Jamu PSS, Persebaya Kalah Perdana di Stadion GBT

Bonek WO dan bungkam di babak kedua

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya kembali menelan pil pahit pada pekan ke-25 Shopee Liga 1 2019. Tim asuhan Wolfgang Pikal harus kalah saat menjamu PSS Sleman dengan skor 2-3 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Selasa (29/10). Ini menjadi kekalahan perdana di kandang. Kekalahan ini pun diwarnai aksi walkout (WO) dan bungkam pendukung fanatik mereka, Bonek Mania.

Sejak menit awal tuan rumah terlihat bermain berhati-hati. Sementara tim tamu justru tak gentar meski harus bermain di hadapan puluhan ribu Bonek Mania. Tim asuhan Seto Nurdiantoro menampilkan gaya permainan yang agresif.

Alhasil Super Elang Jawa (Elja) - julukan PSS- mampu mencuri poin terlebih dahulu pada menit ke-16. Gol tercipta dari kaki penyerang sayap Jefri Kurniawan. Mantan pemain Persela ini memanfaatkan sodoran gelandang PSS, Dave Mustaine.

Tertinggal satu gol, pelatih Persebaya, Wolfgang Pikal mengganti gelandang, M Hidayat dengan Aryn Williams. Pergantian ini cukup efektif membuat lini tengah The Green Force sedikit stabil.

Hasilnya, Bonek pun bersorak gembira pada menit ke-34 setelah penyerangnya, David da Silva menceploskan gol ke gawang kiper PSS, Ega Rizky. Papan skor menjadi 1-1. Setelah gol, daya serang ditingkatkan dengan memasukan Osvaldo Haay menggantikan Irfan Jaya.

Akan tetapi strategi itu mentah. Tak berselang lama, giliran pendukung Sleman yang bergembira. Dua gelandang PSS, Batata dan Haris menunjukan kerjasamanya. Haris pun mengoyak gawang kiper Miswar kedua kalinya pada menit ke-41. Skor berbalik 1-2.

Hanya butuh waktu dua menit, PSS menambah golnya. Penyerang, Yevhen tidak mau ketinggalan berpesta gol. Penetrasinya menggetarkan gawang kiper, Miswar. Tuan rumah terbenam di babak pertama dengan skor 1-3.

Skor ini membuat Bonek kecewa. Terlihat di tribun utara, mereka memilih pulang. Sementara di tribun selatan dan 21, para dirijennya tidak mau lagi memimpin. Praktis hanya suara nyanyian pendukung tim tamu yang menggelegar di Stadion GBT.

Babak kedua perubahan strategi dilakukan. Gelandang Fandi Eko Utomo diganti Rendi Irwan. Permainan pemain bernomor punggung 12 ini sangat efektif. Dia menciptakan peluang, sampai akhirnya dilanggar di kotak penalti.

Eksekusi titik putih segera diambil pemain asing Persebaya, Diogo Campos. Tendangan kerasnya pun menghujam gawang kiper, Ega pada menit ke-76. Gol ini sekaligus menambah daya serang Bajul Ijo. Sayangnya papan skor tak berubah hingga peluit akhir wasit, Toriq Alkatiri.

Hasil ini membuat PSS mengemas poin 39. Super Elja mengamankan posisi ke-5 klasemen sementara Liga 1 2019. Sementara Persebaya tertahan di posisi ke-9 dengan poin 31.

Baca Juga: [PREDIKSI] Persebaya Vs PSS Sleman, Ajang Pembuktian Pikal

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya