Comscore Tracker

Baru Berusia 10 Tahun, SEA Games 2019 Jadi Debut Kyandra Kailana

Kyandra rencananya turun pada dua nomor di cabor skateboard

Jakarta, IDN Times - Kyandra Kailana Susanto menjadi salah satu atlet yang mewakili Indonesia di SEA Games 2019 dari cabang olahraga skateboard. Tentunya, event olahraga se-Asia Tenggara ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kyandra. Dia masih berusia 10 tahun dan diprediksi mempunyai masa depan yang cerah.

SEA Games 2019, Filipina ini akan menjadi debut bagi Dyandra. Dia mengaku siap untuk mengharumkan nama bangsa.

"Ini yang pertama kali saya ikut SEA Games, senang sekali. Saya sudah persiapan semuanya sejak tahun lalu di Bandung. Senang rasanya masuk timnas," kata Kyandra dengan mimik wajah antusias.

1. Kyandra mengakui bahwa lawan yang dihadapai di SEA Games bakal berat

Baru Berusia 10 Tahun, SEA Games 2019 Jadi Debut Kyandra KailanaAtlet skateboard Indonesia, Kyandra Kailana Susanto. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kyandra rencananya bakal turun pada dua nomor sekaligus dalam ajang dua tahunan tersebut, salah satunya pada nomor street skateboard. Ia berjanji bakal tampil all out saat menjalani pertandingan pada nomor keduanya.

Namun, ia tak memungkiri bahwa lawan yang dihadapi nanti bukanlah lawan sembarangan. Selain secara usia sudah lebih dewasa, beberapa di antaranya dipastikan sudah memiliki pengalaman yang lumayan banyak. Tak pelak, ia terus mempelajari calon lawan terkuatnya, termasuk tuan rumah Filipina dan Vietnam.

Yang menjadi pertanyaan khalayak tentu bagaimana atlet skateboard yang mengaku belajar banyak dari Spencer Nuzzi itu bisa mengenal olahraga ekstrem tersebut.

Baca Juga: Bikin Bangga! Ini 19 Atlet Sumut yang Akan Bertarung di SEA Games

2. Kyandra mulai jatuh cinta dengan skateboard karena adiknya

Baru Berusia 10 Tahun, SEA Games 2019 Jadi Debut Kyandra KailanaPixabay/StockSnap

Awal perkenalan bocah ini pada olahraga yang ditemukan Frank Nasworthy, peselancar California itu, adalah satu tahun lalu. Itu pun tanpa disengaja, lantaran melihat adiknya yang berusia 6 tahun kala itu asyik belajar skateboard lewat internet.

Video belajar yang diputar tersebut ternyata menarik hati Kyandra. Ia pun tak berpikir panjang untuk mencoba bermain papan seluncur beroda tersebut. Dan, ternyata hal itu membuatnya menjadi gandrung hingga akhirnya serius menekuni skateboard.

Tak mudah bagi Kyandra hingga mahir seperti sekarang. Banyak hal yang harus dilalui, mulai dari latihan keras sampai harus menderita memar atau cedera ringan untuk menjadi atlet profesional. Beruntung kedua orang tuanya, yakni Laksmita Dewi dan Heri Susanto selalu mendukung Kyandra.

3. Kerja keras Kyandra mengantarkannya meraih prestasi sebagai atlet skateboard

Baru Berusia 10 Tahun, SEA Games 2019 Jadi Debut Kyandra KailanaInasgoc

Kariernya juga tak semulus yang orang bayangkan. Menjajal pelbagai kejuaraan nasional tak membuatnya langsung menang. Namun, ia tak patah arang dan berusaha terus-menerus hingga akhirnya bisa mendapatkan beberapa penghargaan.

"Gak langsung bisa juara. Tapi saya enggak kapok, malah tertantang untuk coba terus. Terakhir, menjadi juara pada turnamen skateboard di Depok," beber Kyandra yang mengakui setelah turnamen tersebut dipanggil pelatnas di BSD, Tangerang.

4. Bermimpi meraih medali emas dan mendapatkan bonus untuk membelikan rumah orang tuanya

Baru Berusia 10 Tahun, SEA Games 2019 Jadi Debut Kyandra Kailanahometalk.com

Selayaknya anak-anak, perasaan gugup juga tengah dirasakan Kyandra jelang debutnya ini. Namun, perempuan yang masih berstatus sebagai murid kelas lima Sekolah Dasar Darma Karya, Tangerang Selatan itu selalu mengingat pesan kedua orang tuanya untuk berdoa agar bisa lebih lepas dan termotivasi.

"Mama dan papa bilang do your best saja. Yah minimal bisa mengalahkan satu dua lawan di sana (SEA Games)," kata atlet kelahiran 5 Maret 2009 itu.

Motivasinya pun dipastikan bakal bertambah saat melangsungkan pertandingan di SEA Games edisi ke-30 nanti. Maklum, ibunya dipastikan hadir untuk menyaksikan secara langsung Kyandra berlaga Filipina.

Harapan tinggi untuk meraih medali emas pun kini didengungkan oleh salah satu atlet muda kontingen Indonesia dalam SEA Games nanti. Sebab, ia bermimpi untuk bisa membelikan kedua orang tuanya rumah hasil dari bonus medali yang diraih.

Baca Juga: Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya