Comscore Tracker

Dampak Gempa, BPBD Kabupaten Blitar Ajukan Bantuan Rp17,2 M ke BNPB 

Masih lakukan verifikasi untuk korban gempa Blitar

Blitar, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar baru merampungkan proses verifikasi kerusakan bangunan korban gempa Malang yang terjadi 10 April lalu. Dibutuhkan waktu sebulan lebih untuk melakukan verifikasi ini. Hasilnya mereka mengajukan bantuan dana renovasi ke BNPB sebesar Rp17,2 miliar.

Sesuai hasil verifikasi, jumlah kerusakan bangunan akibat gempa bermagnitudo 6,1 ini sebanyak 1.270 bangunan. Rinciananya rusak berat sebanyak 33, rusak sedang 212 dan rusak ringan 1.025 bangunan.

1. Ratusan bangunan tidak sesuai standar kerusakan BPNB

Dampak Gempa, BPBD Kabupaten Blitar Ajukan Bantuan Rp17,2 M ke BNPB Rumah warga di Kabupaten Blitar rusak akibat gempa. IDN Times/ istimewa

Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik mengatakan dana sebesar Rp17,2 miliar yang diajukan ini untuk mengcover renovasi kerusakan bangunan sebanyak 1.270. Angka itu, dari hasil verifikasi Dinas Perumahan dan Pemukiman setempat, yang semula dilaporkan sejumlah 1.500 an bangunan yang mengalami kerusakan.

Sebanyak 230 bangunan tidak bisa dilaporkan untuk bantuan renovasi karena tiga alasan. Pertama, bangunan tidak mengalami kerusakan sesuai standart BPNB, Kedua bangunan yang rusak tidak ada pemilik dan dalam kondisi kosong dan ketiga, nomor Kartu Keluarga (KK) pemilik bangunan yang rusak tidak ditemukan di data base adminduk.

"Kalau hanya mengalami genteng melorot itu tidak sesuai dengan standar kerusakan BPNB," ujarnya, Jumat (28/5/2021).

2. Rusak berat dapat bantuan Rp50 juta

Dampak Gempa, BPBD Kabupaten Blitar Ajukan Bantuan Rp17,2 M ke BNPB Ilustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sesuai peraturan, untuk tingkat kerusakan berat akan menerima bantuan sebesar Rp50 juta, untuk kerusakan sedang Rp25 juta dan ringan Rp10 juta. Namun untuk kerusakan berat, korban tidak bisa menerima dalam bentuk uang tunai. Nantinya BPNB akan menunjuk rekanan untuk memperbaiki rumah yang masuk kategori rusak berat.

"Nah ini yang jadi masalah. Karena realisasi sekarang, korban kerusakan berat banyak yang sudah memperbaikinya sendiri, karena keburu dihuni. Kami belum mendapat petunjuk, apakah nanti akan diganti maksimal Rp50 juta atau bagaimana," ungkapnya.

3. Masih lakukan verifikasi untuk korban gempa Blitar

Dampak Gempa, BPBD Kabupaten Blitar Ajukan Bantuan Rp17,2 M ke BNPB Bangunan terdampak gempa di Blitar. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, untuk korban gempa Blitar yang baru pekan lalu terjadi pihak BPBD masih terus melakukan pendataan. Hingga saat ini BPBD mendata bangunan rusak terdampak gempa Blitar total sebanyak 598 rumah warga dan 19 fasum. Dengan rincian rusak ringan 386, rusak sedang 190 dan rusak berat 22 bangunan. Untuk fasilitas umum, hanya mengalami kerusakan ringan.

"Untuk yang korban gempa Blitar ini kita terus lakukan verifikasi, jika sudah selesai akan kami ajukan ke BNPB seperti korban gempa Malang," pungkasnya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Terdampak Gempa, BPBD Kabupaten Blitar Ajukan Bantuan Rp17,2 M

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya