Comscore Tracker

Sapu Bersih Emas Tenis, Jatim Posisi 2 Klasemen PON XX Papua

Tapi selisih medali dengan DKI Jakarta cukup jauh

Surabaya, IDN Times - Provinsi Jawa Timur akhirnya menduduki posisi tiga besar klasemen sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Menyalip DKI Jakarta dan tuan rumah, Jatim kini berada di peringkat kedua tepat di bawah Jawa Barat.

1. Jatim peringkat 2 di klasemen sementara PON Papua

Sapu Bersih Emas Tenis, Jatim Posisi 2 Klasemen PON XX PapuaKlasemen sementara perolehan medali di PON XX Papua.

Berdasarkan data klasemen sementara terbaru dari PB PON yang diakses pada Jumat (8/10/2021) pagi, para atlet telah menyumbang total 138 medali untuk Jatim. Jumlah ini sebenarnya memang jauh lebih sedikit dibanding DKI Jakarta di posisi ketiga dengan 154 medali. Hanya saja, Jatim unggul 1 medali emas dari DKI Jakarta yaitu 55 dibanding 54 medali. Selisih emas ini mengantarkan Jatim menduduki posisi kedua klasemen sementara.

"Jawa Timur berhasil menyusul di peringkat kedua PON XX Papua 2021. Alhamdulillah," ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di akun Instagramnya, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: 2 Atlet Jatim di PON XX Papua Positif COVID-19 

2. Tenis dan selam kolam sumbang banyak medali bagi Jatim

Sapu Bersih Emas Tenis, Jatim Posisi 2 Klasemen PON XX PapuaSejumlah orang berpakaian adat nusantara menari di halaman Kantor Gubernur Papua, Sabtu (19/6/2021). Jelang 105 hari Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 edisi Kota Jayapura di tandai pemukulan tifa, pelepasan balon lampion ke udara, tarian nusantara. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Medali terbaru bagi Jatim disumbang oleh cabang olahraga dayung dengan nomor pertandingan coxless pair (M2-) putra pada Jumat pagi. Medali perak ini dipersembahkan oleh Bagas Ade Muarif dkk.

Sedangkan medali emas terbaru untuk Jatim dipanen di cabor tenis lapangan pada 5 nomor pertandingan, selam kolam di 6 nomor pertandingan, serta aero modeling di 1 nomor pertandingan. Dengan banyaknya sumbangan emas dalam satu hari, Khofifah masih optimistis Jatim dapat menjadi juara umum.

"Semoga bisa peringkat 1. Ayo Jatim gaspol terus! Jangan kasih kendor," ungkap Khofifah menyemangati.

3. Jatim sapu bersih emas di cabor tenis

Sapu Bersih Emas Tenis, Jatim Posisi 2 Klasemen PON XX PapuaAtlet tenis lapangan dari Jatim saat berlaga di PON ke-XX Papua. Dok Istimewa.

Selain selam kolam yang sudah menyumbang 11 medali, salah satu cabor andalan saat ini adalah tenis lapangan. Bagaimana tidak, Jatim berhasil menyapu bersih medali emas dari 7 nomor pertandingan cabor tenis lapangan. Selain itu, 1 perak dan 2 perunggu juga disumbang para atlet tenis. Bahkan, pada kategori ganda campuran, Jatim tak memberi celah bagi provinsi lain dengan merebut medali emas dan perak sekaligus.

"Ini artinya Jatim juara umum di cabor tersebut. Terima kasih semua atlet dan pelatih. Buat cabor lain, perjuangan jangan kasih kendor. Bawa pulang medali emas sebanyak-banyaknya ke Bumi Majapahit," tutur Khofifah.

Baca Juga: Sapu Bersih 7 Emas, Jatim Juara Umum Tenis PON XX Papua

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya