Comscore Tracker

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sana

Sekalian pindah planet, gak usah ngurus imigrasi

Jagat maya Indonesia sedang diramaikan dengan rencana pindah ke negeri lain setelah pemerintah mengesahkan Omnibus Law, Senin (5/10/2020). Warganet mulai membayangkan indahnya hidup di negara yang tenteram dengan pemerintahan yang mendukung kesejahteraan rakyatnya. Selain, pindah ke negara lain, ada juga warganet yang mengusulkan untuk sekalian pindah planet.

Dari berbagai planet yang ada di Tata Surya kita, Mars rasanya akan menjadi tempat tinggal yang paling mungkin ditinggali manusia. Terlebih, badan antariksa Ameriksa Serikat, NASA juga telah mencanangkan proyek untuk menjelajah Mars pada 2030an mendatang. 

Lantas, bagaimana kah sebenarnya gambaran kehidupan di sana? Situs Space memberikan teori terkait hal tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya!

1. Musim dingin lebih ekstrem ketimbang di bumi, begitupun musim yang lain

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanasmithsonianmag.com

Seperti bumi, Mars memiliki beberapa musim yang diakibatkan oleh kemiringan planet pada porosnya. Orbitnya yang juga lebih dari matahari memberikan kondisi musim itu menjadi lebih ekstrem.

Kalau kamu memilih hidup di bagian selatan Mars, atau titik terjauh dari matahari, kamu akan mendapatkan musim dingin yang jauh lebih dingin. Musim panas di area ini pun jauh lebih panas ketimbang di bagian utara Mars.

Sebaliknya, kalau kamu hidup di area utara, kamu akan mendapatkan 7 bulan musim semi, 6 bulan musim panas, lima bulan musim gugur, dan empat bulan musim dingin. Oh iya, satu tahun di Mars diperkirakan 1,88 tahun dari bumi dan satu harinya sedikit lebih panjang dari 24 jam.

2. Suhu udara bisa berubah sewaktu-waktu

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanaweather.com

Selain musim yang ekstrem, kamu juga harus siap-siap dengan semua perlengkapan sebelum keluar rumah. Maklum, Mars memiliki cuaca yang tidak normal. Dengan rata-rata temperatur berkisar -60 derajat Celcius, Mars akan membuatmu membeku di musim dingin karena suhu maksimal, terlebih di area kutub bisa menyentuh -126 derajat Celcius.

Lalu ketika musim semi, suhunya akan berubah menjadi 20 derajat Celcius. Permasalahannya suhu udara ini juga dapat berubah secara dramatis hanya dalam waktu satu minggu.

3. Suhu ekstrem bisa memicu adanya badai debu

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanaabsolute-knowledge.com

Badai debu bukanlah hal aneh di Mars. Fenomena alam itu bahkan bisa menyelimuti seluruh planet dalam waktu berhari-hari karena suhunya yang ekstrem. Memang debu ini tidak berbahaya bagi tubuh manusia, tetapi ia mampu mengganggu peralatan elektronik dan peralatan yang dijalankan dengan tenaga surya.

4. Radiasi matahari yang kuat bisa membunuhmu

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanawashingtonpost.com

Jika selama ini kamu berpikir bahwa radiasi matahari di bumi sudah cukup melukai kulitmu, kamu salah. Panasnya tentu tidak sebanding dengan radiasi di Mars.

Dikarenakan tidak ada pelindung atmosfer seperti di bumi, sinar ultraviolet dan radiasi matahari lainnya akan langsung mengenai tubuhmu. Itu berarti efek radiasi alias mutasi pada tubuhmu akan sangat terasa dan berdampak besar pada kehidupanmu.

Baca Juga: 8 Hal Misterius Planet Mars yang Bisa Kita Temui jika Tinggal di Sana

5. Waktu mengirim pesan paling singkat adalah 15 menit

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanascitechdaily.com

Mars juga gak cocok buat kamu yang berencana menjalani hubungan jarak jauh alis LDR. Sebab, pesan yang kamu kirim baru akan sampai 15 menit kemudian.

Tidak ada masalah kalau itu bukan isu krusial, tapi jika itu menyangkut hidup dan mati, kamu akan berharap pesan itu tersampaikan lebih cepat. Satu lagi: kamu akan kesusahan melakukan video call.

6. Tak adanya atmosfer akan membuat kamu dengan jelas melihat bintang-bintang di langit

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanauniversetoday.com

Kondisi langit di siang hari akan berwarna oranye dikarenakan debu-debu yang beterbangan. Tetapi pemandangan di kala matahari terbit dan terbenam kurang lebih akan serupa seperti terbit dan terbenam saat kondisi berkabut yang ada di bumi. Setidaknya pemandangan itu akan berubah ketika masuk di malam hari.

Dengan tidak adanya atmosfer itu, kamu pun bisa jauh lebih mudah melihat langit malam yang bertaburan bintang di Mars. Malahan dikatakan kamu bisa melihat Phobos dan Deimos, kedua bulan Mars, dengan sangat jelas dan dapat keluar di saat bersamaan. Pada akhirnya Mars adalah tempat impian bagi para astronom.

7. Ada banyak objek wisata alam yang bisa kamu nikmati

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanadkfindout.com

Buat kamu yang hobi berjalan-jalan di alam bebas, Mars adalah salah satu piliha. Sebab, di Mars terdapat gunung berapi terbesar di galaksi kita, Gunung Olympus.

Tingginya mencapai 25 kilometer. Lalu ada pula lembah Marineris yang membentang setara jarak Los Angeles ke New York. Jangan lupakan tanah Viking, tempat di Mars yang diselimuti es dan terkadang ada salju dry ice.

8. Gravitasi di Mars lebih rendah dari Bumi

Ada yang Berniat Pindah ke Mars? Ini 8 Gambaran Kehidupan di Sanadigitaltrends.com

Kamu juga harus terbiasa hidup mengambang di udara. Maklum, gravitasi di Mars hanyalah 38 persen dari gravitasi bumi. Itu berarti kamu bisa meloncat lebih tinggi karena tidak ada tarikan gravitasi yang kuat. Hanya saja untuk berjalan dan bergerak cepat akan sedikit susah. Kamu perlu membiasakan diri terlebih dahulu untuk bergerak di Mars.

Meski masih sebatas teori, kira-kira itulah gambaran kehidupan di Mars. Gimana? jadi berniat pindah ke Mars?

Baca Juga: Berebut ke Mars, Ini 5 Misi Eksplorasi Mars dari Berbagai Negara

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya