Comscore Tracker

Cedera Ligamen Lutut, Kurniawan Kartika Ajie Absen Sampai Akhir Musim 

Semoga cepat pulih!

Malang, IDN Times - Situasi tak mengenakkan dialami Arema FC setelah kembali berlatih. Tim Singo Edan harus kehilangan dua pemain andalan yakni Hanif Sjahbandi dan Kurniawan Kartika Ajie. Keduanya mengalami cedera yang cukup parah.

Hanif mengalami cedera engkel dan Kartika Ajie cedera ligamen. Untuk Hanif diperkirakan bakal absen sekitar dua bulan. Sedangkan Kartika Ajie malah lebih parah, diprediksi absen hingga akhir musim.

1. Kartika Ajie absen hingga akhir musim

Cedera Ligamen Lutut, Kurniawan Kartika Ajie Absen Sampai Akhir Musim Hanif Sjahbandi melepaskan sundulan saat uji coba kontra Bintang Semeru FC. IDN Times/ Alfi Ramadana

Kartika Ajie mengalami cedera pada ligamen lututnya. Cedera tersebut didapat kala latihan perdana di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Senin lalu (3/8/2020). Mantan kiper Timnas U-23 itu harus dioperasi untuk proses pemulihan.

"Saat ini sedang menunggu jadwal operasi. Perkiraan absen sembilan bulan," papar Dokter Tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi, Rabu (5/8/2020). 

2. Istirahat total untuk Kurniawan Kartika Ajie

Cedera Ligamen Lutut, Kurniawan Kartika Ajie Absen Sampai Akhir Musim Kurniawan Kartika Ajie harus bersaing dengan tiga penjaga gawang lain. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Nanang menambahkan bahwa sembari menunggu jadwal operasi, Kartik Ajie harus istirahat total terlebih dahulu. Setelah itu bakal dijadwalkan untuk proses operasi.

Hal yang sama juga berlaku untuk Hanif. Namun, Hanif tidak harus menjalani operasi, meskipun juga tetap harus absen untuk waktu yang tidak sebentar. 

"Kalau untuk cedera engkel paling lama sekitar dua bulan. Tapi bisa juga lebih cepat," tambahnya. 

Baca Juga: Negosiasi Buntu, Mario Gomez Tinggalkan Arema FC

3. Kondisi fisik belum siap

Cedera Ligamen Lutut, Kurniawan Kartika Ajie Absen Sampai Akhir Musim Elias Aldarete belum mampu mencetak gol untuk Arema FC. Instagram/ Arema FC

Terlepas dari itu, Nanang Tri Wahyudi menyebut bahwa cedera yang dialami kedua pemain tersebut bisa dialami oleh siapapun. Sebab, dalam situasi latihan perdana, kondisi fisik para pemain biasanya belum sepenuhnya siap. Lalu terkadang juga konsentrasi belum sepenuhnya siap. Hal itulah yang kemudian memicu terjadinya cedera bagi para pemain. 

"Empat bulan tanpa aktivitas di lapangan tentu berbeda. Meskipun melakukan penguatan atau latihan mandiri, tetap saja berbeda tanpa latihan di lapangan," sambungnya. 

4. Dedik Setiawan sudah hampir pulih total

Cedera Ligamen Lutut, Kurniawan Kartika Ajie Absen Sampai Akhir Musim Dedik Setiawan akui pemain harus siap fisik dan mental hadapi jadwal padat. IDN Times/ Alfi Ramadana

Sementara itu, untuk Dedik Setiawan yang sebelumnya juga sempat cedera, kini sudah berlatih normal. Bahkan, kondisinya terus membaik dan semakin mendekati kondisi terbaik. Hanya saja memang masih perlu ada sedikit tahapan untuk benar-benar pulih total. 

"Kondisi Dedik Setiawan sudah mencapai 90 persen. Hanya tinggal menyelesaikan proses akhir saja sebelum pulih total," tandasnya. 

Baca Juga: Ditinggal Mario Gomez, Arema FC Sebut Alami Kerugian 

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya