Kasus COVID-19 di Jombang Naik, PTM Tunggu Arahan Gubernur 

Sebanyak 311 pasien COVID-19 tengah dirawat

Jombang, IDN Times - Virus corona kian mengganas di Kabupaten Jombang. Per 28 Juni 2021, terkonfirmasi positif COVID-19 tercatat sebanyak 5.241 kasus. Jumlah itu bertambah lebih dari 300 kasus selama sepekan terakhir. Adapun pasien positif yang saat ini dirawat di rumah sakit rujukan sebanyak 311 orang.

Menyikapi lonjakan kasus COVID-19 selama beberapa pekan terakhir, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang, mengkaji ulang rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

1. Melihat perkembangan kasus hingga H-5 masuk sekolah 

Kasus COVID-19 di Jombang Naik, PTM Tunggu Arahan Gubernur Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Agus Purnomo. IDN Times/Zainul Arifin

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, Agus Purnomo menerangkan sesuai dengan yang disampaikan Bupati Jombang, pada H-5 menjelang PTM akan dilakukan evaluasi. Saat ini, kata dia, para peserta didik tengah menjalani libur hingga tanggal 12 Juli 2021 mendatang.

"Sejauhmana perkembangan COVID-19 di Kabupaten Jombang. Ketika nanti H-5 itu ternyata posisinya masih meningkat, nanti kita pertimbangkan untuk PTM akan kita tangguhkan dulu, sementara ditunda," terang Agus Purnomo, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Petugas BPBD Jombang Bisa Urus 25 Jenazah, Masih Kerap Disalahkan

2. Semua tenaga pendidik sudah divaksin 

Kasus COVID-19 di Jombang Naik, PTM Tunggu Arahan Gubernur Vaksinasi COVID-19 massal di Pendopo Kabupaten Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Agus mengungkapkan, kesehatan peserta didik dan guru merupakan hal utama yang perlu dikedepankan. Dan seluruh tenaga guru di bawah naungan Disdikbud Kabupaten Jombang sudah menjalani vaksinasi COVID-19, termasuk para guru TK (Taman Kanak-Kanak).

"Sudah semuanya divaksin. Dan alhamdulillah dalam pelaksanaan PTM yang kemarin tanggal 6 sampai libur itu tidak ada klaster di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Jombang)," ungkapnya.

3. Menunggu arahan Gubernur Jatim 

Kasus COVID-19 di Jombang Naik, PTM Tunggu Arahan Gubernur Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab. IDN Times/Zainul Arifin

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab pada saat vaksinasi COVID-19 massal di Pendopo Kabupaten pada Sabtu (26/6/2021) lalu juga menyampaikan bakal mengevaluasi pelaksanaan PTM di daerahnya. Pun begitu, pelaksanaan evaluasi sekolah tatap muka masih menunggu arahan dari Gubernur Jawa Timur

"Kaji ulang PTM kita pertimbangkan, karena ini juga tidak hanya Jombang, mungkin nanti dari Gubernur juga ada arahan untuk tatap muka ini," kata Mundjidah.

Orang nomor satu di Pemkab Jombang itu meminta kepada semua masyarakat, khususnya  para orang tua agar memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anaknya untuk mematuhi protokol kesehatan terutama pemakaian masker. Tujuannya, tidak tertular virus corona.

"Selama ini anak-anak kurang memperhatikan pakai maskernya. Kita semua harus memakai prokes terutama masker, jadi anak-anak kalau main harus pakei masker. Orang tua yang harus memberikan arahan bimbingan supaya tidak kena COVID-19," ujarnya

Baca Juga: COVID-19 Melonjak, Bagaimana PTM di Jatim?

Zain Arifin Photo Verified Writer Zain Arifin

Jombang, Nganjuk, Mojokerto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya