Comscore Tracker

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  

Cucu dari salah satu tokoh pendiri NU

Irsyad Yusuf memimpin Kabupaten Pasuruan hampir dua periode. Sebab, pada Pilkada 2018, Gus Irsyad sapaan akrabnya, kembali terpilih sebagai Bupati berpasangan dengan KH. Abdul Mujib Imron (Gus Mujib) sebagai wakilnya. Nah, sebenarnya siapa Irsyad Yusuf? Berikut ini profil singkatnya.

1. Lahir dari keturunan keluarga Ulama

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Instagram/@gus_irsyad

Gus Irsyad adalah putra ke empat dari pasangan H. A Yusuf Cholil dan Hj. Solihah. Orang tua beliau termasuk salah satu tokoh kharismatik dan panutan di wilayah Kecamatan Purwosari dan sekitarnya.

Ibu dari Gus Irsyad adalah cucu dari salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Bisri Syamsuri yang ditelusuri nasabnya ke atas sampai kepada Joko Tingkir.

Sedangkan, ayahnya memiliki garis keturunan Mbah Slagah atau sebutan dari Kyai Hasan Sanusi, tokoh sekaligus ulama besar yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Pasuruan.

Hari kelahiran Gus Irsyad bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 1970.

Baca Juga: Mengenal Wali Kota Pasuran, Saifullah Yusuf

2. Besar di lingkungan kaum santri

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  

Meski lahir di tengah lingkungan pesantren, Gus Irsyad juga menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme kebangsaan.

Sedari kecil, Gus Irsyad dikenal sebagai anak yang supel, mudah bergaul dengan siapa saja dan dari golongan mana saja sehingga ia cukup terkenal di lingkungannya. Gus Irsyad merupakan sosok yang humoris, peduli serta Idealis.

Gus Irsyad juga adik kandung dari Wali Kota Pasuruan saat ini yakni Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

3. Memiliki hobi menantang

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  

Gus Irsyad juga memiliki hobi fotografi, bermain keyboard, off road  serta menyanyikan lagu-lagu dangdut. Untuk hobi fotografinya ia memiliki koleksi kamera diantaranya Nikon D90, D100, D200 dan D7000 sementara untuk off road Mobil Jeep 4 D menjadi kesayangannya.

4. Riwayat Pendidikan

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf (tengah atas). Instagram/@gus_irsyad

Gus Irsyad menamatkan sekolah dasar di SD Negeri Purwosari (Lulus 1983), lalu berikutnya di SMP Negeri Purwosari (Lulus 1986), SMA Negeri 1 Pandaan (Lulus 1989), dan menyelesaikan sarjananya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), (Lulus 1996).

5. Karir Organisasi dan karir politik

Irsyad Yusuf Bupati Pasuruan, Kader NU yang Moncer  Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf. Instagram/@gus_irsyad

Mengawali karirnya sebagai kader muda Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan. Dia pernah menduduki jabatan Ketua PC IPNU Kab. Pasuruan (1999), Komandan Banser Kab. Pasuruan (2002), Wakil Ketua GP Ansor (2006–2010), dan Ketua Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Kabupaten Pasuruan

Gus Irsyad memulai kiprahnya dalam dunia politik berawal dari dirinya menjadi politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kemudian menjadi Anggota DPRD Kabuapten Pasuruan (2004–2009), Ketua DPRD Kab. Pasuruan (2010–2014), Bupati Kab. Pasuruan (2013–2018), dan kembali menjabat Bupati Kabupaten Pasuruan (2018 – sekarang).

Baca Juga: Profil Eri Cahyadi, Birokrat Muda Pemimpin Surabaya

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya