5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020

The Young Green Force siap main ngosek

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya menatap Liga 1 2020 dengan optimisme tinggi. Keberhasilan menjuarai Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 menjadi modal berharga sebelum kompetisi resmi bergulir.

Musim ini, Bajul Ijo-julukan Persebaya- banyak mengandalkan pemain-pemain muda. Dikutip dari situs transfermarkt.com, usia rata-rata skuad Persebaya adalah 25,0 tahun.

Para bintang muda itu siap menjawab kepercayaan pelatih Aji Santoso di Liga 1. Beberapa di antara mereka sukses mencuri perhatian saat PGJ.

Ini lah 5 pemain muda Persebaya yang diprediksi akan bersinar di Liga 1 2020. Siapa saja mereka?

1. Rachmat Irianto

5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020Rachmat Irianto. Instagram.com/officialpersebaya

Rachmat Irianto sudah membela Persebaya sejak berkompetisi di Liga 2. Pemain bernomor punggung 13 ini bisa bermain di berbagai posisi. Mulai bek tengah, bek kiri, hingga gelandang bertahan.

Pemain berusia 20 tahun ini juga dikenal mempunyai jiwa kepemimpinan yang besar. Tak heran, jika dalam beberapa laga coach Aji mempercayakan ban kapten kepadanya. Sebagai putra legenda hidup Persebaya, Bejo Sugiantoro, Rachmat Irianto diharapkan mampu membawa Persebaya menjadi juara. Sama seperti yang pernah dilakukan sang ayah pada 2004 lalu.

2. Rizky Ridho

5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020Rizky Ridho Ramadhani. Instagram.com/officialpersebaya

Usianya baru 18 tahun, tapi Rizky Ridho Ramadhani sudah menunjukkan karakter tenang di jantung pertahanan Persebaya. Saat PGJ lalu, Rizky Ridho tampil apik saat diduetkan dengan Arif Satriya sebagai bek tengah.

Musim lalu, pemain kelahiran 21 November 2001 itu berhasil mengantarkan Persebaya U-20 menjuarai Elite Pro Academy. Di level Timnas, Rizky Ridho juga menjadi salah satu andalan Timnas U-19.

Musim ini, dia dipromosikan Aji Santoso ke skuad senior Persebaya. Kemungkinan besar dia masuk skema rotasi jika sewaktu-waktu antara Hansamu Yama Pranata ataupun Arif Satriya absen. Kendati demikian, Rizky Ridho diprediksi akan tetap mencuri perhatian panggung Liga 1 musim ini.

Baca Juga: Usai Ricuh Semifinal PGJ 2020, Bonek Galang Dana untuk Warga Blitar

3. Hambali Tolib

5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020Hambali Tolib. Instagram.com/officialpersebaya

Gelandang yang satu ini didatangkan Persebaya dari Persela Lamongan. Hambali Tolib diprediksi akan bersinar di Liga 1 2020. Pasalnya, dia sudah hafal dengan skema permainan yang diusung Aji Santoso.

Antara Aji dan Hambali Tolib memang sudah terbangun chemistry yang kuat. Keduanya memang pernah bekerja sama saat bersama skuad Laskar Joko Tingkir- julukan Persela. Bahkan, bisa dibilang Aji lah yang mengorbitkan nama Hambali Tolib di belantika sepak bola nasional.

Satu gol Hambali Tolib melalui tendangan bebas saat melawan Persik Kediri di partai pembuka PGJ 2020 adalah pembuktian kualitasnya. Gol itu seolah menjadi isyarat jika Hambali Tolib siap menjadi andalan lini tengah Persebaya di Liga 1 2020.

4. Supriadi

5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020Muhammad Supriadi. Instagram.com/officialpersebaya

Muhammad Supriadi diprediksi akan bersinar di Liga 1 2020. Winger lincah ini mulai dipercaya oleh Aji Santoso. Satu gol ia lesakkan kala menghadapi Persik Kediri di PGJ 2020.

Pemain jebolan Rungkut FC ini mulai dikenal pencinta sepak bola Tanah Air saat membawa Timnas U-16 AFF Cup pada 2018 lalu. Larinya yang kencang membuatnya dijuluki 'Quick Supri'. Supriadi juga sempat turut bergabung di dalam skuad Garuda Select yang berlatih di Inggris.

Persaingan di sektor sayap Persebaya musim ini memang ketat. Tapi, bukan tidak mungkin Supriadi akan tampil menggebrak dan menjadi pembeda jika dipercaya tampil.

5. Koko Ari Araya

5 Pemain Muda Persebaya yang Diprediksi akan Bersinar di Liga 1 2020Koko Ari Araya. Instagram.com/officialpersebaya

Nama terakhir adalah bek kanan Koko Ari Araya. Performa memukaunya di PGJ membuat pelatih Timnas Shin Tae-Yong kepincut. Koko lantas dipanggil Timnas senior. Dia mencatat debut Timnas saat uji coba melawan Persita Tangerang.

Koko sudah dipercaya Aji Santoso untuk tampil di tim senior sejak musim lalu. Dia juga menjadi bagian dari skuad juara Elite Pro Academy U-20.

Diprediksi, Koko akan menjadi bagian penting Persebaya di Liga 1 2020. Status transfer Abduh Lestaluhu yang masih berpolemik, memaksa Aji menggeser posisi Abu Rizal Maulana sebagai bek kiri dalam beberapa laga. Alhasil, posisi bek kanan dipercayakan kepada Koko.

Selain kelima nama tersebut, sejatinya masih ada beberapa pemain muda yang juga punya kesempatan untuk membuktikan diri di Liga 1 musim ini. Rata-rata mereka masih berusia di bawah 25 tahun.

Beberapa di antaranya sudah menjadi andalan musim lalu. Sebut saja M. Hidayat (23), Irfan Jaya (23), dan Alwi Slamat (23).

Rekrutan anyar musim ini pun juga masih muda. Ada nama Arif Satriya (24), M. Nasir (24), dan Ricky Kambuaya (23).

Ada juga beberapa nama pemain junior yang dipromosikan ke skuad senior. Antara lain Ernando Ari Sutaryadi (17), Kemalludin (20), dan Zulfikar Ahmad (19). 

Baca Juga: Punya Tim yang Solid, Khofifah: Persebaya Laik Juara PGJ 2020

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya