Comscore Tracker

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya 

Ada yang merupakan stadion tertua di Indonesia

Malang, IDN Times - Malang Raya dikenal sebagai salah satu barometer olahraga nasional. Salah satu olahraga yang sangat populer di Malang Raya adalah sepak bola. Karena saking populernya, saat ini di Malang Raya sangat mudah ditemui lapangan sepak bola hingga stadion. Stadion dan lapangan bola tersebut banyak tak hanya untuk sepak bola saja. Tetapi juga untuk berbagai olahraga lainnya. Berikutnya 6 stadion yang ada di Malang Raya. 

1. Stadion Gajayana

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya Bek andalan Arema era Galatama, Totok Anjik (tengah) membayangi legenda Persebaya di Stadion Gajayana. Dok/NZR

Bagi pecinta bola tanah air tentu nama Stadion Gajayana sudah tidak asing lagi. Stadion tertua di Indonesia itu hingga kini masih tetap mampu bertahan dan bisa dimanfaatkan dengan baik. Stadion Gajayana yang berada di Jl Tangkuban Perahu, Klojen, Kota Malang, dibangun pada tahun 1924 dan mulai beroperasi pada tahun 1926. Stadion ini didirikan oleh pemerintah kolonial untuk melengkapi fasilitas olahraga yang ada di kawasan kota mandiri Idjen Boulevard, di masa lalu.

Kapasitas awal dari Stadion Gajayana sendiri hanya 5.000 orang saja. Kemudian pada tahun 1990 stadion ini kembali direnovasi dan dilakukan penambahan kapasitas menjadi 17.000 orang. Lalu pada tahun 2008 dilakukan renovasi kembali dengan menambah kapasitas stadion menjadi 30.000 orang dan bertahan hingga kini. Stadion ini juga sempat menjadi kandang dari klub kebanggaan warga Malang yakni Arema dan Persema. 

2. Stadion Kanjuruhan

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya Perkenalan skuat Arema FC untuk musim 2020 di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/Alfi Ramadana

Stadion Kanjuruhan merupakan stadion dengan kapasitas paling besar yang ada di Malang Raya. Stadion yang berada di Jl Trunojoyo, Kedungpedaringan, Kepanjen, Kabupaten Malang ini memiliki kapasitas hingga 45.000. Stadion Kanjuruhan mulai dibangun pada tahun 1997 dan resmi dibuka pada tahun 2004. Stadion Kanjuruhan sendiri mengalami beberapa kali renovasi. Pertama pada tahun 2010 sebagai persiapan Arema bermain di Liga Champions Asia.

Renovasi berupa penambahan daya pencahayaan. Lalu pada tahun 2013 juga dilakukan renovasi dengan menambahkan tribun berdiri pada area sentel ban. Saat ini Stadion Kanjuruhan menjadi kandang bagi Arema FC dan Persekam Metro FC Malang. 

3. Stadion Gelora Brantas

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya Instagram/stadiongelorabrantas

Berikutnya ada Stadion Gelora Brantas yang berada di Jl Sultan Agung, Sisir, Kota Batu. Stadion Gelora Brantas dibangun pada tahun 1984. Kapasitas dari Stadion Gelora Brantas sendiri mencapai 10.000 orang dan menjadi stadion kebanggaam warga Kota Batu. Fungsi utama dari Stadion Gelora Brantas sendiri dimanfaatkan untuk sepak bola dan merupakan kandang dari klub Liga 3 yakni Persikoba Batu. Di luar olahraga, stadion ini juga banyak dimanfaatkan untuk hal lain mulai dari konser musik, shalat id dan beberapa aktivitas lain. 

4. Stadion Kahuripan

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya Instagram/stadionkahuripan

Satu lagi stadion yang ada di Malang Raya adalah Stadion Kahuripan yang berada di Jl Raya Gondanglegi-Dampit, Talok, Turen, Kabupaten Malang. Stadion ini merupakan markas dari klub sepak bola Persekam Metro FC Malang. Stadion ini digunakan pertama kali tahun 1978 dan masih tetap bertahan hingga saat ini. Adapun kapasitas dari Stadion Kahuripan sendiri hanya 5.000 orang saja. 

5. Stadion UMM

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya Ilustrasi stadion. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Tak hanya milik pemerintah, beberapa universitas yang ada di Malang Raya juga membangun stadion untuk kelengkapan fasilitas yang mereka miliki. Salah satunya adalah Stadion Universitas Muhammadiyah Malang yang berada di Jl Karyawiguna, Tegalgondo, Karang Ploso Kabupaten Malang. Stadion ini berada di area kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang. Mulai digunakan pada tahun 1998, Stadion UMM tidak hanya dimanfaatkan oleh mahasiswa saja. Stadion ini juga banyak digunakan oleh beberapa klub profesional yang sedang melakukan TC di Malang. Kapasitas yang dimiliki Stadion UMM sendiri adalah 2.000 orang. 

Baca Juga: Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung Tomo

6. Stadion Universitas Negeri Malang

Dikenal Sebagai Kota Bola, 6 Stadion Yang Ada di Malang Raya IDN Times/Alfi Ramadana

Berikutnya ada Stadion Universitas Negeri Malang yang berada di Jl Cakrawala, kompleks Universitas Negeri Malang. Selain untuk olahraga, Stadion UM banyak dimanfaatkan untuk event lain mulai dari festival jajanan hingga agenda lain. Stadion ini mulai digunakan pada tahun 2008 dan kapasitasnya mencapai 2.000 orang. 

Baca Juga: Mengintip Stadion yang Jadi Venue Piala Dunia U-20

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya