Tambang Minyak Tradisional di Kabupaten Bojonegoro Terbakar

Diduga minyak penyulingan bocor

Bojonegoro, IDN Times - Kebakaran hebat kembali terjadi di komplek pertambangan minyak tradisional Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (18/7/2021), pagi. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

1. Diduga api berasal dari minyak penyulingan yang bocor

Tambang Minyak Tradisional di Kabupaten Bojonegoro TerbakarTambang minyak tradisional di Bojonegoro terbakar. Dok Damkar Bojonegoro

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro, Achmad Gunawan mengatakan, kebakaran yang menghanguskan tambang minyak milik Nasrudin (45) warga Dusun Kemoro, Desa Mergoasri, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban tersebut terjadi saat minyak yang disuling para pekerja menetes ke api pembakaran minyak.

"Ada minyak dari hasil penyulingan yang menyambar api kemudian terjadilah kebakaran," kata Gunawan saat dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Menginap di Bojonegoro, 10 Hotel Ini Bisa Kamu Coba

2. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah

Tambang Minyak Tradisional di Kabupaten Bojonegoro TerbakarTambang minyak tradisional di Bojonegoro terbakar. Dok Damkar Bojonegoro

Api, lanjut Gunawan, kemudian membesar dan menghanguskan satu unit bangunan rumah yang terbuat dari material kayu serta dua unit alat panel tenaga surya yang berada di atas rumah yang terbakar. Selain menghanguskan bangunan rumah, kebakaran tersebut juga mengakibatkan ratusan liter minyak mentah dan masak juga ikut dilahap api.

"Untuk kerugian kita taksir mencapai ratusan juta rupiah itu meliputi bangunan rumah, minyak mentah dan matang yang juga ikut terbakar," jelasnya.

3. 2 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api

Tambang Minyak Tradisional di Kabupaten Bojonegoro TerbakarTambang minyak tradisional di Bojonegoro terbakar. Dok Damkar Bojonegoro

Api sendiri, lanjut Gunawan baru bisa dipandamkan satu jam kemudian setelah petugas damkar pos Padangan menerima laporan dari salah satu warga yang bernama Budi Utomo. Kemudian dua unit mobil damkar dan 5 personil kemudian mendatangi lokasi kejadian.

"Untuk kendala tidak ada dan petugas yang menerima laporan juga langsung sigap menuju lokasi sehingga kebakaran ini tidak sampai merembet ke tambang minyak lainnya di lokasi kejadian dan untuk korban jiwa tidak ada," pungkasnya.

Baca Juga: 20 Hari Berjuang, Pasien COVID-19 Varian Delta di Bojonegoro Sembuh

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya