Comscore Tracker

Hadapi Tiongkok, Fakhri Minta Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-19

Nasib sepak bola Indonesia ada di tangan timnas senior

Surabaya, IDN Times - Jelang uji coba melawan Tiongkok U-19, pelatih Indonesia U-19, Fakhri Husaini meminta masyarakat tidak menuntut kemenangan. Menurutnya, permintaan itu bisa menjadi beban bagi tim asuhannya. Prestasi sepak bola Indonesia ditentukan yang senior bukan kelompok umur.

"Timnas sekarang ada berapa kelompok usia, yaitu U-16, U-19, U-20 dan senior. Harusnya nasib sepak bola Indonesia itu di tangan timnas Senior," ujarnya saat konferensi pers di Hotel Varewood, Surabaya, Rabu (16/10).

1. Karena penentu ranking FIFA adalah timnas senior

Hadapi Tiongkok, Fakhri Minta Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-19IDN Times/Ardiansyah Fajar

Fakhri menegaskan, prestasi timnas kelompok umur tidak menentukan apapun peringkat Indonesia di ranking FIFA. "Seberapa banyak pun prestasi (timnas kelompok umur), yang akan naikkan peringkat FIFA itu ditentukan oleh seberapa bagus timnas senior," katanya.

2. Tapi tetap minta timnas U-19 berikan kemampuan terbaik

Hadapi Tiongkok, Fakhri Minta Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-19IDN Times/Ardiansyah Fajar

Meski begitu, pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh ini menginstruksikan pemainnya bermain serius demi memberikan yang terbaik. Ia paham betul kalau masyarakat Indonesia haus akan kemenangan timnas sepak bola Indonesia.

"Apapun itu kami akan lakukan tugas yang dibebankan. Saya sampaikan ke pemain, masyarakat Indonesia merindukan kemenangan, tak peduli lagi timnas kelompok umur berapapun, kami akan coba memberikan yang terbaik," katanya.

Baca Juga: Indonesia U-19 Tantang Tiongkok di GBT, Ini Harapan Coach Fakhri

3. Bisa dibina untuk regenerasi pemain timnas senior

Hadapi Tiongkok, Fakhri Minta Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-19IDN Times/Ardiansyah Fajar

Tak lupa, Fakhri tetap mengingatkan masyarakat bahwa timnas kelompok umur dibentuk untuk dibina. Nantinya, pemain junior ini diharapkan bisa menjadi regenarasi bagi pemain di timnas senior.

"Tugas saya sebagai pelatih muda bukan berapa banyak gelar, tapi berapa banyak pemain yang kami sumbangkan ke timnas senior. Itu tugas kami sebenanrya," jelasnya.

4. Indonesia U-19 lawan Tiongkok U-19 di Stadion GBT besok Kamis (17/10)

Hadapi Tiongkok, Fakhri Minta Masyarakat Jangan Bebani Timnas U-19IDN Times/Ardiansyah Fajar

Sekadar diketahui, Indonesia U-19 akan menantang Tiongkok U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, pukul 19.00 WIB, Kamis (17/10). Rencananya, uji coba dilakukan dua kali. Pertama di Surabaya dan yang kedua di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Minggu (20/10). Uji coba ini merupakan persiapan Garuda Muda menatap kualifikasi Piala Asia U-19 yang digelar November mendatang.

Baca Juga: Jelang Hadapi Tiongkok, Ini Persiapan yang Dilakoni Timnas U-19 

Topic:

  • Dida Tenola

Just For You