Tawarkan Harga Lebih Murah, Penipu Ini Ternyata Jual Kendaraan Kredit

Pembelinya tergiur, gak tahunya ditagih leasing

Jombang, IDN Times - Polisi menangkap Mutik (37), pelaku penipuan dan penggelapan kendaraan di Jombang. Mutik menipu korbannya dengan modus menawarkan kendaraan murah, namun yang didapatkan pembeli justru kendaraan kreditan. Perempuan berkacamata itu ditangkap setelah ada laporan dari seorang korban berinisial LM (34), warga Desa Jombatan, Kecamatan Kesamben, Jombang.

1. Korban beli mobil ke tersangka tapi malah ada pihak leasing yang menagih

Tawarkan Harga Lebih Murah, Penipu Ini Ternyata Jual Kendaraan KreditKapolres Jombang Menginterogasi Mutik. IDN Times/zainul arifin

Kapolres Jombang AKBP Boby Pa'ludin Tambunan menerangkan, modus tersangka menawarkan kendaraan mobil maupun motor dengan harga murah. Pembeli tak tahu bahwa yang dijual oleh tersangka ternyata kendaraan over kredit. Kendaraan datang, tapi BPKB tak ada.

"Pada praktiknya, kendaraan sudah ada yang datang, juga ada yang belum. Ada juga beberapa korban itu dapat unit, namun ditagih oleh leasing  karena ternyata tersangka membelinya secara kredit. Padahal ketika diawal tersangka ini menawarkan pembelian secara cash dan korban menyerahkan uangnya secara cash," terangnya, Jumat (28/2).

2. Harga lebih murah

Tawarkan Harga Lebih Murah, Penipu Ini Ternyata Jual Kendaraan KreditKendaraan motor diamankan polisi. IDN Times/zainul arifin

Boby menambahkan, korban tergiur karena harga yang ditawarkan ibu rumah tangga tersebut lebih murah. Boby mencontohkan, harga mobil baru Rp 150 juta, oleh tersangka dijual dengan harga Rp 125 juta.

"Korban tertarik karena harga yang ditawarkan ini lebih rendah atau lebih murah daripada harga yang ditawarkan di showroom," tambahnya.

Baca Juga: Selama Februari, Polres Jombang Ringkus 43 Pelaku Narkoba

3. Polisi mengamankan 18 kendaraan

Tawarkan Harga Lebih Murah, Penipu Ini Ternyata Jual Kendaraan KreditMobil dan motor diamankan di Mapolres Jombang. IDN Times/zainul arifin

Dari pengungkapan kasus tersebut, total barang bukti yang diamankan Satreskrim Polres Jombang sebanyak 18 kendaraan. Baik sepeda motor maupun mobil.

"Korbannya sementara yang lapor ini masih satu orang. Namun, dari pemeriksaan kami akhirnya berkembang banyak sekali. Saat ini yang kami amankan ada sembilan kendaraan mobil dan sembilan unit motor," ujar mantan Kapolres Bangkalan tersebut.

4. Tersangka sudah menjalankan bisnis selama dua tahun

Tawarkan Harga Lebih Murah, Penipu Ini Ternyata Jual Kendaraan KreditTersangka Tipu Gelap Kendaraan, Mutik. IDN Times/zainul arifin

Aksi penipuan yang dilakukan Mutik sudah berjalan kurang lebih dua tahun. Keuntungan uang yang didapat dari tersangka ratusan juta rupiah. Pengakuannya, uang itu ia pergunakan untuk kebutuhan sehari- hari.

"Beroperasi hampir 2 tahun, (hasilnya) untuk kebutuhan sehari-hari. Tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP tentang penipuan penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara," pungkas alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1999 itu.

Baca Juga: Sindikat Penggelapan Mobil Ditangkap, Pinjam Tetangga Malah Digadaikan

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya