PPKM Darurat, 12 Perjalanan Kereta Api di Madiun Dibatalkan

Uang pembelian tiket akan dikembalikan utuh

Madiun, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) Daop 7 Madiun membatalkan perjalanan 12 kereta api selama masa penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Tidak beroperasinya belasan kereta lokal dan jarak jauh itu dijadwalkan hingga 20 Juli mendatang.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan bahwa hal tersebut sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19 yang kembali meningkat. Bagi calon penumpang yang telah membeli tiket namun perjalanan kereta dibatalkan akan menerima kembali uangnya secara utuh.

"Masyarakat yang telah membeli tiket tersebut juga akan dihubungi oleh Contact Center 121 terkait proses pembatalan tiketnya," kata Ixfan, Mingu (4/7/2021).

1. Kereta lokal dan jarak jauh

PPKM Darurat, 12 Perjalanan Kereta Api di Madiun DibatalkanKereta melintas di Stasiun Madiun. Dok. Istimewa

Ia lantas menyebut 12 moda transportasi masal yang perjalannya dibatalkan oleh PT KAI. Untuk kereta l jarak jauh ada sembilan, seperti Singasari (Blitar - Pasarsenen dan sebaliknya), Bangunkarta (Jombang - Pasarsenen dan sebaliknya, dan Brawijaya (Malang - Gambir dan sebaliknya).

Sedangkan kereta lokal yang perjalannya dibatalkan ada tiga, yaitu Dhoho (Surabaya Kota - Kertosono dan sebaliknya). Selain itu, Penataran (Blitar - Malang - Surabaya dan sebaliknya), juga kereta ekonomi lokal Kertosono (Surabaya Kota - Kertosono dan sebaliknya).

2. Wajib menunjukkan keterangan rapid test dengan hasil negatif

PPKM Darurat, 12 Perjalanan Kereta Api di Madiun DibatalkanSeorang warga sedang melintas di perlintasan kereta. IST

Selain membatalkan perjalanan 12 kereta, PT KAI juga memberlakukan sejumlah kebijakan dalam rangka menyesuaikan masa PPKM Darurat. Setiap calon penumpang wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif dari tes PCR maksimal 2x24 jam. Selain itu juga bisa dari hasil rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Khusus perjalanan kereta jarak jauh di Pulau Jawa, calon penumpang juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Setiap pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius.

"Serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut," ujar Ixfan.

3. PT KAI layani rapid test secara acak di stasiun

PPKM Darurat, 12 Perjalanan Kereta Api di Madiun DibatalkanIlustrasi rapid test.IDN Times

Adapun untuk pelanggan kereta lokal dan kereta aglomerasi tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Untuk itu, PT KaI akan melakukan pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun.

“Aturan tersebut mengacu pada SE Kemenhub No 42 Tahun 2021 tentang petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi COVID-19,” ujar Ixfan melansir rilis yang disampaikan Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga: PPKM Darurat, 17 Kereta Api dari Surabaya Batal Berangkat

Nofika Dian Nugroho Photo Verified Writer Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya