Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedov

Khabibi dulunya fans McGregor lho ternyata

Jakarta, IDN Times - Seorang petarung yang terbilang paling disegani di Ultimate Fighting Championship (UFC) saat ini, Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun dini. Keputusannya pensiun dari dunia seni bela diri campuran (MMA) terjadi usai Khabib menaklukkan Justin Gaethje dalam duel UFC 254.

Duel terakhir Khabib melawan Gaethje terjadi pada Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB. Berikut beberapa fakta-fakta yang dirangkum IDN Times tentang Khabib Nurmagomedov.

Baca Juga: Lupakan Rivalitas, McGregor Doakan Ayah Khabib yang sedang Koma

1. Khabib ternyata dulu penggemar Cornor McGregor

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib NurmagomedovPetarung Irlandia Conor McGregor ketika dikalahkan Khabib Nurmagomedov (Rusia) pada UFC 229, Oktober 2018 lalu. (Stephen McCarthy/Sportsfile via Getty Images/ANTARA FOTO)

Konflik antara Khabib dan petarung UFC asal Irlandia Cornor McGregor seolah tak pernah usai. Siapa sangka, ternyata Khabib dulunya adalah penggemar McGregor.

Melansir dari Russia Beyond, hubungan Khabib dan McGregor sebelumnya berjalan baik. Hingga pada suatu hari sebuah pernyataan dari McGregor disebut-sebut sangat diingat Khabib.

Kala itu, diketahui saat wartawan bertanya bagaimana kondisi teman McGregor, Khabib, dengan santai petarung Irlandia itu menjawab bagi dia tidak ada kata teman dalam bisnis yang digelutinya.

2. Masa kecil yang tak selalu menyenangkan

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Khabib mulai berlatih bertarung sejak berusia lima tahun. Dulu dia melakukan banyak tipe olahraga combat. Mulai dari Freestyle Werstling, Judo, Greco-Roman wrestling, Sambo, hand-to-hand combat, pankration, grappling, hingga jiu-jitsu.

Ayahnya selalu memasukkan Khabib dalam tiap kompetisi, meski Khabib kala itu tak pernah menjadi juara pertama. Pada usianya yang ke-13 dan 14 tahun, Khabib memenangkan gelar kelima dalam sebuah kompetisi.

3. Khabib hampir menjadi penjaga bar

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Khabib pernah mengalami cedera serius di bagian ligamennya pada 2014 dan bahkan pernah mengalami cedera di tulang iganya. Kondisi ini membawanya hampir menjadi petugas keamanan di sebuah klub malam di Russia.

Kondisi ekonomi Khabib kian berat kala itu. Demi menghidupi keluarganya, Khabib sempat berencana menjadi petugas keamanan klub malam dan mengakhiri kariernya di UFC.

Namun rencana ini batal setelah Khabib dapat motivasi dari sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, yang berhasil membangkitkannya dan mengembalikannya kembali ke pertandingan.

4. Khabib punya manajer yang paling kontroversial

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovgoal.com

Siapa tak kenal dengan Ali Abdelaziz. Mantan petarung mixed martial art ini menjadi manajer paling kontroversial sepanjang sejarah UFC.

Ali Abdelaziz pernah menyeberangi perbatasan Amerika Serikat dengan paspor palsu. Akibatnya, petarung berdarah Mesir itu pernah menjalani persidangan. Dia juga diketahui pernah berkasus karena terlibat perkelahian di Las Vegas, Amerika Serikat.

5. Khabib punya gelar pendidikan dan bisa lima bahasa

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Khabib ternyata menyelesaikan pendidikan vokasinya. Dia mendapat gelar dari Makhachkala Finance and Economics College.

Dia bahkan diketahui lulusan dari Plekhanov Russian University dengan gelar sarjana ekonomi. Kemampuan bahasa Khabib juga tak perlu diragukan.

Dia menguasai lima bahasa yakni Kumyk, Avar, Rusia, Turki, dan Inggris. Khabib juga ternyata mampu membaca Bahasa Arab, lho.

6. Istri Khabib merupakan kerabat dekatnya

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovinstagram.com/khabib_nurmagomedov

Hingga saat ini disebutkan belum ada orang, selain Khabib dan keluarga, serta orang terdekat, yang pernah melihat sosok sang istri Patimat. Khabib diketahui terus menutup rapat-rapat kehidupan pendamping hidupnya itu.

Diketahui, istri Khabib ternyata masih kerabat Khabib. Keduanya bahkan merupakan sahabat semasa sekolah dan berasal dari desa yang sama, Sildi.

7. Fakta unik soal berat badan Khabib

Putuskan Pensiun dari UFC, Ini 7 Fakta Menarik Khabib Nurmagomedovwww.instagram.com/khabib_nurmagomedov

Khabib diketahui banyak menambah berat badan di sela-sela pertandingan dan harus dengan cepat menurunkan lagi. Dia bahkan diketahui pernah melakukan dua kali dalam tiga setengah bulan.

Secara total berat badan Khabib yang mendapat julukan The Eagle lebih dari 35 kg, dan rata-rata dalam dua minggu usai berlatih, kekuatan berat badannya bertambah kisaran 20 kg.

Baca Juga: Turuti Permintaan Ibu, Khabib Nurmagomedov Pensiun dari UFC 254

Topik:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya