Kyandra Kailana, Atlet Berusia 10 Tahun Wakil Indonesia di SEA Games!

Kyandra rencananya turun pada dua nomor di cabor skateboard

Jakarta, IDN Times - Kontingen Indonesia bertekad mencatatkan prestasi maksimal di SEA Games 2019 Filipina yang bakal dihelat 30 November - 11 Desember, tak terkecuali dengan atlet yang bakal turun dalam cabang olahraga skateboard, Kyandra Kailana Susanto.

Perawakannya memang tak begitu terlihat seperti atlet pada umumnya yang memiliki badan tegap dan tinggi. Maklum, Kyandra baru berusia 10 tahun. Ia menjadi salah satu atlet yang bakal menjalani debut perdananya mentas di panggung internasional.

"Ini yang pertama kali saya ikut SEA Games, senang sekali. Saya sudah persiapan semuanya sejak tahun lalu di Bandung. Senang rasanya masuk timnas," kata Kyandra dengan mimik wajah antusias.

1. Kyandra tak menampik lawan yang dihadapai di SEA Games bakal berat

Kyandra Kailana, Atlet Berusia 10 Tahun Wakil Indonesia di SEA Games!Atlet skateboard Indonesia, Kyandra Kailana Susanto. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Kyandra rencananya bakal turun pada dua nomor sekaligus dalam ajang dua tahunan tersebut, salah satunya pada nomor street skateboard. Ia berjanji bakal tampil all out saat menjalani pertandingan pada nomor keduanya.

Namun, ia tak memungkiri bahwa lawan yang dihadapi nanti bukanlah lawan sembarangan. Selain secara usia sudah lebih dewasa, beberapa di antaranya dipastikan sudah memiliki pengalaman yang lumayan banyak. Tak pelak, ia terus mempelajari calon lawan terkuatnya, termasuk tuan rumah Filipina dan Vietnam.

Yang menjadi pertanyaan khalayak tentu bagaimana atlet skateboard yang mengaku belajar banyak dari Spencer Nuzzi itu bisa mengenal olahraga ekstrem tersebut.

Baca Juga: Bikin Bangga! Ini 19 Atlet Sumut yang Akan Bertarung di SEA Games

2. Kyandra mulai mencintai skateboard karena adiknya

Kyandra Kailana, Atlet Berusia 10 Tahun Wakil Indonesia di SEA Games!Pixabay/StockSnap

Awal perkenalan bocah ini pada olahraga yang ditemukan Frank Nasworthy, peselancar California itu, adalah satu tahun lalu. Itu pun tanpa disengaja, lantaran melihat adiknya yang berusia 6 tahun kala itu asyik belajar skateboard lewat internet.

Video belajar yang diputar tersebut ternyata menarik hati Kyandra. Ia pun tak berpikir panjang untuk mencoba bermain papan seluncur beroda tersebut. Dan, ternyata hal itu membuatnya menjadi gandrung hingga akhirnya serius menekuni skateboard.

Tak mudah bagi Kyandra hingga mahir seperti sekarang. Banyak hal yang harus dilalui, mulai dari latihan keras sampai harus menderita memar atau cedera ringan untuk menjadi atlet profesional. Beruntung kedua orang tuanya, yakni Laksmita Dewi dan Heri Susanto selalu mendukung Kyandra.

3. Butuh kerja keras bagi Kyandra hingga bisa berprestasi menjadi seorang atlet skateboard

Kyandra Kailana, Atlet Berusia 10 Tahun Wakil Indonesia di SEA Games!Inasgoc

Kariernya juga tak semulus yang orang bayangkan. Menjajal pelbagai kejuaraan nasional tak membuatnya langsung menang. Namun, ia tak patah arang dan berusaha terus-menerus hingga akhirnya bisa mendapatkan beberapa penghargaan.

"Gak langsung bisa juara. Tapi saya enggak kapok, malah tertantang untuk coba terus. Terakhir, menjadi juara pada turnamen skateboard di Depok," beber Kyandra yang mengakui setelah turnamen tersebut dipanggil pelatnas di BSD, Tangerang.

4. Kyandra ingin raih medali emas dan mendapatkan bonus untuk belikan rumah untuk orang tuanya

Kyandra Kailana, Atlet Berusia 10 Tahun Wakil Indonesia di SEA Games!hometalk.com

Selayaknya anak-anak, perasaan gugup juga tengah dirasakan Kyandra jelang debutnya ini. Namun, perempuan yang masih berstatus sebagai murid kelas lima Sekolah Dasar Darma Karya, Tangerang Selatan itu selalu mengingat pesan kedua orang tuanya untuk berdoa agar bisa lebih lepas dan termotivasi.

"Mama dan papa bilang do your best saja. Yah minimal bisa mengalahkan satu dua lawan di sana (SEA Games)," kata atlet kelahiran 5 Maret 2009 itu.

Motivasinya pun dipastikan bakal bertambah saat melangsungkan pertandingan di SEA Games edisi ke-30 nanti. Maklum, ibunya dipastikan hadir untuk menyaksikan secara langsung Kyandra berlaga Filipina.

Harapan tinggi untuk meraih medali emas pun kini didengungkan oleh salah satu atlet muda kontingen Indonesia dalam SEA Games nanti. Sebab, ia bermimpi untuk bisa membelikan kedua orang tuanya rumah hasil dari bonus medali yang diraih.

https://www.youtube.com/embed/zooOle319ro

Baca Juga: Para Srikandi Indonesia yang Siap Ukir Prestasi di SEA Games 2019

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya