Achmad Fauzi Jadi Ketua Percasi Jatim: Pembibitan Tingkat Desa!

Skakmat!

Surabaya, IDN Times - Achmad Fauzi terpilih sebagai Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Jawa Timur (Jatim) dalam pemilihan yang dilangsungkan di KONI Jatim pada Minggu (28/5/2023).

Pria yang juga Bupati Sumenep ini mendapatkan 33 dukungan dari 33 pemilik suara. Usai terpilih, Fauzi memastikan akan terus berusaha untuk membawa Percasi Jatim semakin maju dan berkembang.

Salah satu program yang akan Fauzi lakukan yakni meningkatkan pembinaan usia dini. Ini dilakukan agar atlet catur Jawa Timur bisa meraih prestasi membanggakan di semua kegiatan, baik skala nasional atau juga internasional.

“Yang pertama itu unggul. Lalu maju dan berdaya saing. Unggul ini akan mempersiapkan sumber daya Manusia yang berkaitan dengan atlet catur, dengan memulai pembinaan usia dini,” kata Fauzi.

Menurut Fauzi, untuk mencari bibit atlet terbaik di Jatim, pihaknya akan menggandeng pengurus di kabupaten/kota untuk melakukan jemput bola. Di antaranya adalah menggelar event dan turnamen hingga tingkat kecamatan dan desa.

“Partisipasi dari daerah harus terbuka dan jangan tertutup, pasti akan turun ke bawah untuk mencari bibit unggul,” tambahnya.

Fauzi juga memastikan akan transparan dalam mengelola anggaran di Percasi Jatim. Hal itu sangat penting, agar kinerja Percasi Jatim lebih maksimal dan akuntabel. “Secara manajemen harus akuntabel dan terbuka, sehingga tidak ada kecuriagaan karena organisasi itu harus terbuka termasuk berkaitan dengan keuangan,” jelasnya.

Fauzi juga berharap agar semua pengurus Percasi Jatim bisa lebih kompak untuk bekerja mencari bibit-bibit atlet baru. Menurut dia, setelah tim formatur terbentuk dan susunan kepengurusan disahkan, Percasi Jatim segera menggelar kejuaran dan turnamen di daerah.

Fauzi optimistis Percasi Jatim bisa meraih prestasi maksimal, baik di Kejurnas dan PON 2025. “Pasti kita akan berjuang keras meraih target itu. Dari pengurus lama sudah menargetkan agar prestasi yang bisa diperoleh bisa berlipat-lipat,” tegasnya.

Wakil Ketua Percasi Jatim demisioner, Yusuf Satriono optimistis Fauzi bisa menjadikan Jatim sebagai kiblat catur nasonal. Menurut dia, visi-misi bupati Fauzi untuk mengagendakan kejuaran di daerah patut diapresiasi.

“Mudah-mudahan nanti di Kejurnas kembali lagi ke tangan Jatim. Kalau di PON harus belajar banyak dari Jabar dan Jatim,” katanya.

Baca Juga: Elektabilitas 3 Besar di Jatim: Khofifah, Emil, dan Fauzi

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya