Comscore Tracker

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Dunia

Bibit-bibit sepak bola diasah di sini~

Sebuah klub sepak bola profesional pasti akan memikirkan tentang regenerasi. Tak selamanya bintang-bintang lapangan hijau mereka saat ini bisa terus merumput. Maka, salah satu jalannya adalah dengan mengasah bibit-bibit muda.

Klub yang baik dan visioner pasti akan rela mengeluarkan banyak uang untuk membangun akademi. Melalui akademi ini, klub sepak bola akan terus mengorbitkan bintang-bintang baru yang punya kualitas mentereng.

Di antara banyak kesebelasan di dunia, setidaknya ada 5 akademi sepak bola terbaik yang kualitasnya diakui. Akademi apa saja kah? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ajax Amsterdam

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Duniatwitter.com/AjaxYA

Klub asal Belanda, Ajax Amsterdam, dianggap sebagai salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia dan mampu menghasilkan para pemain terbaik dunia saat ini. Meski sering menjual para pemain terbaik mereka, Ajax Amsterdam terus mencatatkan prestasi gemilangnya di sepak bola. Prestasi terbaik mereka sejak klub berdiri di antaranya 4 gelar UEFA Champions League, 1 gelar UEFA Europa League, 3 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar UEFA Winners Cup, dan 1 gelar Inter Continental Cup.

Di level kompetisi domestik, Ajax Amsterdam memperoleh 34 gelar Eredivisie, 19 gelar KNVB Beker, dan 9 gelar Netherlands Super Cup. Beberapa pemain terbaik yang dihasilkan dari akademi Ajax Amsterdam seperti Christian Eriksen, Matthijs de Ligt, Justin Kluivert, Frenkie de Jong, Toby Alderweireld, Hakim Ziyech, dan masih banyak lagi.

2. Bayern Munich

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Duniatwitter.com/FCBjuniorteam

Seperti yang diketahui, Bayern Munich merupakan salah satu klub raksasa Eropa saat ini. Berbekal para pemain muda di akademi mereka, Bayern Munich menjelma sebagai klub yang sulit dikalahkan di kompetisi domestik. Raihan gelar di kompetisi domestik seperti 29 gelar Bundesliga, 19 gelar DFB Pokal, 6 gelar Liga Pokal, dan 7 gelar Germany Super Cup.

Tak hanya di level domestik, di kompetisi internasional Bayern Munich berhasil meraih 5 gelar UEFA Champions League, 1 gelar UEFA Europa League, 1 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar FIFA Club World Cup, 1 gelar UEFA Winners Cup, dan 2 gelar Inter Continental Cup. Beberapa alumni terbaik yang dimiliki Bayern Munich seperti Thomas Muller, David Alaba, Toni Kroos, Mats Hummels, Emre Can, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Anak Surabaya Akan Ikut Akademi Sepak Bola di Liverpool

3. Barcelona

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Duniatwitter.com/BarcaAcademy

Tak kalah dibanding akademi lainnya, Barcelona juga memiliki akademi yang kita kenal dengan sebutan "La Masia" di mana menghasilkan para pemain muda bertalenta terbaik. Untuk mengembangkan para pemain akademi miliknya, para pemain muda ditempatkan dulu di klub Barcelona B untuk menunjukkan jati diri sehingga dipercaya masuk tim utama Barcelona. Pemain muda Barcelona saat ini, Ansu Fati, merupakan salah satu pemain binaan akademi FC Barcelona yang berhasil menembus tim senior di usianya yang terbilang sangat muda, 17 tahun, di musim ini.

Selain Ansu Fati, beberapa nama alumni akademi FC Barcelona terbaik lainnya seperti Lionel Messi, Xavi, Andres Iniesta, Carles Puyol, Sergio Busquets, Victor Valdes, Gerard Pique, Fernando Navarro, dan masih banyak lagi. Keberhasilan akademi mereka juga turut mempengaruhi prestasi Barcelona di kompetisi resmi, terutama di level domestik seperti meraih 26 gelar La Liga, 30 gelar Copa del Rey, dan 17 gelar Spanish Super Cup.

Selain itu, Barcelona mampu mencetak prestasi terbaiknya di level internasional seperti 5 gelar UEFA Champions League, 5 gelar UEFA Super Cup, 4 gelar UEFA Winners Cup, 3 gelar FIFA Club World Cup, dan 1 gelar Inter Continental Cup.

4. Sporting Lisbon

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Duniatwitter.com/SportingCPYouth

Sporting Lisbon menjadi salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia saat ini dan mampu menghasilkan para pemain muda bertalenta di dunia. Sebut saja ada nama Cristiano Ronaldo, Nani, Rui Patricio, Joao Moutinho, Ricardo Quaresma, dan lain-lain. Soal prestasi, Sporting Lisbon merupakan salah satu klub raksasa di Portugal dengan meraih 18 gelar Primeira Liga, 21 gelar Taca de Portugal, 2 gelar Taca de Liga, dan 9 gelar Portugese Super Cup.

Untuk level internasional sendiri, Sporting Lisbon hanya meraih 1 gelar UEFA Winners Cup.

5. Manchester United

Lahirkan Pemain Berkualitas, Ini 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Duniatwitter.com/guccipogba

Manchester United dikenal sebagai penghasil para pemain bintang dunia sampai saat ini. Di era pelatih Sir Alex Ferguson, mayoritas pemain muda lebih dipercaya mengisi skuad utama Manchester United. Sebut saja alumni-alumni akademi Manchester United seperti David Beckham, Ryan Giggs, Phil Neville, Gary Neville, Nicky Butt, Marcus Rashford, Robbie Savage, dan masih banyak lagi. 

Soal prestasi sudah tidak diragukan lagi, di level domestik Manchester United mampu meraih 20 gelar Premier League, 2 gelar Football League Championship, 12 gelar FA Cup, 5 gelar Carabao Cup, dan 21 gelar Community Shield. Selain itu, di level internasional mampu meraih prestasi gemilang seperti 3 gelar UEFA Champions League, 1 gelar UEFA Europa League, 1 gelar UEFA Super Cup, 1 gelar FIFA Club World Cup, 1 gelar UEFA Winners Cup, dan 1 gelar Inter Continental Cup.

Itulah 5 akademi sepak bola terbaik di dunia saat ini.

Baca Juga: Produk Akademi: Ini 5 Wonderkid Premier League Terbaik, Siapa Saja?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Christ Bastian Waruwu di IDN Times Community dengan judul Hasilkan Pemain Terbaik, Inilah 5 Akademi Sepak Bola Terbaik di Dunia

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya