Soal Kiper Baru, Arema FC Tunggu Pelatih Kepala 

Perlu tambahan kiper usai Kartika Ajie Cedera

Malang, IDN Times - Arema FC mengalami krisis penjaga gawang. Cederanya Kurniawan Kartika Ajie membuat tim Singo Edan hanya memiliki tiga alternatif penjaga gawang saja yakni Teguh Amirudin, Utam Rusdiana dan Andreas Francisco. Dari ketiga nama ini, hanya Utam Rusdiana dan Teguh Amirudin yang sudah banyak mendapat menit bermain. Sementara Andreas Francisco masih belum mendapatkan kesempatan mencicipi pertandingan resmi. 

1. Perlu tambahan kiper baru

Soal Kiper Baru, Arema FC Tunggu Pelatih Kepala Kurniawan Kartika Ajie harus bersaing dengan tiga penjaga gawang lain. IDN Times/ Alfi Ramadana

Jika melihat kompisisi yang ada, maka Arema FC masih memerlukan tambahan penjaga gawang. Hal itu diakui oleh pelatih kiper Arema FC, Felipe Americo. Pelatih asal Brazil itu juga mengakui sudah berkomunikasi dengan manajemen terkait kebutuhan tambahan penjaga gawang. Tetapi diakuinya dalam situasi seperti saat ini cukup sulit untuk mendatangkan pemain baru. Apalagi untuk posisi penjaga gawang yang saat ini memang tak banyak memiliki opsi. 

"Dalam kondisi seperti sekarang sulit untuk mendapatkan kiper sesuai kriteria. Jadi kami tetap berlatih dengan kekuatan kiper yang ada," terang Felipe, Sabtu (5/9/2020).  

2. Tunggu pelatih baru tiba

Soal Kiper Baru, Arema FC Tunggu Pelatih Kepala Utam Rusdiana beberapa kali menjadi pilihan utama musim lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sejauh ini Felipe mengakui masih belum menyodorkan rekomendasi nama kepada manajemen. Tetapi dirinya sudah menyampaikan kebutuhan kiper itu kepada tim pelatih. Hanya saja, Felipe tak mau terburu-buru mengambil keputusan. Dirinya masih menunggu kehadiran pelatih kepala terlebih dahulu sebelum nantinya akan diputuskan menambah penjaga gawang baru atau tidak. 

"Sekarang mungkin lebih baik tunggu pelatih kepala tiba dahulu supaya dia bisa melihat kiper yang ada. Setelah itu biarlah pelatih kepala yang melakukan evaluasi apakah ada kebutuhan tambahan kiper atau tidak," tambahnya. 

Baca Juga: Soal Duo Brazil, Arema FC Tegaskan Tak Ikut Proyek Naturalisasi PSSI

3. Progres kiper semakin memuaskan

Soal Kiper Baru, Arema FC Tunggu Pelatih Kepala Arema FC sejauh ini baru memiliki tiga kiper. IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini, tiga kiper yang ada terus menunjukkan progres peningkatan. Kondisi fisik, mental hingga pemahaman permainan sudah semakin baik. Bahkan dalam uji coba terakhir kontra Kaki Mas, ketiga kiper yang ada sudah diturunkan dan berhasil menjaga gawang Arema FC tetap cleansheet. Tentu saja kondisi ini menjadi modal berharga untuk tim Singo Edan untuk bersiap menghadapi lanjutan Liga 1. 

"Pemain semakin mengerti dan memahami permainan. Dari sisi fisik juga sudah semakin siap untuk main penuh," kata Felipe. 

4. Semua punya kesempatan tampil

Soal Kiper Baru, Arema FC Tunggu Pelatih Kepala Program latihan Arema FC sudah berdasar rekomendasi pelatih kepala yang baru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Felipe menilai bahwa tiga kiper yang ada saat ini layak untuk mendapat menit bermain di Liga 1. Secara kualitas ketiganya juga tak jauh berbeda. Hanya saja sejauh ini baru Utam Rusdiana dan Teguh Amirudin yang sudah mendapat menit bermain. Sementara Andreas Francisco masih belum. Namun, jika melihat pada saat proses latihan, ketiganya layak mendapat kesempatan. 

"Selama ini program latihan yang kami berikan sama. Jadi ketiganya juga punya peluang sama untuk bermain," tandasnya. 

Baca Juga: Arema FC Gelar Latihan Fisik di Pantai, Sejumlah Pemain Absen  

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya