Dianggap Sebagai Biang Kekakalahan, Pelatih Anggap Kartika Ajie Apes

Gol menit akhir buat Arema FC gagal tuai poin

Malang, IDN Times - Hasil negatif nampaknya belum mau pergi dari Arema FC. Dari empat laga Liga 1 yang sudah dijalani, tim Singo Edan sudah menelan tiga kekalahan. Sempat bangkit kala menumbangkan Persela Lamongan, tim Singo Edan dipaksa kembali tertunduk usai dipermalukan Tira Persikabo. Kekalahan tersebut cukup menyesakkan dan dinilai tak perlu terjadi andai penjaga gawang Kurniawan Kartika Ajie tak terpeleset kala berupaya mengantisipasi sepakan Luis Parfait. 

Baca Juga: Jamu PS Tira Persikabo di Gajayana, Pemain Arema Diminta Main Kalem

1. Anggap sebagai hari apes

Dianggap Sebagai Biang Kekakalahan, Pelatih Anggap Kartika Ajie ApesIDN Times/ Alfi Ramadana

Namun demikian, pelatih kiper Arema FC, Yanuar Hermansyah menilai bahwa kekalahan atas Tira Persikabo tersebut bukan murni kesalahan penjaga gawang. Pasalnya ada suatu hal diluar dugaan yang terjadi. Ia bahkan menilai sebelum insiden sepakan Luis Parfait tersebut, Kurniawan Kartika tampil bagus dan bahkan beberapa kali menggagalkan peluang Tira Persikabo.

"Saya sampaikan kepada dia untuk menjadikan kejadian kemarin sebagai pelajaran berharga. Memang cukup menyakitkan ketika kemasukan gol dimenit akhir dan menjadikan kami kalah di kandang. Tetapi semua itu merupakan proses pembelajaran dan mungkin memnag kemarin hari apesnya Ajie," bebernya. 

2. Harus terima kritikan

Dianggap Sebagai Biang Kekakalahan, Pelatih Anggap Kartika Ajie ApesIDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih lanjut, pelatih yang akrab disapa Begal itu tak menampik jika kritikan muncul atas kekalahan kemarin. Terutama untuk media sosial pribadi milik sang kiper. Namun, ia menyampaikan bahwa seburuk apapun kritikan yang disampaikan oleh suporter, semua itu adalah upaya untuk menguatkan mental sang penjaga gawang. 

"Saya katakan kepada Ajie bahwa dia harus membaca komentar netizen di media sosial. Tetapi saya sampaikan juga bahwa komentar tersebut harus bisa jadi motivasi untuk membuktikan diri bahwa dia memang memiliki kualitas. Memang terkadang menyakitkan, tetapi itu demi peningkatan motivasi serta kualitas pemain juga," sambungnya. 

3. Belum tentu lakukan rotasi

Dianggap Sebagai Biang Kekakalahan, Pelatih Anggap Kartika Ajie ApesIDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, untuk laga lawan Persipura, ia masih belum memastikan apakah melakukan rotasi atau tidak. Pasalnya tiga penjaga gawang yang ada saat ini terus menunjukkan peningkatan. Termasuk Kurniawan Kartika Ajie yang juga tampak sudah bisa melupakan kekalahan atas Tira Persikabo. 

"Kami melihat dalam latiham penjaga gawang yang ada menunjukkan progress bagus. Jadi akan kami lihat lagi hingga persiapan terakhir," imbuhnya. 

4. Mental kiper harus lebih kuat dari pemain lain

Dianggap Sebagai Biang Kekakalahan, Pelatih Anggap Kartika Ajie ApesIDN Times/ Alfi Ramadana

Untuk itu, Begal menyebut bahwa menjadi seorang penjaga gawang membutuhkan mental yang kuat. Bahlan harus lebih kuat dari pemain lainya di lapangan. Pasalnya penjaga gawang memiliki tanggung jawab besar. 

"Kiper terkadang bisa jadi raja tetapi juga bisa dianggap sebagai pecundang. Untuk itu mentalitas seorang kiper harus benar-benar kuat untuk bisa bangkit dari keterpurukan," tandasnya. 

Baca Juga: Tumbangkan Arema FC, Rachmad Darmawan Anggap Timnya Beruntung 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya