Comscore Tracker

Minat Warga Pesisir Ujung Pulau Jawa Saksikan Super Blood Moon

Warga tidak ingin melewatkan momen gerhana bulan

Banyuwangi, IDN Times - Pelabuhan nelayan di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi yang berada di ujung Pulau Jawa ramai dikunjungi warga untuk menyaksikan momen gerhana bulan total atau super blood moon. Sejak pukul 18.00 WIB, saat posisi bulan mulai tertutup warga sudah memadati lokasi.

Baca Juga: Sore Ini Terjadi Super Blood Moon, Begini Dampaknya 

1. Terganggu awan

Minat Warga Pesisir Ujung Pulau Jawa Saksikan Super Blood MoonWarga ramai menyaksikan momen gerhana bulan di Pelabuhan Muncar. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Rudi Setiawan, salah seorang warga Muncar tampak menyaksikan momen gerhana bulan bersama keluarga, sambil merekam momen tersebut dengan gawai.

"Saya sengaja datang menyaksikan di pesisir pelabuhan, karena di sini minim cahaya lampu, sehingga lebih fokus menyaksikan momen gerhana bulan," ujar Rudi, Rabu (26/5/2021).

Rudi mendapat informasi terjadi puncak gerhana bulan total melalui media sosial. Menurutnya, saat momen gerhana bulan total terganggu dengan banyaknya gumpalan awan.

"Sayangnya pas banyak gumpalan awan, jadi sebentar terlihat, sebentar lagi tertutup, begitu terus. Momen gerhana bulannya berlangsung sekitar 10 menitan," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, Mohammad Nawawi, warga Muncar yang sengaja menyaksikan momen gerhana bulan sambil memancing di pelabuhan.

"Sayangnya banyak awan, jadi sering ketutup," ujarnya.

Menurut Nawawi, air pasang yang ditimbulkan masih tergolong normal. Sesuai hitungan penanggalan jawa, air pasang diperkirakan akan mengalami puncak pada pukul 23.00-00.00 WIB.

"Ini sudah mulai pasang, tapi nanti puncak pasang sekitar pukul 23.00 WIB," ujarnya.

Dari pantauan IDN Times, masyarakat tampak menikmati momen gerhana bulan di teras teras rumah, di kawasan jalanan persawahan yang cenderung gelap. Beberapa bahkan ada yang menggelar tikar di kawasan pelabuhan Muncar.

2. Sesuai prediksi BMKG

Minat Warga Pesisir Ujung Pulau Jawa Saksikan Super Blood MoonWarga ramai menyaksikan momen gerhana bulan di Pelabuhan Muncar. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sesuai prediksi BMKG, puncak gerhana bulan total atau super blood moon berlangsung hanya belasan menit mulai pukul 18.09 hingga pukul 18.21 WIB, pada 26 Mei 2021.

Momen tersebut bisa disaksikan dengan mata telanjang dan bisa menyaksikan langsung efek warna kemerahan.

"Efek warna kemerahan terjadi saat bulan mau tertutup penuh, tapi setelah kembali terbuka, sudah tidak lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Prakirawan Stasiun BMKG Kelas III Banyuwangi, Agung Dwi Nugroho mengatakan, gerhana bulan merah ini bakal berlangsung sekitar 15 menit, puncaknya akan berlangsung hingga pukul 18.21 WIB.

"Gerhana bulan merah akan terjadi pada 26 Mei, kira kira jam 18.09 WIB, itu mulainya, dan puncaknya akan terlihat sampai 18.21 WIB, Jadi sekitar 15 menitan," ujar Agung, Selasa (25/5/2021).

3. Jarak terdekat dengan bumi

Minat Warga Pesisir Ujung Pulau Jawa Saksikan Super Blood MoonWarga ramai menyaksikan momen gerhana bulan di Pelabuhan Muncar. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Agung menyebut, peristiwa gerhana bulan kali ini tampak memikat karena posisi bulan sedang berada di jarak terdekat dengan bumi, sehingga tampak lebih besar. Peristiwa ini juga menarik karena jarang terjadi.

"Gerhana bulan merah ini sama dengan gerhana bulan yang lainnya, karena ini jarak lebih dekat sehingga tampak lebih besar," katanya.

"Selalu terjadi, tapi tidak sering, dalam setahun juga jarang, kalau gerhana yang merah," tambahnya.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Mohamad Ulil Albab di IDN Times Community dengan judul Antusias Warga Pesisir Muncar Saksikan Gerhana Bulan

Baca Juga: Super Blood Moon, Banjir Rob di Belawan Diprediksi Lebih Besar

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya