Comscore Tracker

Puluhan Warga Tuban Abai Prokes Terjaring Razia

Mereka yang melanggar langsung menjalani sidang di tempat

Tuban, IDN Times - Puluhan warga Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban yang melintas di jalan raya Semanding terjaring razia protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, Jumat (23/7/2021). 

Warga yang terjaring razia petugas gabungan tersebut rata-rata tidak memakai masker. Mereka yang melanggar aturan prokes kemudian menjalani sidang di tempat dan membayar denda sebesar Rp50 ribu.

1. Banyaknya masyarakat yang terjaring razia menandakan mereka kurang patuh

Puluhan Warga Tuban Abai Prokes Terjaring RaziaPolisi saat melakukan razia prokes di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dok Humas Polres Tuban

Kapolres Tuban AKBP Darman mengatakan, banyaknya masyarakat Tuban yang terjaring razia prokes tersebut menandakan bahwa mereka masih belum patuh terhadap aturan yang berlaku. Padahal lanjut Darman pengunaan masker di tempat umum bertujuan baik agar dirinya dan juga orang lain terjangkit virus COVID-19.

"Ada 30 orang yang terjaring razia hari ini, dan ini menandakan masih banyaknya masyarakat yang kurang sadar akan pentingnya penerapan prokes," kata Darman.

Baca Juga: Diduga Keracunan Gas Amonia, Warga Tuban Alami Pusing dan Mual

2. Masyarakat Tuban mulai jenuh dengan aturan prokes yang berlaku

Puluhan Warga Tuban Abai Prokes Terjaring RaziaPolisi saat melakukan razia prokes di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Dok Humas Polres Tuban

Darman berpendapat, masyarakat yang kurang patuh terhadap aturan protokol kesehatan tersebut kemungkinan besar mereka sudah merasa jenuh. Meski begitu namun aturan ini perlu dilakukan demi menjaga laju penyebaran virus COVID-19 di wilayah Tuban. 

"Tujuan utama kita bukan denda, tapi lebih dari memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap patuh, meskipun banyak dari mereka yang sudah mulai merasakan kejenuhan dengan aturan ini," tandasnya.

3. Warga yang melanggar prokes harus menjalani sidang di tempat

Puluhan Warga Tuban Abai Prokes Terjaring RaziaWarga yang melanggar prokes menjalani sidang di tempat. Dok Humas Polres Tuban

Lebih lanjut Darman mengatakan, razia yang rutin ia gelar tersebut sebagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-19 Tuban di massa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di wilayah Jawa dan Bali.

"Bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker harus mengikuti sidang di tempat dan ini sudah sesuai Peraturan Daerah Provinsi Jatim No 2 tahun 2020 , Pasal 27 c huruf b juncto Pasal 49 ayat 1 dan 4," pungkas perwira polisi berpangkat dua melati di pundaknya ini.

Baca Juga: Hilang Saat Mencuci Daging di Laut, Santri di Tuban Ditemukan Tewas

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Imron Saputra di IDN Times Community dengan judul Melanggar Prokes, Puluhan Warga Kabupaten Tuban Terjaring Razia

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya