Comscore Tracker

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kadang ngrasa kok gak ada bagus-bagusnya

Pernah dengar rekaman suara sendiri, lalu kamu membencinya? Tenang ternyata kamu gak sendiri. Kecuali yang sudah sering bernyanyi, suara sendiri adalah bagian terburuk dari rekaman yang kita dengar. Lantas kenapa ya? Berikut penjelasannya.

1. Sebenarnya saat mendengar suara sendiri, kita akan mendengarkan dua suara

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnyaistockphoto.com

Ternyata, ketika berbicara manusia mendengar dua suara berbeda di kepalanya. Satu adalah suara asli, sementara satunya adalah getaran pita suara di tenggorokan kita. Inilah yang membuat bahwa suara yang kita dengar dan orang lain dengar akan berbeda. Dilansir dari Science Alert, suara yang kita dengar biasanya lebih rendah dan merdu karena adanya getaran tambahan. Padahal kenyataannya tidak.

2. Ternyata dipengaruhi ekspektasi kita terhadap suara orang lain

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnyababycenter.com

Fakta lain menunjukkan bahwa cara kita belajar berbicara memiliki dampak pada suara kita. Ini karena kita berusaha untuk mereplikasi suara yang keluar dari mulut orang lain. Sebagai hasilnya, suara orang lain itu mempengaruhi persepsi akan suara kita sendiri. Saat mengetahui ternyata suara kita berbeda, ini akan menghasilkan sebuah ketidaknyamanan.

Baca Juga: Benarkah Golongan Darah Memengaruhi Kepribadian? Ini 8 Fakta Sainsnya!

3. Hal yang sama terjadi saat kita sedang bercermin

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnyaamazonaws.com

Walaupun pada kenyataannya tubuh kita baik-baik saja, kita akan tetap melihat ada banyak kekurangan. Ini karena kita memiliki persepsi mengenai suara dan tubuh yang bagus. Tanpa sadar, kita akan membandingkannya dengan diri sendiri.

4. Suara kita sama uniknya dengan sidik jari

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnyakkomando.com

Reaksi kebanyakan orang terhadap suaranya sendiri adalah hal yang wajar. Namun sebenarnya kita harus bangga dengan suara kita sendiri. Ilmuwan mengatakan bahwa sebenarnya suara kita sama uniknya dengan sidik jari. Hampir tidak ada suara yang sama di dunia ini.

5. Kamu bisa “memperbaiki” suaramu

Benci Rekaman Suara Sendiri? Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnyaardenkaywinvocalstudio.com

Tapi jangan khawatir. Buat kamu yang benci dengar rekaman suara sendiri, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Mulailah dari memperbaiki caramu mengartikulasikan kata-kata.

Kamu harus memperjelas kata-kata yang keluar dari mulutmu. Selain itu, melakukan olah vokal juga bisa memberikanmu suara yang lebih bulat.

Jika kamu takut suaramu mengganggu orang lain seperti yang dilakukannya kepadamu, kamu salah. Pada umumnya orang lain tidak akan menganggap suaramu menyebalkan. Ini karena mereka telah terbiasa dengannya dan menjadi ciri khasmu di mata orang lain.

Gimana, masih membenci suaramu sendiri? Setidaknya kamu mengetahui penjelasan ilmiahnya.

Baca Juga: Suara Kita Berbeda Saat Direkam, Ternyata Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya