Tertolong Penalti, Arema FC Gagal Amankan Kemenangan Kontra Persija

Penalti Makan Konate paksakan hasil Aema

Malang, IDN Times - Hasil seri 1-1 menjadi akhir dari pertandingan adu gengsi tersaji di Stadion Kanjuruhan saat Arema FC menjamu Persija Jakarta, Sabtu (23/11/2019). Gol tandukan Marco Simic menit 76' dibalas oleh eksekusi penalti Makan Konate menit 86'. Selain dua gol tersebut, tak ada lagi gol yang terjadi pada pertandingan yang berjalan alot tersebut.

Sebagaimana layaknya duel dua tim besar, pertandingan antara tim tim Singo Edan kontra tim Macan Kemayoran berlangsung sengit. Arema FC yang memburu kemenangan langsung mencoba bermain agresif. Meskipun tanpa sejumlah pemain utama, Arema FC mencoba bermain terbuka dengan menempatkan Rivadi Bawuo sebagai ujung tombak.

Sebaliknya, Persija Jakarta mengandalkan Marco Simic di lini depan untuk bisa menekan Arema FC. Hingga memasuki pertandingan berjalan alot. Kedua tim terlihat berhati-hati dan saling menunggu. Bahkan dalam beberapa kesempatan, baik Arema FC dan Persija Jakarta kesulitan membongkar pertahanan masing-masing. Nyaris tidak ada peluang berbahaya sepanjang babak pertama. Arema FC baru memperoleh peluang berbahaya pada menit 41'. Sepakan keras Hanif Sjahbandi masih bisa diblok oleh Xandao.

Persija Jakarta nyaris membuka keunggulan pada menit 43'. Serangan balik cepat yang dilakukan Riko Simanjuntak memaksa Agil Munawar melakukan pelanggaran di kotak penalti dan berbuah hukuman penalti. Tetapi Marco Simic yang turun sebagai eksekutor gagal memaksimalkan peluang tersebut. Sepakanya bisa ditepis oleh Kurniawan Kartika Ajie. Hingga babak pertama berakhir skor 0-0 masih bertahan.

Memasuki babak kedua, kedua tim masih terlibat duel sengit. Namun gol masih juga belum kunjung terjadi. Arema FC berupaya melakukan perubahan dengan memasukkan Riky Kayame, hingga Sylvano Comvalius. Sementara Persija merespon dengan memasukkan Rohit Chan dan Ramdani Lestaluhu.

Gol baru hadir pada menit 76'. Marco Simic berhasil memanfaatkan bola lambung dari Novri Setiawan. Tandukanya tak mampu dihadang oleh Kartika Ajie dan mengubah skor menjadi 0-1. Tertinggal satu gol membuat Arema FC berupaya bangkit. Tim Singo Edan terus menekan tim Macan Kemayoran.

Setelah terus menekan, Arema FC akhirnya mampu menyamakan kedudukan menit 86'. Kesalahan pemain belakang Persija Jakarta yang menyentuh bola di kotak penalti menyebabkan Persija terkena hukuman penalti. Makan Konate yang turun sebagai eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bola sepakanya berhasil masuk ke gawang meskipun sempat ditepis oleh Shahar Ginanjar. Gol tersebut membuat skor menjadi 1-1.

Setelah mampu menyamakan kedudukan, Arema FC mencoba terus mencari gol kemenangan. Namun beberapa kali upaya yang dilakukan lini depan tim Singo Edan tak membuahkan hasil. Hingga pertandingan berakhir skor 1-1 tetap bertahan.

Baca Juga: Dalam Momentum Bagus, Persija Jakarta Anggap Lawan Arema FC Sulit 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya