Comscore Tracker

Liga 1 Ditunda, Persebaya Liburkan Latihan

Penundaan bisa jadi evaluasi buat semua

Surabaya, IDN Times – PSSI mengumumkan pelaksanaan Liga1 dan 2 2020 ditunda. Semula, kompetisi professional itu akan digelar pada 1 Oktober besok. Tapi Polri tidak memberikan izin pertandingan dengan alasan pandemik COVID-19 yang belum melandai. Akhirnya asosiasi sepak bola Indonesia dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sepakat menundanya sampai November mendatang. Manajemen Persebaya Surabaya pun mengambil sikap atas penundaan ini.

1. Persebaya libur latihan, penundaan bisa jadi evaluasi bersama

Liga 1 Ditunda, Persebaya Liburkan LatihanSekretaris Persebaya, Ram Surahman diwawancara soal pengecekan suhu tubuh supporter sebelum masuk ke Stadion GBT. Dok.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Persebaya Surabaya, Ram Surahman mengatakan bahwa tim berjuluk Bajul Ijo menghentikan latihan rutinnya pada Selasa (29/9/2020). Ram, sapaan akrabnya, menjelaskan sebenarnya Persebaya sendiri tidak sepakat dengan bergulirnya kompetisi di tengah wabah corona. Penundaan ini pun bisa menjadi evaluasi Bersama baik dari asosiasi, operator liga maupun manajemen klub.

“Semua harus kita perbaiki bersama-sama, COVID-19 bisa jadi ancaman kelanjutan liga,” ujarnya.

2. Karena ada 6 anggota tim Persebaya positif COVID-19

Liga 1 Ditunda, Persebaya Liburkan LatihanSekretaris Persebaya, Ram Surahman saat ditemui IDN Times seusai Rapat Koordinasi (22/1). IDN Times/Tarida Alif

Ancaman yang disebut Ram memang nyata adanya. Terbukti ada enam anggota klub kesayangan Bonek ini terpapar virus SARS CoV-2. Meski enggan menyebut identitasnya, enam tersebut terdiri dari empat pemain dan dua ofisial. Secara fisik keenamnya bugar tidak ada keluhan apapun. Sewaktu tes tidak ada gejala klinis COVID-19.

“Tidak ada tanda-tanda pilek, batuk, mati rasa seperti yang terpapar COVID-19. Fisik bugar ini yang dikatagorikan OTG (Orang Tanpa Gejala),” kata Ram.

Baca Juga: Liga 1 2020 Batal Bergulir, Persik Kediri Kehilangan Dua Sponsor Besar

3. Persebaya belum ada rencana memulangkan pemainnya

Liga 1 Ditunda, Persebaya Liburkan Latihaninstagram.com/nandoariiis

Ram juga memastikan anggota tim yang terjangkit corona mendapatkan perawatan maksimal dari manajemen Persebaya. Semuanya sudah dilokalisir dan dievakuasi dari mess. Sedangkan pemain yang negatif diminta mawas diri dengan disipilin protocol kesehatan. Sebab manajemen beum ada rencana memulangkan pemainnya.

“Kami belum memulangkan pemain kami fokus pada tim ini. Dan sangat siap ikut kompetisi. Kalau memang kompetisi lanjut mari kita persiapkan secara maksimal terutama protokol kesehatan,” ucapnya.

Baca Juga: Dirugikan Liga 1 Ditunda, Arema FC Mengaku Pasrah

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya