Profil Sumrambah, Wakil Bupati Jombang

Politisi ulung yang moncer

Sumrambah cukup dikenal di kalangan politisi Jawa Timur. Selain berkiprah di DPC PDI Perjuangan Kabuapten Jombang, ia juga pernah jadi anggota DPRD Jatim. Karirnya melejit saat 2018 ia menang Pilkada, menjadi Wakil Bupati Jombang mendampingi Bupati Mundjidah Wahab. Simak profil singkat Sumrambah berikut ini.

1. Adik kandung Bupati Jombang terdahulu

Profil Sumrambah, Wakil Bupati JombangWakil Bupati Jombang, Sumrambah. instagram.com/sumrambah

Lahir 25 Oktober tahun 1975, Sumrambah merupakan adik kandung Suyanto Bupati Jombang terdahulu yang menjabat dua periode. Sumrambah dan Suyanto adalah putra dari pasangan Sukito dan Asmah. Sumrambah adalah anak paling bontot dari 6 orang anak yang bernama: Suyanto, Subandriyah, Supracahyaningsih, Sadarestuwati, Sujayanah, dan Sumrambah yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang.

Baca Juga: Mundjidah Wahab, Bupati Perempuan Pertama di Jombang

2. Latar belakang pendidikan

Profil Sumrambah, Wakil Bupati JombangWakil Bupati Jombang, Sumrambah. instagram.com/sumrambah

Sumrambah ini menghabiskan masa remaja di kota kelahirannya. Ia berhasil menamatkan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 2 Jombang, kemudian ia menyelesaikan pendidikan tinggi strata 1 di Universitas Brawijaya, Malang.

3. Karir di dunia politik

Profil Sumrambah, Wakil Bupati JombangWakil Bupati Jombang, Sumrambah. instagram.com/sumrambah

Sumrambah pernah menjabat Ketua DPC PDIP Jombang. Ia juga pernah menduduki posisi di DPRD Jawa Timur dari Fraksi partai yang sama tentunya yaitu PDI Perjuangan tahun 2009 sampai tahun 2014.

Ia juga pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati (Cawabup) Jombang dari PDIP pada Pilbup 2013 lalu. Saat itu ia berpasangan dengan Cabup Widjono Soeparno, dan kalah telak dari pasangan Nyono Suharli– Hj Mundjidah Wahab.

Di periode berikutnya, Sumrambah digandeng Mundjidah Wahab yang diusung tiga partai yakni, PPP, Partai Demokrat, dan Gerindra untuk melaju di Pilkada 2018. Duet Mundjidah Wahab-Sumrambah mendapat kepercayaan dari rakyat Jombang sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jombang periode 2018-2023.

Baca Juga: Profil Eri Cahyadi, Birokrat Muda Pemimpin Surabaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya