Comscore Tracker

Pengguna Narkoba di Tuban Meningkat Selama Pandemik

Didominas pelaku baru
Tuban, IDN Times- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban AKBP I Made Arjana mengungkapkan, tingkat penguna narkoba selama masa pandemik COVID-19 di Tuban mengalami peningkatan. Jumlah ini diketahui berdasarkan hasil laporan yang ia terima dari Satreskoba Polres Tuban.

1. Rata-rata pelaku yang terjerat kasus narkoba adalah orang baru

Pengguna Narkoba di Tuban Meningkat Selama PandemikKantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Rata-rata, lanjut Made, pengguna narkoba yang ditangkap adalah orang-orang yang baru saja memakai narkoba sehingga keberadaan mereka kerap dimanfaatkan oleh para pengedar dan bandar.

"Pokoknya jumlah pengguna narkoba meningkat dan untuk data pastinya kami belum tahu tapi dari hasil informasi dari teman kepolisian yang disampaikan ke kami jumlahnya memang bertambah," kata Made, Selasa (22/6/2021).

2. Dalam 6 bulan ada 10 orang yang direhabilitasi BNN Tuban

Pengguna Narkoba di Tuban Meningkat Selama PandemikKepala BNN Kabupaten Tuban AKBP I Made Arjana. IDN Times/Imron

Dalam 6 bulan terakhir, lanjut Made, ada 10 warga Tuban yang tengah menjalani rehabilitasi atau tahap penyembuhan di BNN Tuban. Mereka rata-rata memiliki tingkat kecanduan sedang dan ringan. Untuk pasien rehabilitasi yang memiliki tingkat kecanduan yang berat maka BNN Tuban akan mengirim orang tersebut ke Malang dan Surabaya.

"Ada 10 orang yang saat ini kita rehabilitasi dan kita minta kepada masyarakat Tuban yang ingin sembuh dari narkoba agar jangan malu dan takut untuk kita rehabilitasi," katanya.

3. Warga Tuban jangan takut untuk direhabilitasi di BNN

Pengguna Narkoba di Tuban Meningkat Selama PandemikKantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tuban. IDN Times/Imron

Untuk warga yang ingin direhabilitasi dari kecanduan narkoba prosesnya sangat muda, mereka cukup datang ke kantor BNN Tuban, setelah itu petugas akan melakukan konseling tingkat pemakaian narkoba kepada warga itu sendiri. 

"Jangan takut direhabilitasi kita akan merahasiakan identitasnya dan mereka yang direhabilitasi tidak akan dijadikan target operasi. Ayo mari sama-sama kita perangi narkoba di Tuban ini," pungkasnya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Imron Saputra di IDN Times Community dengan judul Selama Pandemik COVID-19, Pengguna Narkoba di Tuban Naik

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya