Comscore Tracker

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depan

Tinggal nunggu jasa open trip nih

Dari sekian banyak planet lain di tata surya, Mars disebut menjadi tempat yang paling mungkin ditempati oleh manusia di masa depan. Klaim itu disampaikan oleh badan antariksa internasional, NASA. Itulah kenapa sejak tahun 2018, para astronaut sudah melakukan sejumlah eksplorasi untuk menjelajah planet merah tersebut.

Hasil observasi menunjukkan ada beberapa lokasi unik. Nah, siapa tahu seiring dengan kedatangan manusia ke Mars, lokasi-lokasi menarik bisa jadi tempat wisata. 

1. Gunung bernama Olympus Mons

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanthenotitia.com

Yang pertama adalah Olympus Mons. Buat kamu para pendaki gunung, lokasi ini tentu akan sangat menantang. Selain menjadi gunung berapi paling besar di tata surya,  ukurannya pun tiga kali lebih besar daripada Gunung Everest. Tingginya mencapai 25 kilometer sedangkan luas permukaannya kira-kira sebesar 290 ribu kilometer persegi. 

Untungnya, Olympus Mons termasuk gunung api perisai. Jadi erupsinya akan meleleh ke sekitar permukaan, tidak meledak. Olympus Mons juga tergolong cukup mudah untuk ditaklukkan. Gak lengkap rasanya jika kamu ke Mars tanpa mengunjungi gunung yang satu ini. 

2. Gunung berapi bernama Tharsis

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanpinimg.com

Olympus Mons terletak di sebuah ‘kompleks’ gunung berapi bernama Tharsis. Oleh karena itu, jika pergi ke sana, akan ada banyak gunung api lain yang bisa kamu kunjungi.

Di antaranya adalah Ascraeus Mons, Pavonis Mons, dan Arsia Mons. Semuanya berukuran jauh lebih besar daripada gunung yang ada di Bumi. 

3. Grand Canyon milik mars bernama Valles Marineris

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanmymodernmet.com

Pernah menyaksikan Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat? Tempat tersebut terdiri dari ngarai tebing yang terjal dan dialiri oleh Sungai Colorado di tengah-tengahnya. Ini merupakan salah satu objek wisata yang wajib didatangi ketika berkunjung ke AS.

Ternyata Mars juga punya Grand Canyon-nya sendiri, lho! Tempat tersebut dinamakan Valles Marineris. Justru ini adalah ngarai terbesar di tata surya kita, ukurannya empat kali lebih besar daripada ngarai di AS tadi. Untuk keindahannya, gak kalah dengan yang kita miliki di Bumi kok!

4. Iani Chaos

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanesa.int

Pemberhentian berikutnya adalah Iani Chaos. Objek alam yang satu ini dijamin gak akan kamu temukan di Bumi. Dilansir dari Business Insider, kamu akan disuguhi pemandangan tebing terjal dan bukit-bukit yang terlihat seperti pilar.

Para ahli pun bingung mengidentifikasi Iani Chaos karena tempat tersebut sangatlah unik. Tak ada tempat di Bumi yang bisa menyamainya. 

Baca Juga: Angkasa dalam Lensa #1: Permukaan Matahari dan Rekor Astronaut Wanita

5. Kawah Becquerel

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanesa.int

Selanjutnya adalah Kawah Becquerel, kawah paling besar yang ada di planet merah. Tempat yang satu ini dibentuk oleh angin dan air Mars yang sangat kuat. Jika kamu menengok ke bagian dalamnya, kamu akan menjumpai bebatuan yang terbuat dari sulfur.

Itulah kenapa sebagian besar area tersebut berwarna cokelat muda. Sedangkan area berwarna hitam yang ada di gambar adalah bebatuan yang telah teroksidasi. 

6. Kutub utara dan selatan Mars

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depaneos.org

Seperti Bumi, Mars juga memiliki kutub utara dan selatan. Keduanya memiliki komposisi daratan yang berbeda. Jika kamu pergi ke kutub utara, kamu akan disuguhi permukaan tanah yang datar tetapi berlubang-lubang. Mirip seperti keju cottage.

Sedangkan jika kamu berkunjung ke kutub selatan, daratannya relatif lebih luas dengan lubang yang dalam. Jangan heran jika kamu menjumpai banyak palung di sana. Namun kamu harus berhati-hati karena daratan kutub Mars mengandung banyak karbon dioksida.

7. Medusae Fossae

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depanesa.int

Medusae Fossae bisa dibilang sebagai tempat paling aneh di Mars. Pasalnya bentuk dari Medusae Fossae cukup aneh. Terlihat seperti lubang-lubang beruntun yang menyerupai ular. Karenanya, banyak yang berspekulasi bahwa tempat itu terbentuk karena tabrakan dari UFO.

Namun dilansir dari Space.com, Medusae Fossae terbentuk dari erupsi vulkanik yang sangat besar. Diperkirakan bahwa kejadian tersebut berlangsung sekitar 500 juta tahun yang lalu.

8. Ghost dunes, sebuah dataran dengan jejak lava

Unik, 8 Tempat di Mars Ini Bisa Dipertimbangkan Jadi Wisata Masa Depansciencemag.org

Ghost dunes atau gundukan hantu adalah tempat di Mars yang terbentuk karena bantuan angin. Awalnya area tersebut digenangi oleh air. Namun saat musim panas, air tersebut menguap dan menyisakan gundukan pasir. 

Setelah gunung api di sekitarnya bererupsi, ia pun dialiri oleh lava. Belum selesai, lava yang mengering kemudian mengalami erosi karena angin. Itulah kenapa gundukan pasir yang satu ini terlihat unik. Masih ada jejak-jejak air dan lava yang tercetak di atasnya.

Itulah sejumlah tempat menarik di Mars yang kemungkinan bisa kita kunjungi di masa depan. Gimana, apakah kamu tertarik untuk ke Mars? 

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya