Comscore Tracker

Bawa Uang Rp 2,1 Miliar, Dihentikan Polisi di Tol Ternyata...

Ketika keluar dari pintu tol Ngawi

Ngawi, IDN Times - Penyekatan di daerah perbatasan dan exit tol tidak hanya menghalau pemudik yang nekat pulang kampung menjelang Lebaran tahun ini. Potensi tindak kriminalitas juga diantisipasi di titik penyekatan.

Personel Polres Ngawi misalnya, sempat mengamankan satu unit mobil yang mengangkut uang baru sebanyak Rp 2,1 miliar di exit tol Ngawi, Jumat (30/4/2021). Duit sebanyak itu terdiri dari pecahan Rp 2 ribu, 5 ribu, 10 ribu, 59 ribu, dan 100 ribu milik warga pemilik usaha jasa penukaran uang.

"Ya, mereka warga Magetan dan Sidoarjo," kata Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya saat dihubungi IDN Times, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga: Jaga Stok Pangan, Jakarta Kerja Sama dengan Pemkab Ngawi 

1. Turun exit tol Ngawi untuk menuju ke Magetan

Bawa Uang Rp 2,1 Miliar, Dihentikan Polisi di Tol Ternyata...Gerbang Tol Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Menurut dia, kedua pengusaha itu baru saja menukarkan uang dari salah satu bank di Bandung. Seorang sopir dan seorang penumpang mobil Daihatsu Grandmax yang disewa dan dipercaya pemilik usaha jasa penukaran uang menempuh perjalanan melalui jalan tol.

Kendaraan yang mereka tumpangi keluar di pintu tol Ngawi untuk meneruskan perjalanan Magetan melalui jalur aeteri. Namun, petugas yang tengah bersiaga menghentikan laju mobilnya. Karena didapati beberapa gebokan uang baru, sopir dan seorang penumpang sempat diinterogasi.

2. Tanpa pengantar dari bank

Bawa Uang Rp 2,1 Miliar, Dihentikan Polisi di Tol Ternyata...Uang baru yang diangkut mobil yang diamankan polisi. Ist

Uang sebanyak Rp 2,1 miliar dicurigai sebagai hasil tindak kejahatan. Apalagi, tanpa disertai dengan surat pengantar dari pihak bank yang menyatakan tentang penukaran uang saat menjelang Lebaran. "Uang itu milik pribadi untuk melayani jasa penukaran uang," ujar Wayan.

Jasa penukaran uang memang banyak diburu warga. Ini untuk berbagi rezeki dengan keluarga, kerabat, maupun tetangga pada momentum Hari Raya Idul Fitri.

3. Perjalanan selanjutnya dikawal polisi

Bawa Uang Rp 2,1 Miliar, Dihentikan Polisi di Tol Ternyata...Mobil pembawa uang Rp 2,1 miliar diamankan polisi Ngawi. IDN Time/Istimewa.

Oleh karena itu orang berinisial JT dan JB memanfaatkan kesempatan itu untuk berbisnis penukaran uang baru. Masing - masing memiliki uang Rp 1,48 miliar dan Rp 620 juta. 

Untuk menjaga keselamatan pembawa uang, maka petugas melakukan pengawalan ke Magetan dan Sidoarjo. Ini setelah pihak bank mengirimkan dokumen penukaran uang secara daring.

Baca Juga: Truk Tabrak Tronton di Tol Ngawi, Bruk! Satu Tewas

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Nofika Dian Nugroho di IDN Times Community dengan judul Bawa Uang Rp 2,1 Miliar, Dihentikan Polisi di Tol Ternyata...

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya