Hewan Ternak Mati Mendadak, Warga Temukan Benda Tak Lazim

Temukan benda tak lazim dalam lambung ternak mati

Tulungagung, IDN Times - Sebuah video pembedahan lambung hewan ternak di Tulungagung menjadi viral di dunia maya. Pasalnya dari lambung hewan tersebut ditemukan sejumlah benda yang mencurigakan dan menyerupai besi. Pembedahan lambung ini merupakan tindak lanjut dari banyaknya kasus kematian hewan ternak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pegerwojo, Kabupaten Tulungagung. Sebanyak 7 ekor sapi dan satu ekor kambing mati dalam waktu berdekatan.

Baca Juga: Dropping Air Optimal, 'Ternak Makan Ternak' di Gunungkidul Berkurang

1. Warga penasaran dengan penyebab kematian

Hewan Ternak Mati Mendadak, Warga Temukan Benda Tak LazimWarga Desa Sidomulyo bersama salah satu ternaknya. IDN Times/ istimewa

Kepala Desa Sidomulyo, Mulyono Susanto membenarkan adanya kasus kematian hewan ternak tersebut. Menurutnya kematian hewan ternak seperti ini pernah terjadi pada tahun 2015 dan 2019 lalu. Tahun ini jumlah hewan ternak yang mati mencapai sekitar 25 ekor. Beberapa diantaranya mengalami sakit terlebih dahulu sebelum mati. Video pembedahan hewan yang beredar ini merupakan bentuk penasaran warga karena terdapat 8 hewan ternak yang mati dalam waktu berdekatan.

"Jadi warga penasaran penyebab kematian hewan ternak ini, mereka kemudian membedah lambung dan menemukan benda benda tak lazim sperti batu dan menyerupai besi," ujarnya, Jumat (21/5/2021).

2. Beberapa dugaan penyebab kematian, salah satunya ilmu hitam

Hewan Ternak Mati Mendadak, Warga Temukan Benda Tak LazimWarga Desa Sidomulyo bersama salah satu ternaknya. IDN Times/ istimewa

Menurut Mulyono, terdapat beberapa dugaan yang mengemuka terkait kasus kematian ternak ini. Diantaranya karena penyakit dan keracunan makanan. Selain itu terdapat dugaan penggunaan ilmu hitam santet dalam kasus ini. Dugaan tersebut muncul karena mereka menemukan sejumlah benda tak lazim dalam perut ternak yang meninggal ini. "Bisa juga karena ulah orang iseng yang ingin memanfaatkan kasus ini," tuturnya.

3. Koordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui penyebab

Hewan Ternak Mati Mendadak, Warga Temukan Benda Tak LazimWarga Desa Sidomulyo bersama salah satu ternaknya. IDN Times/ istimewa

Mulyono sendiri berharap warga tetap tenang dan tidak terpancing dengan beragam isu yang beredar terkait kasus tersebut. Pihaknya belum berani menyimpulkan penyebab kematian sapi dan kambing warga. Mereka meminta masyarakat tidak berspekulasi sendiri. Namun mencari solusi dan jalan terbaik."Kita juga terus melakukan koordinasi dengan instansi terkait kasus ini," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Nusa Penida Resah, Ternak dan Hewan Peliharaan Hilang Beruntun

Bramanta Pamungkas Photo Verified Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya