Sudah Ditunda, Polda Suruh Persebaya Tanding di Luar Jatim Lawan Arema

Rivalitas keduanya sangat tinggi

Surabaya, IDN Times - Operator Liga 1 2022/2023, PT Liga Indonesia Baru (LIB) resmi menunda pertandingan Persebaya Surabaya melawan Arema FC. Sejatinya, pertandingan ini akan digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Minggu (5/3/2023).

Polda Jawa Timur (Jatim) pun telah menerima laporan penundaan pertandingan bertajuk Derby Jatim tersebut. Saat ini, PT LIB masih mengatur ulang jadwal pertandingan. Sementara kepolisian menyarankan agar pertandingan digelar di luar Jatim saja.

"Sekali lagi pertandingan ini kita rekomendasikan untuk dilakukan di luar Jawa Timur tanpa penonton," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, Kamis (2/3/2023).

Alasan perwira dengan tiga melati emas itu bilang agar pertandingan Persebaya lawan Arema FC di luar Jatim dan tanpa penonton, karena kedua klub dan suporternya dikenal punya rivalitas tinggi. Atmosfer pertandingan kerap panas. Baik di dalam maupun di luar lapangan.

"Risiko pertandingan dimana suporter Persebaya dengan Arema punya sejarah rivalitas yang tinggi," kata Dirmanto.

Selain alasan itu, Dirmanto juga menerima laporan bahwa stadion dengan standar internasional dan akreditasi tinggi, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya masih dalam renovasi. Stadion yang berada di Benowo ini diproyeksikan menjadi venue Piala Dunia U-20.

"Infrastruktur lapangan Gelora Bung Tomo masih dalam renovasi," kata dia.

Sebelumnya, manajemen Persebaya pihak  mendapatkan kepastian penundaan pertandingan bertajuk Derby Jatim itu setelah menerima surat bernomor 084/LIB-KOM/III/2023. Surat itu dilayangkan oleh operator liga, PT LIB.

"Diterima siang tadi," tulis akun Persebaya. "Operator kompetisi memutuskan status pertandingan menjadi ditunda," sambungnya.

Terkait kepastian pertandingan Persebaya lawan Arema FC ke depannya, manajemen Persebaya tidak mendapatkan kepastian rinci. Karena masih akan dijadwal ulang. "Laga Persebaya melawan Arema FC akan dijadwalkan ulang oleh PT LIB," tulisnya.

Baca Juga: Demi Persebaya, Duo Wonderkid Ini Belum Boleh Gabung Indonesia U-22

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya