Comscore Tracker

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petir

Hanya terjadi pada 1 dari 13 ribu kejadian

Musim hujan tak hanya berpotensi mendatangkan banjir dan badai. Namun, beberapa musibah lain terkadang muncul di musim tersebut. Salah satunya adalah sambaran petis pada manusia. Meski langka, dengan hanya 1 dari 13 ribu kejadian, sambaran petir pada manusia merupakan fenomena yang mengerikan.

Ketika berbicara mengenai bagaimana rasanya disambar petir, penting untuk mengetahui bahwa petir adalah aliran listrik yang sangat besar. Tersetrum alat elektronik tidak apa-apanya. Maka dari itu, sebagian besar orang yang tersambar petir tidak akan selamat.

Jika kamu penasaran dengan apa yang terjadi di tubuhmu ketika disambar petir, simak fakta-faktanya berikut ini!

1. Sebelum sambaran petir sampai ke tubuhmu, rambutmu akan berdiri terlebih dahulu

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petirpinimg.com

Beberapa orang yang selamat dari sambaran petir mengakui hal ini. Ada juga yang melaporkan bahwa mereka merasa semua logam yang dipakai saat itu bergetar. Jika kamu mengalami hal ini bersamaan dengan suara petir, sebaiknya segera mencari tempat untuk berlindung sebelum terlambat.

2. Korban akan merasa terpukul sangat keras

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petirinternapcdn.net

Orang-orang yang pernah mengalaminya mengaku bahwa tubuh mereka seakan ditangkap dan ditabrak oleh kereta barang. Saat petir menyambarmu, kamu tidak akan mengetahui apa yang terjadi di sekitar dan tidak memiliki kontrol akan tubuhmu.

3. Luka bakar yang luar biasa akan kamu alami

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petirspringscenterbuilding.info

Tentunya karena mengandung aliran listrik, tubuh akan mendapatkan luka bakar. Dilansir dari Mindblowing Facts, panas yang dibawa oleh petir lima kali lebih besar daripada panas matahari yang biasa dirasakan manusia.

Namun rasa panas baru akan terasa setelah petir menyambar. Luka yang dihasilkan pun tidak biasa. Tubuh korban akan mendapatkan luka berbentuk petir, atau menyerupai ranting pohon, akibat gelombang panas yang mengalir di tubuh. Bahkan ada beberapa orang yang kehilangan tangannya karena luka bakar yang terlalu parah.

Baca Juga: 7 Hujan Paling Aneh yang Pernah Terjadi di Dunia, Penyebabnya Beragam!

4. Suara petir akan merusak gendang telinga

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petirhappyearshearing.com

Salah satu cedera paling umum yang disebabkan oleh petir adalah rusaknya gendang telinga. Ini karena petir menghasilkan gelombang kejut yang besar di sekitar area sambarannya.

Jika kamu berada di area tersebut, gelombang akan mengalir di tubuh, merusak mata, organ internal, dan tak terkecuali telinga. Tenaganya akan membuatmu tidak bisa mendengar dalam beberapa saat.

5. Tubuh mengalami kejang yang tidak pernah berhenti sepenuhnya

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petirmedclinic-profi.ru

Gelombang listrik dari petir juga akan menyerang sistem saraf. Karenanya, tubuh akan jatuh dan mengalami kejang hebat yang kemungkinan tidak akan berhenti sepenuhnya. Sebagian korban tersambar petir mengaku bahwa mereka menderita kejang permanen seperti penderita parkinson.

6. Petir bisa menghentikan detak jantung manusia

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petiririshtimes.com

Kebanyakan orang yang meninggal setelah tersambar petir bukan karena luka bakar, melainkan akibat serangan jantung. Besar listrik yang dibawa petir mampu mengejutkan jantung hingga tidak berdetak lagi.

7. Apa yang terjadi jika selamat dari sambaran petir?

Ngeri, Inilah 7 Hal yang Terjadi Saat Tubuh Manusai Tersambar Petiraginginplace.org

Bagian tersulit dari tersambar petir adalah efek sampingnya. Dokter dan ilmuwan tidak selalu tahu pasti apa yang harus mereka lakukan, karena yang paling terdampak adalah sistem saraf.

Korban berpotensi untuk kehilangan ingatan, kesulitan berbicara atau bergerak, hingga berubah kepribadiannya. Sebagian korban bahkan menjadi alergi terhadap logam.

Efek samping dari tersambar petir dapat berlangsung sementara atau permanen. Ini tergantung pada seberapa besar efek petir di tubuh masing-masing orang. Walaupun kecil kemungkinan seseorang untuk tersambar petir, sebaiknya tetap hati-hati ya!

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Mei, Ada Hujan Meteor yang Siap Temani Sahurmu! 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya