7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyi

Masa iya lubang hitam bisa bernyanyi?

Sejak waktu yang tidak diketahui, lubang hitam telah menjadi teka-teki terbesar dunia kosmik. Lubang hitam seperti keranjang kosmologis raksasa yang menerima segala sesuatu yang berhasil jatuh ke dalamnya dan tidak pernah membiarkannya lolos. Puluhan tahun telah berlalu sejak penemuan, namun lubang hitam tetap memiliki daya tarik khusus di antara umat manusia.

Tahukah kamu bahwa Galaksi Bima Sakti kita sendiri memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya? Berikut tujuh fakta luar biasa tentang lubang hitam yang jarang diketahui manusia. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Lubang hitam tidak mengisap benda

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyijpl.nasa.gov/spaceimages

Dalam media populer, lubang hitam digambarkan sebagai entitas ruang yang bertindak sebagai penyedot debu dengan menyedot semua yang ada di dekatnya. Namun, ini ternyata tidak benar. Sebenarnya, lubang hitam adalah titik yang sangat padat di ruang angkasa yang menyebabkan tenggelam ke gravitasi terdalam. Gaya gravitasi di wilayah ini sangat kuat sehingga cahaya pun tidak bisa lepas. Apa pun itu, baik itu sebuah planet atau bintang yang berada dekat dengan lubang hitam akan segera jatuh ke dalam tarikan kuat gravitasi. Tetapi objek itu harus cukup dekat dengan lubang hitam untuk kehilangan daya tarik dan jatuh ke dalamnya.

2. Lubang hitam ada dalam berbagai ukuran

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyispacetelescope.org

Ukuran awal lubang hitam bervariasi tergantung pada sumbernya. Lubang hitam bintang berasal ketika bintang besar runtuh dan terus menekan. Lubang hitam bintang relatif lebih kecil dari yang lain tetapi sangat padat. Sedangkan lubang hitam menengah berukuran yang sedang terbentuk ketika bintang-bintang dalam sebuah cluster bertabrakan dalam suatu reaksi berantai. Beberapa di antaranya dapat terbentuk di wilayah yang sama yang akhirnya jatuh bersama di pusat galaksi yang menciptakan lubang hitam supermasif. Galaksi kita sendiri, Bima Sakti, memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya. Setelah terbentuk, lubang hitam ini terus mengumpulkan gas dan debu di sekitarnya. Karena bahan-bahan ini tersedia dalam jumlah banyak di pusat galaksi, lubang hitam tumbuh dengan ukuran sangat besar.

3. Lubang hitam kadang-kadang mengeluarkan debu bintang

Pada 2011, para astronom mengamati semburan sinar gamma berenergi tinggi yang dikeluarkan dari pusat galaksi kerdil yang terletak 3,8 miliar tahun cahaya. Dalam cahaya yang tampak dan panjang gelombang infra merah, itu seterang seratus miliar matahari. Menurut para astronom, sinar gamma yang terpancar adalah hasil dari sebuah bintang yang dihancurkan oleh lubang hitam. Bintang itu terlalu dekat dengan lubang hitam dan tidak dapat lepas dari tarikan gravitasinya. Lubang hitam supermasif yang menghancurkan bintang itu sepuluh juta kali massa matahari.

4. Adanya pelebaran waktu di lubang hitam

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyieventhorizontelescope.org

Batas terluar dari lubang hitam dikenal sebagai "cakrawala peristiwa." Jika dilihat dari luar, tidak ada yang bisa dilihat dari lubang hitam di luar cakrawala peristiwa. Cakrawala ini adalah titik tanpa balik karena tarikan gravitasi begitu kuat sehingga tidak ada yang bisa lepas. Ketika seseorang atau suatu benda mendekati lubang hitam, bagi pengamat yang berada di luar, ia akan tampak melambat ketika mendekati cakrawala peristiwa. Objek itu juga akan tampak meregang dan berputar-putar seolah-olah sedang dilihat dari bawah kaca pembesar raksasa.

Baca Juga: Black Hole Pertama Kali Tertangkap Kamera, Ini 7 Fakta Mengejutkannya!

5. Lubang hitam menampung setidaknya 140 triliun kali air di bumi

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyinasa.gov

Pada 2011, dua tim astronom menemukan sebuah lubang hitam yang berjarak lebih dari 12 miliar tahun cahaya yang menyimpan air terbesar. Lubang hitam ini adalah lubang hitam pemakan yang terletak di sebuah quasar yang disebut "APM 08279+5255" yang 20 miliar kali lebih masif dari matahari. Hal ini memperkuat quasar dengan mengonsumsi kumpulan debu dan gas di sekitarnya. Kadang-kadang, ia mengeluarkan energi yang setara dengan seribu triliun matahari. Lubang hitam ini dikelilingi oleh air yang setara dengan 140 triliun kali semua air di lautan dunia.

6. Lubang hitam menghasilkan angin luar angkasa yang sangat kuat

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyieso.org

Pada 2016, ahli astrofisika di Universitas York mendeteksi angin quasar yang sangat cepat berputar di sekitar lubang hitam supermasif, PDS 456. Angin bertiup dengan kecepatan lebih dari 200 juta kilometer per jam, atau kira-kira seperempat kecepatan cahaya dan setara dengan badai kategori 77. Hal ini terjadi sebagai materi spiral, serta panas dan cahaya dari quasar meniupnya dari lubang hitam.

7. Ada lubang hitam di kluster galaksi Perseus yang bernyanyi

7 Fakta Menarik tentang Lubang Hitam, Ternyata Ada yang Bisa Bernyanyiasd.gsfc.nasa.gov/blueshift

Di kluster galaksi Perseus yang terletak 250 juta tahun cahaya terdapat lubang hitam supermasif yang menghasilkan nada terendah yang pernah dicatat. Catatan ini pertama kali direkam pada tahun 2002 menggunakan Chandra X-ray Observatory milik NASA. Di antara pengamatan, para astronom melihat keberadaan riak-riak di gas yang memenuhi gugusan. Riak-riak ini adalah gelombang suara yang bergerak menjauh dari lubang hitam pusat kluster.

Itulah fakta menarik tentang lubang yang jarang diketahui oleh banyak orang. Kalau selama ini kamu mengira bahwa lubang hitam dapat mengisap benda yang ada di sekitarnya, ternyata salah ya.