Satu Lagi, Perawat di Jombang Gugur Berjuang Melawan COVID-19 

Meninggal komorbid diabetes melitus

Jombang, IDN Times - Duka kembali dirasakan perawat di Jombang, Jatim. Seorang perawat bernama Arif Hidayat meninggal dunia setelah berjuang melawan COVID-19 yang menginfeksinya. Perawat laki-laki yang dikenal totalitas dalam bekerja itu meninggal dalam perawatan di rumah sakit, Rabu (21/7/2021).

"Inggih (meninggal). Beliau bekerja (perawat) di Puskesmas Peterongan Jombang. Semoga amal ibadah beliau diterima Allah SWT, diampuni segala dosa dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," kata Ketua PPNI Kabupaten Jombang, Nasrulloh dikonfirmasi IDN Times.

1. Meninggal karena COVID-19 disertai komorbid 

Satu Lagi, Perawat di Jombang Gugur Berjuang Melawan COVID-19 Kamar jenazah RSUD Jombang. IDN Times/Istimewa

Arif sempat menjalani perawatan intensif selama beberapa hari di rumah sakit akibat COVID-19 dengan penyakit penyerta Diabetus melitus atau kencing manis. Selama menjalani perawatan, kondisi kesehatan almarhum terus menurun hingga akhirnya mengembuskan napas terakhirnya di ruang ICU RSUD Jombang. 

"Almarhum meninggal dengan komorbid diabetus melitus. Sudah 1 minggu dirawat, pada hari ke 5 semakin turun kondisinya, sehingga harus dipindah ke ICU. usaha maksimal sudah diupayakan, namun Allah berkehendak lain (meninggal dunia)," jelas Nasrulloh.

2. Sosok Kekeh dalam aturan 

Satu Lagi, Perawat di Jombang Gugur Berjuang Melawan COVID-19 Ucapan duka perawat Puskesmas Peterongan Arif Hidayat meninggal dunia. IDN Times/ Istimewa

Meninggalnya Arif menambah catatan tenaga kesehatan perawat di Jombang yang gugur akibat COVID-19. Hingga saat ini, jumlah perawatan yang meninggal menjadi 6 orang. Nasrulloh menambahkan, almarhum Arif yang menjabat wakil ketua PPNI Kabupaten Jombang itu dikenal teguh pendirian dan totalitas dalam berorganisasi.

"Almarhum merupakan sosok yang kekeh dalam aturan, jeli dalam mencermati hukum. Pengabdian dalam organisasi yang (sangat) totalitas," kenang Nasrulloh.

3. Seluruh kecamatan di Jombang zona merah

Satu Lagi, Perawat di Jombang Gugur Berjuang Melawan COVID-19 Peta sebaran COVID-19 aktif di Kabupaten Jombang. IDN Times/Dinkes Jombang

Sementara itu, pantauan IDN Times pada peta sebaran COVID-19 aktif di Kabupaten Jombang yang diunggah di laman Dinas Kesehatan setempat seluruh kecamatan telah berstatus zona merah.

Seluruh wilayah 21 kecamatan yang berstatus zona merah yakni Kecamatan Jombang, Ploso, Tembelang, Kabuh, Kudu, Ngusikan, Plandaan, Megaluh, Kesamben, Perak, Bandarkedungmulyo, Ngoro, Gudo, Mojowarno, Diwek, Jogoroto, Sumobito, Mojoagung, Peterongan, Bareng dan Wonosalam.

Perubahan stasus zona merah itu update mulai dari tanggal 17 Juli hingga sekarang Rabu (21/7/2021). Pada saat ini, total kumulatif kasus terkonfirmasi positif terdapat 7.664 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 517 orang masih dirawat diberbagai rumah sakit, kemudian 5.322 orang telah berhasil sembuh, dan 912 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya