Comscore Tracker

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwan

Secara perhitungan sains mungkin, tapi apa kamu percaya?

Mendengar kata “kiamat” siapa sih yang gak merinding? Sedari kecil, pasti kebanyakan dari kita menggambarkan kiamat sebagai fenomena akhir zaman yang penuh dengan ketakutan dan beragam cerita mitos yang diajarkan pada kita, beragam kitab agama juga sudah menggambarkannya. Meski begitu, pernahkah terpikirkan olehmu apakah fenomena akhir zaman ini dapat dilihat melalui kacamata ilmiah? Dan bagaimana?

Para ilmuwan sendiri ternyata telah mengira-ngira terkait peristiwa ini. Melalui pengamatan dan analisis mereka, diketahui setidaknya terdapat sembilan faktor yang bisa menjadi pemicu terjadinya kiamat.

Kesembilan faktor ini dilihat dari perkembangan teknologi serta fenomena alam yang sedang terjadi. Ini dia ulasannya:

1. Pemanasan global

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwantheblackvault.com

Dilansir dari data yang dikembangkan oleh NASA, selama satu abad terakhir ini permukaan laut telah naik hingga 17 sentimeter ditambah dengan ketebalan es di antartika yang terus menipis sepanjang beberapa dekade ini. Data ini menunjukkan bahayanya konsekuensi yang ditimbulkan fenomena pemanasan global ini.

Makanya, tidak sedikit ilmuwan yang meramalkan bahwa kiamat dapat terjadi karena pemanasan global. Dengan tingkat polusi dan suhu global yang semakin meninggi, dalam jangka panjang dapat memicu kerusakan ekosistem, kekeringan, bahkan kelaparan. Akhirnya tidak mustahil apabila dunia bisa menjadi tidak layak ditempati manusia lagi.

2. Bencana meteor

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanhowitworksdaily.com

Masih ingat bagaimana populasi dinosaurus dapat punah jutaan tahun yang lalu? Tak lain disebabkan oleh serangan meteor. Dilansir dari Gizmodo, bencana semacam ini bisa saja terjadi kembali dan menimpa manusia.

Dicontohkan melalui peristiwa jatuhnya meteor di sebuah wilayah di Rusia pada 1908 silam yang berhasil menghancurkan hutan seluas 2.000 km persegi dan juga ditambah dengan kenyataan banyaknya jumlah asteroid di ruang angkasa namun hanya sebagian yang posisinya dapat dilacak oleh para ahli astronomi. Maka, dapat diprediksi peristiwa semacam ini dapat terjadi lagi sewaktu-waktu.

3. Wabah penyakit

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanstuckincustoms.com

Jangan remehkan bahaya suatu penyakit, bahkan penyakit yang terkesan tidak berbahaya seperti influenza saja ternyata pernah menjadi penyebab wabah mematikan yang menewaskan lebih dari 20 juta nyawa pada masa Perang Dunia pertama dulu. Memang perkembangan ilmu medis sudah jauh lebih canggih ketimbang di masa lalu, namun tidak menutup kemungkinan kasus yang sama dapat terjadi kembali dan bahkan bisa mengancam seluruh manusia seperti yang diramalkan oleh ilmuwan.

Bisa dilihat dari beberapa kasus yang terjadi selama beberapa dekade ini seperti wabah SARS, MERS, bahkan Ebola membuktikan ancaman bahaya yang dihasilkan sebuah penyakit. Terlebih lagi dengan perkembangan globalisasi yang memudahkan seseorang bertransportasi menjadikan penyebaran sebuah penyakit dapat berlangsung lebih cepat.

4. Perang nuklir

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanfukushimawatch.com

Peristiwa bom atom di Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945 membuktikan bahaya dari dampak penggunaan salah satu senjata pemusnah massal ini. Perjanjian internasional memang sudah dibuat untuk membatasi penyebaran dan penggunaan senjata nuklir, namun tidak dapat menjamin kalau perang nuklir tidak akan terjadi.

Dilansir dari laman berita Independent, sudah ada 16.300 senjata nuklir yang dimiliki oleh sembilan negara di dunia. Dapat dibayangkan apabila sewaktu-waktu timbul perang yang mengharuskan kesembilan negara tersebut menggunakan senjata nuklirnya, tentunya dampaknya akan sangat berbahaya.

Baca Juga: Berani Coba Tes yang Bisa Menilai Kamu Gila atau Tidak Ini?

5. Perang senjata biologis

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanredorbit.com

Selain perang nuklir, penggunaan senjata biologis dalam peperangan juga dianggap berpotensi membahayakan bagi umat manusia. Senjata biologis tak lain adalah senjata yang dibuat dengan memanfaatkan patogen seperti bakteri atau virus yang telah dimodifikasi dengan tujuan untuk melumpuhkan lawan. Penyebaran senjata ini yang bisa dilakukan melalui udara menjadikan penggunaan senjata ini sangat mematikan dan apabila dimanfaatkan dalam skala yang besar, bisa mengancam banyak nyawa.

6. Ledakan populasi

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanbugout.news

Pertumbuhan populasi merupakan hal yang tidak bisa dihindarkan. Dilansir dari Live Science, pertumbuhan populasi yang kian pesat bisa menjadi hal yang membahayakan.

Apabila dibiarkan dan tidak dikendalikan, kelaparan dan kemiskinan menjadi tidak terhindar. Hal semacam ini lah yang menjadi ketakutan para ilmuwan dan dianggap bisa berujung pada kiamat.

7. Erupsi vulkanik

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanyoutube.com

Dilansir dari Tech Times, erupsi vulkanik atau ledakan gunung berapi bisa menjadi salah satu penyebab kiamat. Masih ingat tragedi erupsi gunung Krakatau di Indonesia pada tahun 1883?

Erupsi ini dikabarkan menjadi salah satu bencana erupsi paling mematikan sepanjang sejarah dan menghabiskan 40.000 nyawa. Bencana erupsi vulkanik masih dianggap sebagai ancaman yang tidak bisa diremehkan, apalagi mengingat masih ada gunung-gunung vulkanik dengan tingkat erupsi ‘super’ yang masih aktif sampai saat ini.

8. Jamur

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanen.wikipedia.org

Tidak cuma bakteri atau virus yang bisa memicu wabah mematikan, jamur juga memiliki bahayanya sendiri. Beberapa spesies jamur disinyalir bisa memiliki dampak mematikan hingga turut memicu kepunahan.

Seperti yang dilansir dari Science, sekitar 250 juta tahun yang lalu pernah terjadi kepunahan massal yang menimpa berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Peristiwa ini diduga disebabkan oleh jamur berbahaya yang menyebar luas di zaman tersebut. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan apabila suatu saat terjadi wabah jamur berbahaya yang menimpa manusia.

9. Serangan robot

9 Faktor Ini Jadi Pemicu Kiamat Secara Sains Menurut Para Ilmuwanyoutube.com

Faktor yang satu ini memang terdengar konyol, tapi kalau kita memperhatikan bagaimana teknologi telah mengalami perkembangan pesat, tentu saja tidak mustahil terjadi. Artificial Intelligence (AI) atau yang diartikan dengan kecerdasan buatan merupakan teknologi yang sedang marak dikembangkan dan telah diterapkan di berbagai bidang, termasuk militer.

Maka, tidak menutup kemungkinan apabila suatu saat peralatan militer menjadi semakin canggih hingga memanfaatkan penggunaan robot sebagai senjatanya, layaknya di film Terminator. Apabila digunakan untuk tujuan yang tidak baik, dapat menimbulkan ancaman berbahaya.

Ancaman ini bahkan tidak disepelekan oleh organisasi pemerintahan internasional Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Melalui halaman situsnya, negara-negara anggota PBB pernah membahas potensi bahaya ‘robot pembunuh’ dan berharap dapat mencegah penggunaan teknologi semacam ini agar tidak memicu pelanggaran hak asasi manusia.

Mungkin beberapa faktor di atas akan terdengar tidak masuk akal dan mustahil menurut kamu. Terlebih, mengingat terbatasnya ilmu pengetahuan manusia, tentu hal-hal semacam itu tidak selalu bisa dijadikan acuan dalam memprediksi kiamat.

Namun, jika kamu amati lebih baik kesembilan faktor tersebut, sebagian besar di antaranya tidak lepas dari peran manusia sendiri. Dari sini setidaknya kita bisa mempelajari suatu hal bahwa segala tindakan yang kita ambil memiliki konsekuensinya masing-masing, mulai dari yang menyangkut hidup kita sendiri, sampai yang menyangkut keberlangsungan hidup orang lain.

Baca Juga: Ini Jumlah Maksimum Planet yang Bisa Ditampung Tata Surya Kita

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You