelatih Arema FC Yakin Negaranya Biasa Juarai Piala Eropaovasports.com

Meski meyakini Portugal bakal mampu kembali meraih gelar, Eduardo mengakui bahwa langkah negaranya dipastikan tak akan mudah. Pasalnya saat ini kekuatan sepak bola negara-negara Eropa sudah mulai merata. Memang masih ada kekuatan besar macam Italia, Perancis, Jerman, Belanda dan Inggris. Tetapi negara lain juga mulai menunjukkan bahwa mereka juga mampu bersaing dan bisa mengalahkan para favorit juara. 


"Sekarang semua bisa saling mengalahkan. Namun demikian, saya tetap percaya Portugal bisa kembali juara," sambungnya. 

4. Tergabung di grup neraka

Pelatih Arema FC Yakin Negaranya Biasa Juarai Piala Eropa90min.com

Portugal sendiri di Euro 2020 tergabung di grup F bersama juara piala dunia tahun 2014 Jerman, juara piala dunia 2018 Perancis dan kuda hitam Hungaria. Portugal sendiri bakal memulai kampanye di Euro 2020 dengan menghadapi Hungaria. Setelah itu berturut-turut bakal menghadapi Jerman dan Perancis. Tentu saja untuk bisa lolos ke babak berikutnya bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun peluang Portugal untuk kembali menjuarai Euro 2020 tetap terbuka. 

Baca Juga: Piala Eropa 2020: Masuk Grup Neraka, Ini Peluang Prancis dan Portugal 

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Alfi Ramadana di IDN Times Community dengan judul Eduardo Almeida Jagokan Portugal Juarai Piala Eropa 2020 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya