Comscore Tracker

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnya

Udah jijik, eh malah dikejar

Salah satu serangga yang paling sering dianggap menjijikkan adalah kecoak. Selain tinggal di tempat yang kumuh dan lembab, kecoa juga kerap mengeluarkan bau tak sedap. Hewan satu ini pun kerap dihindari. Saat kita menghindar dari serangga ini, mereka kerap kali malah mengejar kita. Kok bisa ya? Inilah 8 penjelasan ilmiahnya.

1. Mereka seolah mengejar kita karena mekanisme pertahanannya seperti itu

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyaquora.com

Kecoa merupakan serangga yang sudah hidup miliaran tahun dan itu mengevolusi mereka sedemikian rupa. Hasil adaptasi yang lama itu membuat mereka tahu rasa kaget pemangsa cukup memberikan waktu baginya untuk melarikan diri.

Lantas bagaimana caranya mengagetkan pemangsa? Dengan cara tiba-tiba mendatangimu.

2. Mereka mengetahui lokasimu dari kondisi udara di sekitarnya

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyacbc.ca

Kecoak memiliki kemampuan untuk terbang. Itu berarti tubuh mereka dirancang untuk bisa merasakan udara di sekitarnya untuk bisa menyesuaikan angin yang berhembus dan mengatur arah terbangnya.

Ternyata, kemampuan itu turut membuat mereka mampu melakukan satu hal lagi, yaitu mendeteksi lokasimu. Dengan merasakan perubahan udara di sekitarnya, mereka tahu posisimu dan dengan sigap memberikan kejutan.

3. Kecoak sadar sebagian besar makhluk hidup takut kepadanya

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyahoustonchronicle.com

Kenyataan mereka bisa memberikan kejutan demi memperoleh waktu melarikan diri dapat terjadi karena kecoak sadar kita memiliki ketakutan terhadap mereka. Sebagai tambahan, yang mudah kaget akibat kejaran kecoak tak hanya manusia, tetapi juga predator lainnya.

4. Di saat yang bersamaan, kecoak juga mencari tempat bersembunyi

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyaactionpestexterminating.com

Begitu hebatnya kemampuan kecoak sampai kamu tidak sadar kalau makhluk ini multitasking. Saat mengagetkan dan mencari waktu melarikan diri, di saat bersamaan mereka juga mencari tempat tersembunyi di sekitarnya. Umumnya lokasi persembunyian itu punya ciri khas gelap dan sempit sehingga sulit dijangkau.

Baca Juga: 8 Cara Mengusir Kecoak Bandel di Rumah, Ampuh dan Sederhana

5. Kartu as mereka adalah terbang ke arahmu

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyabostonglobe.com

Kamu kira mengejar adalah tindakan terhebat yang dilakukan makhluk menjijikkan tersebut? Salah besar.

Mereka masih punya senjata rahasia, yaitu terbang mengejarmu. Evolusi membuat dapat mengepakkan sayap dan melayang beberapa waktu, sehingga lebih susah ditangkap dan dibunuh oleh predator.

Mekanisme terbang kecoak sering kali seperti ini: mereka terbang ke arahmu dengan kecepatan maksimum. Lalu saat dekat denganmu dan melihat kamu menghalangi jalan keluarnya, mereka akan segera berbelok dan terbang lagi sesegera mungkin.

6. Besar kemungkinan mukamu akan jadi sasaran arah terbang

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyawatchdogpestcontrol.com

Seperti saudaranya serangga yang lain, kecoak pun punya kecenderungan mengejar cahaya. How Stuff Works menuliskan ada alasan spesial mengapa kecoak bisa terbang ke arah mukamu. Dengan kondisi cahaya dari lampu yang sering kali ada di atas kepalamu, menciptakan lingkaran cahaya halo, itu menarik perhatiannya dan ingin menuju mukamu.

7. Jika kurang jitu, maka kecoak akan mendaratkan diri ke kamu

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyatheverge.com

Ini adalah upaya terakhir yang dilakukan demi tetap bertahan hidup. Kecoak akan terbang dan hinggap kepadamu.

Tentu saja mereka melakukan ini bukan untuk melukaimu dan sekadar mengejutkanmu saja. Akan tetapi, rasa kaget itu bisa menimbulkan kepanikan yang berujung kecelakaan.

8. Selama menjaga kebersihan, seharusnya kecoak tidak akan banyak menghampiri rumahmu

Merasa Selalu Dikejar Kecoak? Ternyata Ini 8 Penjelasan Ilmiahnyawatchdogpestcontrol.com

Upaya terbaik mengusir kecoak adalah tidak membiarkannya datang. Menjaga kebersihan rumah menjadi solusi utama dari masalah ini. Oleh karena itu, kamu perlu sering membersihkan rumahmu.

Jika ada cecak di rumah, jangan diburu dan dibunuh. Cecak mampu mengurangi populasi kecoak mengingat serangga kotor yang susah mati itu merupakan salah satu mangsanya.

Gimana? Kira-kira apa kamu masih takut akan kecoak setelah mendapatkan penjelasan ini? Atau malah semakin parno mengingat di rumahmu ada banyak? Ada baiknya kamu mulai bersih-bersih rumahmu demi menghindari keberadaan sarang penyamun ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kecoak Menjadi Hewan Paling Menyebalkan di Dunia

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya