Comscore Tracker

Regulasi Pemain Berubah, Jacksen F Tiago: Tidak Ada Pengaruh 

Semua tim sudah terbentuk

Malang, IDN Times - Induk organisasi sepak bola Indonesia kembali tidak konsisten. Baru-baru ini, PSSI melakukan perubahan untuk beberapa regulasi kompetisi Liga 1. Kuota pemain U-23 dihapus dan setiap tim boleh mendaftarkan hingga 33 pemain.

Lantaran sudah terbiasa dengan perubahan mendadak yang kerap dilakukan federasi, sejumlah klub juga menanggapinya dengan santai. Salah satunya adalah Persipura. 

1. Perubahan regulasi tak pengaruhi apapun

Regulasi Pemain Berubah, Jacksen F Tiago: Tidak Ada Pengaruh Persipura sudah memiliki 30 pemain untuj Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tim Mutiara Hitam-julukan Persipura- menganggap bahwa perubahan regulasi itu tak memengaruhi apapun. Sebab, saat ini hampir semua tim peserta Liga 1 sudah mengontrak pemain.

"Sekarang semua tim sudah terbentuk. Jadi perubahan regulasi itu tidak berpengarauh apapun, kecuali kalau mungkin perubahan dilakukan sesaat setelah liga usai mungkin akan beda cerita," papar Pelatih Persipura, Jacksen F Tiago, Minggu (9/2).

2. Pemain yang ada sudah cukup

Regulasi Pemain Berubah, Jacksen F Tiago: Tidak Ada Pengaruh Syalvano Comvalius sudah menjadi bagian dari Persipura. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Jacksen menilai pemain yang ada saat ini sudah lebih dari cukup. Meskipun nantinya bakal mengarungi dua kompetisi yakni Liga 1 dan Piala Indonesia. Tetapi, dengan 30 pemain, Persipura sudah memenuhi kuota untuk dua kompetisi itu. Bahkan, Jacksen saat ini belum berniat menambah pemain meskipun masih ada tiga slot lagi. 

"Saya rasa 30 pemain sudah lebih dari cukup. Sebab, sejauh ini kami belum tahu apakah Piala Indonesia digelar. Kami baru mendengar hanya Liga 1 saja," tambahnya. 

Baca Juga: Gelar Pemusatan Latihan di Batu, Skuad Persipura Masih Belum Komplet 

3. Bakal pindah ke Yogyakarta

Regulasi Pemain Berubah, Jacksen F Tiago: Tidak Ada Pengaruh Persipura bakal melanjutkan TC di Kota Yogyakarta. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, setelah gagal mendapatkan lawan selevel untuk beruji coba, Persipura berencana melanjutkan training camp (TC) di Yogyakarta. Nantinya tim Mutiara Hitam bakal menghadapi dua tim Liga 1 sebagai lawan tanding yakni PSS Sleman dan Persita Tangerang. 

"Tadinya kami pikir bisa mendapatkan lawan uji coba di Jatim. Tetapi ternyata ada turnamen Piala Gubernur Jatim. Maka dari itu kami akan ke Yogyakarta untuk melakoni dua uji coba," terangnya. 

4. Cari kerangka untuk Liga 1

Regulasi Pemain Berubah, Jacksen F Tiago: Tidak Ada Pengaruh Uji coba di Jogja sekaligus mencari kerangka Persipura untuk Liga 1. IDN Times/ Alfi Ramadana

Dua uji coba tersebut juga sebagai bagian untuk mematangkan kerangka tim. Apalagi tak lama lagi Liga 1 bakal bergulir. Tentu, Persipura ingin komposisi pemain bisa didapat saat uji coba di Yogyakarta. Meskipun Jacksen mengakui ingin melihat kualitas semua pemain dari dua uji coba tersebut. 

"Saya ingin melihat mereka semuanya. Baru setelah itu bisa memberikan penilaian mengenai mereka," pungkasnya. 

Baca Juga: Persipura Agendakan Lima Uji Coba Selama di Jatim 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya