Hanya Bermain Imbang, Persik Kediri Tak Lolos 8 Besar

Kalah dalam fair play

Malang, IDN Times – Persik Kediri terpaksa mengubur harapannya untuk lolos babak 8 besar di turnamen Piala Presiden 2022. Dalam pertandingan terakhir Grup D yang digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin sore, mereka hanya bisa meraih hasil imbang 0-0. Harapan untuk lolos babak penyisihan grup kandas setelah Arema FC menang tipis melawan Persikabo 1973. Meskipun perolehan nilai sama dengan PSM Makassar, Persik kalah dalam perebutan peringkat fair play. Selama turnamen mereka mengantongi 12 kartu kuning. Dari grup D ini Arema FC dan PSM Makasar lolos sebagai juara dan runner up.

1. Ciptakan banyak peluang namun tidak ada gol

Hanya Bermain Imbang, Persik Kediri Tak Lolos 8 BesarPemain Persik Kediri saat melawan PSM Makasar di turnamen Piala Presiden 2022

Pelatih Persik Kediri, Javier Roca mengatakan dalam pertandingan terakhir sebenarnya mereka membuat banyak kesempatan. Namun peluang tersebut gagal dikonversikan menjadi oleh para pemain. Menurut Roca penyelesaian akhir masih menjadi kendala bagi skuad berjuluk Macan Putih ini. Hal ini terbukti banyaknya peluang yang dibuat namun tidak ada gol hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan selesai.

"Kami bisa lebih mengontrol pertandingan, terutama di babak kedua. Namun memang ada masalah di penyelesaian akhir, selama kita bisa menciptakan banyak peluang sebenarnya itu memang ciri khas Persik Kediri, tapi kedepan kami mesti lebih konsentrasi dan efektif menyelesaikannya menjadi gol. Secara keseluruhan itu adalah catatan penting yang harus kami benahi kedepannya, tapi pemain sudah mengerahkan segalanya dan bermain maksimal tadi," ujarnya, Minggu (19/06/2022).

2. Pelatih sudah siapkan evaluasi bagi tim

Hanya Bermain Imbang, Persik Kediri Tak Lolos 8 BesarPemain Persik Kediri saat melawan PSM Makasar di turnamen Piala Presiden 2022

Pelatih asal Chile ini pun menyebut sudah mengantongi sejumlah catatan perbaikan skuadnya selama mengarungi turnamen pramusim ini. Dari tiga pertandingan Persik hanya kebobolan satu kali. Gol tersebut dicetak dari tendangan penalti. Mereka juga hanya bisa membuat satu gol saat mengalahkan Persikabo Bogor di pertandingan pertama.

"Lini belakang berjalan baik, tanpa melihat gol penalti kami bisa mencatat clean sheet/tidak kebobolan dari permainan, yang harus kami perbaiki adalah ball possession dari belakang yang masih terlambat dan kurang halus, akhirnya di laga terakhir ini kami juga mengulang kesalahan di laga sebelumnya yakni tidak berhasil mencetal gol," tegasnya.

3. Minta maaf kepada suporter

Hanya Bermain Imbang, Persik Kediri Tak Lolos 8 BesarPemain Persik Kediri saat melawan PSM Makasar di turnamen Piala Presiden 2022

Sementara itu, perwakilan pemain Persik Kediri Fitra Ridwan menyatakan bahwa seluruh pemain sudah berusaha sekuat tenaga untuk mencatatkan kemenangan saat laga kontra PSM Makassar. Mereka meminta maaf kepada suporter yang telah memberikan dukungan selama turnamen tersebut.

"Kami meminta maaf kepada seluruh suporter Persik Kediri, namun semua pemain sudah berusaha semaksimal mungkin. Ini merupakan pembelajaran berharga buat kami menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia nanti," pungkasnya.

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya