Gubernur NTB Beberkan Persiapan Lombok Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021

Masyarakat NTB tidak boleh jadi penonton

Jakarta, IDN Times - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah membeberkan bagaimana Lombok dapat menjadi tuan rumah MotoGP 2021 mendatang.

"Nanti mudah-mudahan Valentino Rossi, (Marc) Marquez, bukan hanya kita saksikan di layar televisi tapi bisa disaksikan langsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat," ujar Zulkieflimansyah dalam acara "Ngobrol Seru bareng IDN Times" di IDN Media HQ, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.

Mandalika Street Circuit (Mandalika Sirkuit) di Lombok, NTB, kini sedang dipersiapkan. Selain itu, generasi millennial NTB juga sedang ditempa oleh pemerintah setempat agar dapat memajukan pariwisata NTB ke level yang lebih tinggi.

Baca Juga: Jadwal MotoGP di Sirkuit Mandalika Lombok Diumumkan Agustus 2020

1. MotoGP cara ITDC tarik pengunjung ke NTB

Gubernur NTB Beberkan Persiapan Lombok Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021Kawasan Mandalika Lombok, NTB (IDN Times/Sunariyah)

Zulkieflimansyah menceritakan bagaimana Lombok bisa menjadi tuan rumah gelaran balap motor internasional sekelas MotoGP.

Mandalika, kata Zulkieflimansyah, adalah support priority destination yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Kolaborasi tercipta dari inovasi MotoGP yang memang mencari destinasi baru guna menarik pengunjung di bisnis mereka. Nantinya MotoGP juga akan membangun kluster bisnis lainnya seperti hotel.

ITDC menghidangkan sesuatu yang menarik pada komunitas internasional, dari titik inilah nanti MotoGP mengembangkan daya tariknya di NTB.

"Sehingga MotoGP adalah satu titik dari bisnis mereka secara integral," kata Zulkieflimansyah.

2. Masyarakat NTB tidak boleh hanya jadi penonton

Gubernur NTB Beberkan Persiapan Lombok Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021"Ngobrol Seru bareng IDN Times" di IDN Media HQ, di Jakarta, Kamis, 14 November 2019 (IDN Times/Helmi Shemi)

Jalur yang dibuat untuk balap MotoGP 2021 tidak hanya dirancang untuk balapan, tapi dapat digunakan untuk hal-hal lainnya juga.

Zulkielflimansyah mempersiapkan agar masyarakat NTB akrab pada bisnis, investasi, dan turis. Tapi, dia menegaskan, masyarakat NTB tidak hanya menjadi penonton.

Agar masyarakat NTB bisa terlibat, pemerintah membangun infrastruktur baik itu fisik maupun nonfisik seperti membangun Politeknik Pariwisata, yang mengembangkan generasi muda untuk mengelola pariwisata NTB kedepannya.

"Poltek Pariwisata meng-upgrade, capacity, kemampuan anak-anak kami untuk gak jadi penonton, sehingga betul-betul disiapkan juga SMK-SMK kami," kata Zulkieflimansyah.

3. MotoGP di Mandalika Street Circuit

Gubernur NTB Beberkan Persiapan Lombok Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021Gubernur NTB Zulkieflimansyah (IDN Times/Sunariyah)

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia (ITDC) akan menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 di Mandalika Street Circuit (Mandalika Sirkuit), Lombok, NTB.

Saat ini NTB tengah mempersiapkan momen internasional tersebut dengan membangun Mandalika Sirkuit di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok, NTB.

https://www.youtube.com/embed/Sumy11LUBZk

Baca Juga: Kemenparekraf dan SMF Lanjutkan Kerja Sama Biayai Homestay di Mandalika

Topik:

  • Sunariyah
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya