Comscore Tracker

Kompetisi Belum Jelas, Arema FC Batalkan Rencana Latihan

Tuding para elit mementingkan ego masing-masing

Malang, IDN Times - Arema FC merasa ragu untuk kembali memulai aktivitas latihan. Keraguan tersebut muncul lantaran sampai awal tahun 2021, masih belum ada kejelasan tentang kompetisi. Rencananya Arema FC bakal memulai aktivitas latihan pada Senin (4/1/2021). Tetapi rencana tersebut terancam batal setelah belum info akurat mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1. 

1. Perlu biaya operasional

Kompetisi Belum Jelas, Arema FC Batalkan Rencana LatihanArema FC saat menjalani latihan di Kebun Raya Purwodadi. IDN Times/Alfi Ramadana

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo menjelaskan bahwa ketika memulai latihan, kembali tentu manajemen harus mengeluarkan biaya operasional. Namun, biaya operasional yang mereka keluarkan bisa jadi akan sia-sia karena kompetisi tak kunjung ada kejelasan.

"Gambaran kami seperti itu. Tetapi sampai sekarang tidak ada tanda-tanda kelanjutan kompetisi. Kami jadi ragu untuk mulai latihan lagi," terangnya Sabtu (2/1/2021).

Vakumnya kompetisi selama sembilan bulan lebih diakuinya membuat klub lebih berhati-hati dalam mengatur keuangan. Pasalnya, klub tak memiliki pemasukan. "Tujuannya sudah jelas, kalau kembali berlatih tentu mempersiapkan diri untuk kompetisi. Tetapi karena tidak ada kepastian mungkin Arema FC akan delay juga latihannya," tambahnya. 

2. Hanya bisa pasrah

Kompetisi Belum Jelas, Arema FC Batalkan Rencana LatihanAlfarizie berusaha melepaskan diri dari kawalan Rohit Chand. IDN Times/ Alfi Ramadana

Saat ini manajemen Arema FC memilih untuk pasrah dengan segala kemungkinan yang dipilih. Meskipun manajemen tim Singo Edan berharap Liga 1 musim 2020 tetap bisa dilanjutkan sampai tuntas, namun, jika operator dan federasi memilih untuk menjalankan Liga 1 musim baru, maka Arema FC tetap bakal mengikuti dan patuh. 

"Tetapi tentu kami minta kepada federasi agar regulasinya harus disamakan dengan kemarin. Sebab, saat ini situasinya masih pandemi," sambungnya. 

Baca Juga: Kompetisi Masih Belum Jelas, Pemain Arema FC Pulang Kampung

3. Tuding para elit mementingkan ego masing-masing

Kompetisi Belum Jelas, Arema FC Batalkan Rencana LatihanDave Mustaine menguasai bola sata uji coba lawan Binteng Semeru. IDN Times/ Alfi Ramadana

Terlepas dari itu, Ruddy menilai bahwa selama ini para elit hanya mementingkan ego sektoral saja. Hal itu yang menyebabkan sepak bola utamanya kompetisi Liga 1 tidak bisa bergulir.  "Kalau masing-masing menggunakan bahasa mereka sendiri tentu tidak akan pernah ketemu. Harusnya untuk mencari solusi dari persolaan ini harus menggunakan bahasa bola," tandasnya. 

Baca Juga: Empat Pemain Arema FC Dipanggil TC Timnas, Manajemen Sambut Gembira

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya