Comscore Tracker

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unik

Ngorok juga gak ya?

Adaptasi hewan dengan lingkungannya ternyata mempengaruhi cara mereka saat tidur. Tak seperti manusia yang tidur sambil rebahan, beberapa hewan menghabiskan waktu tidur mereka dengan posisi yang bermacam-macam.

Mau tahu, hewan apa yang punya cara tidur paling unik dan anti-mainstream? Simak jawabannya lewat artikel berikut ini! Geser layarmu ke bawah untuk membaca, ya!

1. Jerapah

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikboredpanda.com

Si leher panjang ini ternyata hanya tidur selama 30 menit dalam sehari! Di alam liar, tidur di alam terbuka adalah hal yang berisiko dan membuat mereka diincar oleh pemangsa.

Oleh karena itu, jerapah tidur dengan kepala dan leher yang bertumpu pada badan bagian belakang. Posisi ini membuat mereka sigap untuk berlari bila ancaman datang.

2. Lumba-lumba

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikanimalsake.com

Bagaimana cara lumba-lumba tidur di air tanpa tenggelam? Rupanya, mereka tidur dengan menutup setengah otak dan satu mata tetap terbuka.

Lumba-lumba harus tetap sadar saat tertidur untuk menghindarkan mereka dari risiko tenggelam. Selain itu, posisi ini menghindarkan mereka dari bahaya atau predator, ungkap laman One Kind Planet.

3. Berang-berang laut

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikboredpanda.com

Berang-berang laut adalah mamalia yang tidur dengan cara mengambang di permukaan air. Ini dilakukan untuk menghindari pemangsa yang berkeliaran di darat.

Agar tidak terseret arus air, mereka akan bergandengan tangan dengan sesama berang-berang, jelas laman One Kind Planet. Ih, gemes banget deh!

4. Burung Great Frigatebirds

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikjustbirding.com

Kalau berang-berang laut tidur mengambang di permukaan air, maka burung great frigatebird tidur sambil terbang! Burung ini tergolong kuat karena bisa terbang selama 10 hari non-stop.

Mereka akan tidur selama 40 menit sampai 1 jam dalam satu waktu saat terbang, terang laman One Kind Planet. Unik banget ya?

5. Kelelawar

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikpopsci.com

Membicarakan gaya tidur yang aneh, tidak sah kalau tidak menyertakan kelelawar dalam daftar. Hewan ini tidur terbalik dengan kaki yang menggantung di dahan pohon.

Kelelawar tidak takut jatuh, sebab cakar mereka akan menahan dengan kuat. Posisi tidur ini memungkinkan mereka untuk langsung terbang apabila ada bahaya yang mengancam.

Baca Juga: 5 Hewan Unik Ini Hidup di Sungai Nil, Mana yang Paling Menakutkan?

6. Bebek

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikistockphoto.com

Ada hewan yang tidur secara berkelompok untuk memastikan kawanannya tetap aman. Itulah yang dilakukan oleh bebek.

Unggas ini cenderung tidur berjajar dan berdampingan. Bebek yang berada di posisi terluar akan tidur dengan satu mata terbuka untuk mengawasi keadaan, sementara bebek yang ada di tengah akan menutup kedua matanya.

7. Simpanse

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Uniktheguardian.com

Bukti bahwa simpanse merupakan hewan yang cerdas adalah mereka akan membangun sarang yang nyaman di atas pohon. Ranjang ini dibuat dari tumpukan dahan dan daun yang nyaman. Sarang ini melindungi simpanse dari ancaman pemangsa. Simpanse akan memilih pohon yang paling kokoh sebagai tempat tidur mereka.

8. Kuda

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikanimalfriends.co.uk

Beberapa kuda memilih tidur sambil duduk, tapi ada beberapa di antaranya yang tidur sambil berdiri. Dengan tidur sambil berdiri, kuda dengan cepat melarikan diri jika ada bahaya.

Kuda tidak akan terjatuh saat tidur karena mereka akan mengunci anggota badan mereka di tempat. Ini biasa dilakukan oleh kuda yang tinggal di alam liar.

9. Meerkat

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikdreams.co.uk

Kawanan meerkat dipimpin oleh alpha-female dan alpha-male. Cara tidurnya sama seperti bebek, yakni tidur dalam kawanan untuk menjaga satu sama lain agar tetap aman. Biasanya, meerkat yang jadi pemimpin kawanan akan tidur di tengah untuk menghindarkan mereka sejauh mungkin dari bahaya, ungkap laman One Kind Planet.

10. Walrus

Mengambang hingga Berdiri, 10 Hewan Ini Miliki Cara Tidur Unikart.com

Terakhir, ada walrus yang memiliki cara tidur cukup unik. Walrus bisa tidur di darat dan di air. Jika mereka memilih tidur di air, mereka akan mengapung dengan kepala terletak di permukaan air. Hal ini dilakukan untuk mengisi kantong faring dengan udara. FYI, kantong faring ialah kantong elastis yang ada di kedua sisi kerongkongan mereka.

Nah, itulah 10 hewan dengan cara tidur paling unik dan anti-mainstream. Kalau kamu, paling kagum sama cara tidur hewan yang mana nih?

Baca Juga: Miris! 5 Hewan Unik Ini Tercatat Alami Kepunahan Massal di Abad Ke-20

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya