Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik Kediri

Tinggalkan posisi direktur teknik

Kediri, IDN Times - Persik Kediri menunjuk Joko Susilo, untuk menjadi pelatih kepala di Piala Menpora maupun LIga 1 2021. Pria yang akrab dipanggil Coach Gethuk ini bukanlah sosok yang asing bagi pemain dan manajemen Persik Kediri. Mantan pelatih Arema Fc ini sebelumnya menukangi Persik Kediri di Liga 1 musim lalu.

Namun saat jeda kompetisi, pihak manajemen menunjukknya sebagai Direktur Teknis, dan posisi pelatih kepala saat itu digantikan oleh Budi Sudarsono. Namun kontrak pelatih yang saat bermain dijuluki Si Ular Phyton ini tidak diperpanjang oleh pihak manajemen.

1. Sudah familiar dengan skuad Persik Kediri

Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik KediriPelatih Joko Susilo saat memimpin latihan Persik Kediri. IDN Times/ istimewa

Manajer Persik Kediri, M Syarif Hidayatullah menuturkan, terdapat sejumlah alasan mengapa Coach Gethuk ditunjuk kembali sebagai pelatih kepala. Selain karena telah mengantongi lisensi AFC Pro sesuai keinginan manajemen, Gethuk juga sudah akrab dengan para pemain tim berjuluk Macan Putih ini.

Gethuk juga sudah membuat fondasi tim di musim lalu. Dengan skuad yang tidak banyak berubah, dia akan melanjutkannya di musim ini. "Jadi kita tidak perlu melakukan banyak bongkar pasang tim," ujarnya, Kamis (11/3/2021).

3. Terdapat beberapa sektor yang perlu dibenahi

Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik KediriPemain Persik Kediri ikuti latihan persiapan Piala Menpora. IDN Times/ istimewa

Pihak manajemen sendiri mempunyai beberapa catatan dalam skuad Persik Kediri. Di antaranya terdapat sejumlah sektor perlu dibenahi dan diisi dengan pemain yang lebih siap di posisinya. Pemain tersebut nantinya dipilih berdasarkan hasil komunikasi antara tim pelatih dan manajemen.

Pengalaman sepanjang musim lalu, komunikasi Gethuk dengan manajemen, tim pelatih maupun para pemain sangat cair. Hal tersebut yang menjadi nilai lebih. "Kita berharap keharmonisan tim ini bisa menjadi bekal solid dan kompaknya Persik dalam mengarungi Piala Menpora dan Liga 1 2021" tuturnya.

3. Komitmen orbitkan pemain muda

Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik KediriPemain Persik Kediri ikuti latihan persiapan Piala Menpora. IDN Times/ istimewa

Selain itu, Gethuk juga memiliki komitmen mengorbitkan pemain binaan sendiri untuk unjuk gigi di tim senior. Komitmen tersebut sesuai dengan rencana jangka panjang manajemen dalam pembinaan pemain muda yang dimiliki Persik.

"Kami punya konsen yang sama untuk mengembangkan potensi pemain muda, Khususnya putra daerah dan coach Gethuk ternyata juga mempunyai komitmen yang sama." kata Syarif.

Baca Juga: Bek Persik Kediri Asal Brasil Bergabung dengan Klub Armenia

4. Belum pernah menang saat tukangi Persik Kediri musim lalu

Gantikan Budi Sudarsono, Joko Susilo Kembali Tukangi Persik KediriLogo Persik Kediri, IDN Times/ istimewa

Pada Liga 1 musim 2020 lalu, Coach Gethuk belum bisa memberikan kemenangan bagi Persik Kediri. Dari tiga pertandingan yang dilakoninya, Persik dua kali imbang dan satu kali mengalami kekalahan. Poin imbang didapat saat meladeni Bhayangkara FC dan Persebaya Surabaya. Sedangkan kekalahan dialami saat menjamu Persiraja FC di kandang sendiri.

Baca Juga: Gantikan Joko Susilo, Budi Sudarsono Resmi Latih Persik Kediri

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya