Comscore Tracker

Warga Jombang Temukan Bangunan Sumur Kuno di Tengah Sawah

Diduga peninggalan Majapahit pada abad ke-14

Jombang, IDN Times - Bangunan purbakala kembali ditemukan di Kabupaten Jombang. Kali ini menyerupai sumur kuno yang ditemukan warga di sekitar area persawahan di Dusun Gondang, Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang.

Bangunan kuno itu kali pertama ditemukan oleh Mulyadi (50) saat sedang menggali kubangan untuk resapan air limbah cucian mobil di sawah milik Suhadi (38). Tepatnya di jalan penghubung desa Mojokrapak Kecamatan Tembelang dengan desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Jombang.

1. Bangunan sumur berbentuk melingkar tersusun dua lapis

Warga Jombang Temukan Bangunan Sumur Kuno di Tengah SawahTemuan bangunan sumur kuno dan sejumlah benda. IDN Times/zainul arifin

Pemilik sawah, Suhadi menuturkan, penemuan benda diduga merupakan sumur kuno itu setelah menggali tanah di sawahnya sedalam satu meter pada Rabu (25/3). Saat itu ditemukan sejumlah batu bata merah. Kemudian, batu bata itu dinaikkan ke atas permukaan hingga terlihat benda yang menyerupai sumur.

Pantauan di lokasi, bangunan itu berbentuk melingkar berukuran tebal sekitar 13 sentimeter yang disusun dua lapis. Diameter bata luar sekitar 110 sentimeter, sedangkan diameter sisi dalam sumur berukuran 50 sentimeter.

Bagian sumur tampak tersusun dua lapis bata merah besar. Setiap bata merah mempunyai dimensi 35 X 23 X 6 sentimeter. Seentara bagian tengah sumur masih tertutup tanah dan air. "Untuk kedalaman sumur, sementara ini sekitar 90 sentimeter," ujarnya, Jumat (27/3)

2. Di sekitar sumur ditemukan pecahan batu dan keramik

Warga Jombang Temukan Bangunan Sumur Kuno di Tengah SawahMenunjukkan temuan serpihan benda kuno. IDN Times/zainul arifin

Selain menemukan struktur berbentuk sumur, juga ditemukan beberapa benda lainnya. Di antaranya pecahan batu atau fragmen keramik dan tembikar di sekitar sumur tersebut.

“Kalau temuan lainnya, batu bata yang tebal-tebal itu, sama serpihan-serpihan kecil-kecil itu,” ujarnya.

Baca Juga: Arkeolog Angkat Fosil Pinggul Gajah Purba yang Lama Terkubur  

3. Dugaan sementara peninggalan kerajaan Majapahit pada abad ke-14

Warga Jombang Temukan Bangunan Sumur Kuno di Tengah SawahWarga menunjukkan temuan sumur kuno di sawah. IDN Times/istimewa

Sementara itu, Hadi Ali, Koordinator Juru Pelihara Situs di Jombang mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari warga tentang sumur tua dan telah mendatangi lokasi. Pihaknya juga telah mengamankan sejumlah benda penemuan.

Dari identifikasi awal, Hadi memperkirakan temuan itu diduga kuat peninggalan era kerajaan Majapahit di Abad ke 14 Masehi.

"Untuk sementara, dilihat dari pecahan keramik, diduga kuat berasal dari Dinasti Ming di Tiongkok yang berkuasa pada abad 14 sampai 17 Masehi. Sedangkan fragmen tembikar yang pembuatannya sudah halus, diyakini dari masa Majapahit," ujarnya.

Hadi mengatakan, pihaknya telah melaporkan seluruh temuan itu ke arkeolog BPCB Jatim. Selain itu, juga melapor ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat agar bisa dijaga sembari menunggu penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Arkeolog BPCB Sebut Situs Pendem Berkaitan dengan Prasasti Sangguran

Topic:

  • Zainul Arifin
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya