Posisi 4 Klasemen Sementara PON Papua, Ini Raihan Emas Atlet Jatim

Khofifah akan hadir langsung untuk semangati atlet

Surabaya, IDN Times - Kontingen Jawa Timur menempati posisi keempat dalam klasemen sementara, PON XX Papua 2021. Sebanyak 11 medali emas mereka raih. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pun akan menyusul para atlet untuk memberikan semangat secara langsung di Papua.

1. Jatim ada di posisi keempat dengan 34 medali

Posisi 4 Klasemen Sementara PON Papua, Ini Raihan Emas Atlet JatimVenue voli indoor PON XX Papua di Koya Koso, Muaratami, Kota Jayapura, Papua, Selasa (22/6/2021). (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Selain 11 medali emas, kontingen Jatim juga mengantongi 15 perak, dan 8 perunggu. Jatim berada tepat di bawah Jabar dengan perolehan medali 11 emas, 15 perak, dan 25 perunggu. Sementara DKI Jakarta betah berada di puncak klasemen dengan 28 medali emas, 15 perak, dan 20 perunggu yang kemudian disusul tuan rumah, Papua dengan 17 emas, 5 perak, dan 13 perunggu.

"Prestasi ini membawa kebanggaan dan kebahagiaan untuk seluruh rakyat Jawa Timur. Hingga 1 Oktober 2021, Jatim telah meraih 11 medali emas, 15 perak, dan 8 perunggu. Terimakasih kepada seluruh atlet Jatim yang telah berjuang untuk provinsi kita tercinta Jawa Timur,” ujar Khofifah, Sabtu (2/10/2021).

2. Wushu sumbang medali terbanyak bagi Jatim

Posisi 4 Klasemen Sementara PON Papua, Ini Raihan Emas Atlet JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021 di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (1/10). Dok. Humas Pemprov Jatim.

Cabang olahraga (Cabor) yang menyumbang medali emas terbanyak adalah wushu dengan 4 medali. Sedangkan panjat tebing menyumbang 3 medali emas, sepatu roda 2 medali emas, diikuti sepak takraw dan judo masing-masing 1 medali emas.

Wushu juga penyumbang terbanyak madeli perak yaitu 4 buah. Dilanjut panjat tebing, judo, sepatu roda, dan senam artistik masing-masing memperoleh 2 medali perak serta Cabor terbang layang, sepak takraw, dan taekwondo memperoleh 1 medali perak.

Sementara medali perunggu paling banyak disumbang Cabor judo sebanyak 3 medali lalu sepatu roda dan wushu masing-masing meraih 2 medali perunggu. Terakhir, Cabor senam artistik meraih 1 medali perunggu.

“Raihan medali ini tentunya juga menjadi penyemangat bagi seluruh atlet dan seluruh masyarakat Jawa Timur,” tutur Khofifah.

Baca Juga: Atlet Jatim Siap 'Panen' Medali di PON XX Papua

3. Khofifah hadir langsung di Papua untuk semangati atlet

Posisi 4 Klasemen Sementara PON Papua, Ini Raihan Emas Atlet JatimPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Untuk mengapresiasi dan memberi motivasi kepada para atlet, Khofifah bertolak ke Papua sekaligus mengikuti prosesi seremonial pembukaan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia berharap, kehadirannya bisa menambah semangat bagi para atlet agar bisa menambah pundi-pundi emas bagi Jatim.

"Mohon doa kepada seluruh warga Jawa Timur di mana saja, bukan hanya warga Jawa Timur yang di Jawa Timur, warga Jawa Timur di mana saja mohon di doakan mudah mudahan seluruh kontingen PON XX dari Jawa Timur semuanya bisa memberikan yang terbaik prestasi tertinggi, semuanya sehat, aman, lancar," tutupnya.

Baca Juga: PON Papua Jadi Ajang Pemain Muda IBL Panaskan Mesin

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya