Comscore Tracker

Ronaldinho Nilai Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan Cerah

Ronaldinho sebut pemain muda Indonesia berbakat

Malang, IDN Times - Ronaldinho memulai rangkaian kegiatannya di Malang dengan mengisi kegiatan coaching clinic yang bertempat di Unggul Sport Center pada Minggu (26/6/2022). Dalam kesempatan tersebut mantan bintang Barcelona dan AC Milan itu memuji antusiasme anak-anak muda Indonesia.

1. Nilai pemain muda Indonesia punya bakat bagus

Ronaldinho Nilai Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan CerahBintang sepak bola dunia, Ronaldinho saat memperkuat Timnas Brazil. Instagram/ronaldinho

Dalam kesempatan tersebut, Ronaldinho sedikit membagikan cara bermain sepak bola yang benar. Dirinya menilai bahwa pemain-pemain muda di Indonesia memiliki bakat untuk bisa menjadi pemain bola. Tinggal bagaimana bakat tersebut diarahkan agar bisa berkembang dan maksimal. 

"Saya melihat antusias mereka luar biasa hari ini. Mereka semua memiliki bakat yang bagus untuk bisa menjadi pemain hebat," urainya Minggu (26/6/2022). 

Baca Juga: Meet the Star, Ronaldinho Bakal Hadir di Stadion Kanjuruhan  

2. Sepak bola bukan hanya performa individual

Ronaldinho Nilai Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan CerahBintang sepak bola dunia, Ronaldinho saat memperkuat Barcelona. Instagram/ronaldinho

Lebih jauh, Ronaldinho menyebut bahwa untuk bisa menjadi pemain besar tidak cukup hanya kemampuan individu. Tetapi juga karena kebersamaan di dalam tim. Karena sepak bola adalah permainan tim bukan hanya sekadar permainan individu. 

"Pemain muda harus mau bekerja keras. Selain itu juga mereka harus bisa membangun chemistry satu sama lain," imbuhnya. 

3. Jadi motivasi luar biasa

Ronaldinho Nilai Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan CerahBintang sepak bola dunia, Ronaldinho. Instagram/ronaldinho

Sementara itu, Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana yang juga hadir di acara coaching clinic tersebut memberikan apresiasi terhadap Ronaldinho. Ia menilai kehadiran bintang dunia asal Brazil itu memberikan motivasi kepada bibit-bibit muda pemain sepak bola Indonesia. 

"Sebuah kebanggaan dengan kehadiran Ronaldinho di sini. Ini akan sangat penting sebagai bekal mereka untuk meraih cita-cita sebagai pemain bintang. Apalagi motivasi itu datang dari satu pemain terbaik dunia dengan catatan prestasi luar biasa," katanya. 

4. Jalani berbagai rangkaian agenda di Malang

Ronaldinho Nilai Sepak Bola Indonesia Punya Masa Depan CerahRonaldinho saat memberikan coaching clinic di Unggul Sport Center Malang. Dok/Arema FC

Terlepas dari itu, kehadiran Ronaldinho di Indonesia sendiri merupakan inisiasi dari Rans Nusantara. Selama di Indonesia, pemain 42 tahun itu menjalani berbagai agenda mulai dari meet and great, coaching clinic hingga menjadi bintang tamu pada ajang trofeo Nusantara yang mempertemukan Arema FC, Rans Nusantara dan Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan. 

Baca Juga: Hadapi Ronaldinho, Persik Berharap Pemain Bisa Ambil Pelajaran 

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya