Arema FC Bantah Ikut Proyek Naturalisasi PSSI

Duo Brazil merupakan upaya investasi jangka panjang

Malang, IDN Times - Polemik mengenai proyek naturalisasi yang digagas PSSI mengemuka beberapa waktu terakhir. Terutama setelah munculnya sejumlah pemain muda dari Brazil yang tiba-tiba ada di Indonesia dan mengikuti latihan di beberapa klub Liga 1. Salah satu klub yang kedatangan dua pemain Brazil adalah Arema FC.

Kini Singo Edan-julukan Arema FC- bersiap untuk mengontrak Pedro Henrique Bartoli dan Hugo Guilherme Grillo. Dua nama itu disebut-sebut merupakan bagian dari proyek PSSI guna menghadapi Piala Dunia U-20.

1. Sudah sejak lama mencari pemain asing muda yang bertalenta tapi murah

Arema FC Bantah Ikut Proyek Naturalisasi PSSIHugo Guilherme Grillo saat berlatih bersama Arema FC di Kebun Raya Purwodadi. IDN Times/ Alfi Ramadana

Menanggapi isu proyek naturalisasi, manajemen Arema FC memastikan bahwa duo Brazil tersebut memang murni investasi jangka panjang untuk klub. General Manager Arema FC Ruddy Widodo menegaskan bahwa pihaknya memang sudah cukup lama ingin mencari pemain asing yang masih muda dan potensial.

"Memang sudah cukup lama kami dari manajemen ingin mencari pemain asing muda dengan nilai kontrak yang tidak terlalu besar, tetapi memiliki kualitas mumpuni seperti ketika seorang William Pacheco datang ke sini," tegas Ruddy, Jumat (28/8/2020). 

2. Tapi persilakan PSSI kalau memang tertarik dengan Pedro dan Hugo

Arema FC Bantah Ikut Proyek Naturalisasi PSSIPedro Henrique Bartoli sangat antusias mengikuti latihan di Arema FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Selain itu, dua pemain asal Negeri Samba itu memang dibutuhkan untuk menambal lubang yang ditinggalkan oleh Jonathan Baumann dan Inkyun Oh. Baik Pedro maupun Hugo, akan mengisi slot pemain asing untuk lanjutan Liga 1 2020.

"Kalau semisal nanti dalam proses berjalan kemudian federasi tertarik dengan keduanya, ya silakan saja," tambahnya. 

Baca Juga: Deal! Matias Malvino Tetap Bersama Arema FC

3. Manajemen Arema FC tak mau ambil pusing dengan isu naturalisasi

Arema FC Bantah Ikut Proyek Naturalisasi PSSIDuo Brazil diproyeksikan mengisi slot pemain asing Arema FC yang masih kosong. IDN Times/ Alfi Ramadana

Ruddy melanjutkan, Arema FC tak terlalu ambil pusing dengan pemberitaan yang beredar. Saat ini yang terpenting adalah kedua pemain tersebut merasa nyaman di tim dan bisa segera beradaptasi. Selebihnya, manajemen Arema FC memilih fokus untuk memaksimalkan tim yang ada jelang menghadapi kompetisi. 


"Kalau bicara kualitas, dua pemain ini memang belum istimewa. Tetapi. memang kemampuannya di atas rata-rata pemain seusianya," sambungnya. 

4. Kritik PSSI yang sering naturalisasi pemain-pemain tua

Arema FC Bantah Ikut Proyek Naturalisasi PSSIPerkenalan skuat Arema FC untuk musim 2020 di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Ruddy Widodo menyebut bahwa apa yang dilakukan Arema FC ini juga sebagai bagian kritik untuk federasi. Utamanya kritik terhadap kebijakan naturalisasi yang selama ini dilakukan PSSI. Selama ini kebijakan naturalisasi PSSI selalu menyasar pemain yang sudah habis masa keemasannya. 

"Selama ini selalu begitu. Maka dari itu, ini kalau memang nantinya PSSI benar-benar melakukan proyek naturalisasi, maka ada pemain asing yang masih muda dan memiliki prospek cerah," tandasnya

Baca Juga: Datangkan Duo Brazil, Arema Rencana Lakukan Naturalisasi

Alfi Ramadana Photo Verified Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya