Jelang Piala Gubernur Jatim 2020, Ini Pesan Khofifah ke Para Suporter

Koreo sing kreatif, nyanyi sing banter, gak usah rasis yo!

Surabaya, IDN Times - Piala Gubernur Jawa Timur (PGJ) 2020 akan digelar mulai hari ini, Senin (10/2). Turnamen pramusim ini akan dibuka di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun meminta para suporter agar tetap menjunjung tinggi sportivitas.

1. Minta suporter saling respek

Jelang Piala Gubernur Jatim 2020, Ini Pesan Khofifah ke Para SuporterDelapan peserta Piala Gubernur Jatim 2020. IDN Times/Mia Amalia

Pasalnya, bukan barang baru hawa panas di antara supporter sepak bola Indonesia. Terlebih di Jatim, tim yang ikut pageleran PGJ ini mempunyai basis supporter yang besar dan loyal. Sebut saja ada LA Mania, Bonek, Aremania, K-Conk Mania, Persik Mania, The Jak Mania, hingga Bara Mania.

"Tapi bagaimana kemudian loyalitas dan fanatisme kepada kesebelasan dapat terjaga dengan sifat-sifat yang konstruktif dan saling menghormati, itulah yang menjadi PR kita," ujar Khofifah.

2. Dengan cara junjung tinggi sportivitas

Jelang Piala Gubernur Jatim 2020, Ini Pesan Khofifah ke Para SuporterJadwal penyisihan Piala Gubernur Jatim 2020. IDN Times/Mia Amalia

Mantan menteri sosial itu berharap, tiap pertandingan sepak bola yang digelar di Jatim juga bisa dinikmati seluruh suporternya. Maka yang terpenting adalah menjaga sportivitas.

"Terkait fanatisme suporter ini, kita harus kelola agar berjalan konstruktif, sportif, dan saling menghormati," katanya.

"Saya mengomunikasikan, terutama dengan Sekjen PSSI, Mbak Thisa, beliau berharap ada semacam roadmap. Katakanlah empat sampai lima tahun ke depan, format-format untuk mengomunikasikan antar satu spporter satu dengan yang lain itu bisa dilakukan dengan cara-cara yang terukur dan termonitor," lanjut Khofifah.

Baca Juga: Persik Kediri Tanpa Pemain Asing di Piala Gubernur Jatim

3. PSSI bentuk divisi pembinaan suporter Indonesia

Jelang Piala Gubernur Jatim 2020, Ini Pesan Khofifah ke Para SuporterJadwal semifinal dan final Piala Gubernur Jatim 2020. IDN Times/Mia Amalia

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule menjelaskan, PSSI sudah membentuk divisi pembinaan suporter. Nantinya, divisi ini bertugas membina suporter untuk mendukung timnya secara profesional.

"Mudah-mudahan ini awal yang baik agar bisa betul-betul membuat antar supporter itu satu saudara, satu darah, agar tidak ada lagi masalah supporter yang kini masih terjadi dimana-mana," ucapnya.

Baca Juga: Jelang Piala Gubernur Jatim, Arema Kehilangan Dua Pemain 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya